Mar 232017
 

Japanese Self Defence force US-2 Flying boat Hansin Base. (Japan)


Jepang dilaporkan sedang berada pada tahap diskusi lanjutan dengan Indonesia untuk mempromosikan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Berbicara dengan Jane di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) pada tanggal 21 Maret 2017, wakil direktur Japan’s Acquisition, Technology & Logistics Agency (ATLA), Hideharu Yoshio, menyarankan bahwa diskusi sedang dijalankan dengan Indonesia untuk memperluas cakupan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

“Salah satu misi ATLA adalah untuk memperkuat alutsista dan teknologi kerja sama dengan negara-negara lain, mengingat Tiga Prinsip yang menginformasikan transfer teknologi dari Jepang.”

“Kami sedang melakukan negosiasi mengenai transfer teknologi pertahanan dan peralatan dengan lima negara di kawasan. Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.”

Sumber: janes.com

  44 Responses to “Jepang Berusaha Perluas Kerja Sama Pertahanan dengan Indonesia”

  1. Gak yakin Jepang mau kasih TOT.

    • kenapa bung? bukankah jepang punya kepentingan juga support negara yg berselisih dengan cino?

      • Gak kenapa kenapa kok Bung YSTF,gua cuma gak yakin aja Jepang mau kasih TOT peralatan militer.

        • mending minta ToT yang statusnya itu SEPANYOL alias SEPAruh NYOLong seperti dari China, mereka gak bakal sayang karena dapetnya gak susah-susah amat 😆 hahaha

        • Pengalaman 40 tahun perusahaan jepang di Indonesia lama bener dikasi ijin untuk ekspor mobil ke negara lain, itupun cuma sekelas timur tengah sama afrika.

          Palagi teknologi mesin sampe sekarang pun masih dicengkeram kenceng2..

          • Gw kerja di perusahaan jepang bidang Otomotif, Mesin2 otomotif jepang itu tertinggal secara teknologi dibanding Perusahaan Otomotif Eropa, Amerika Bahkan Korea, mesin2 dan desain Jepang itu jadul2 dan lambat mengikuti perubahan. Contoh paling nyata, Teknologi mesin diesel untuk mobil jepang masih aja berisik, beda ama buatan eropa atau korea udah pinter bikin yg silent.
            Contoh Kongkrit nih, maaf yang punya Pajero Sport Diesel, kalo lewat dekat kita tanpa kita liat wujudnya, saya kira sama ama suara Truk Diesel lainnya. Hehehehe…

          • O gitu, tapi truk Isuzu Giga mantap juga bung.

      • tot kendaraan bermotor jutaan aja kita ga dapet blueprint mesin. wekekeke

        • Kalo TOT pembuatan mesin mobil sdh lama diberikan ke Indonesia. Yg gak akan pernah diberikan adalah teknik metalurginya. Soalnya kalo itu diberikan, matilah industri otomotif jepang bahkan eropa jg, spt yg terjadi di korea selatan.

          • Bet bet bet tul tul tul betul
            Sejarah sejak jaman kuno membuktikan bahwa bangsa yang menguasai metalurgi memiliki peradaban yang lebih maju dari bangsa lain.

      • Jepang sprtinya bkn suport, tapi gakmau berselisih face to face sm china,
        Makanya ngerangkul asean biar bisa jd bahan simpati internasional

    • Rusia juga sama

    • jepang eeg, cuma monopoli pasar aja..saya yakin kalo terlalu berkerja sama dengan jepang bisa matiin PINDAD krn ini perusahaan plat merah bergerak di bidang alutsista ber-roda. jangan sampai panji pertahanan ini di pegang astra (ujung ujungnya cuma jd pabrik perakitan)

  2. Wowww…cari peluang pasar alutsista made in japan nih mulai dari asteng dulu.

  3. smoga dpt tot kapal induk helikopter ?

  4. Beli pesawat silumannya jepang bonus miyabi

  5. Jepang lagi nyari temen untuk menghadapi Pasukan Mbah Bowo…

  6. Kalah start dr China untuk jualan alutsista, pengaruh dan investasi. Baru sadar dia klu selama ini hanya memanfaatkan pasar tanpa alih teknologi seperti industri automotivenya dsn!

  7. kalau mau ya kapal selam jepang yg baru sama pesawat silumannya yg lagi pengembangan,tp gw gak yakin jepang sama pelitnya dengan china,wkwkwk klo bolehin beli kapal selam soryu sama ATDX nya,wkwkwkwk selama ini yg bae sama kita cuma korea selatan ngasih ilmu apa2,jepang dr jaman monopoli orde baru udah ada ngak ngasih apa2 dibanding korea selatan yg baru era 2000 an masuk,wkwkwk

    apa sy salah bilang jepang itu pelit ?

  8. awas jebakan betmen. ingat mereka di sini hanya jualan gak mau tot. contohnya mobil / motor pabrikan jepang.

    • Karena kita ga tahu cara lobi/nego yg bener. Taunya cuma anti ini anti itu.

      tapi knp ya malaysia bisa bikin proton yg teknologinya dari mitsubishi?

      • Proton tidak dari Mitsubishi saja bung..ada yang dari Lotus juga…sama seperti mobil Timor diawal, hanya proton mampu buat body sedang mesin dan elektrik nya comot sana sini. nasibnya proton juga ngga tentu sekarang .. dari Proton..lalu Lotus-Proton..dan sekarang lagi ditawar sama Geely China..

      • Yg bilang malaysia bisa siapa bung.?
        Protol itu sama aja nasibnya dng Toyota Kijang di Indonesia. Hanya saja Toyota Kijang bernasib lebih baik dr Protol nya jiran. Di Indonesia masih sangat kuat peminat Mobil Kijang yg memang cocok utk pasar SUV di Indonesia.
        Sementara sang Protol kebanyakan bersaing di pasar mobil sedan yg kebanyakan sdh dikuasai jepang dan eropa dng teknologi yg lbh bagus.
        Itu sebabnya pasar mobil SUV di Indonesia bs booming yg mana sebagian sdh dkuasai Kijang Inova, Avansa, Xenia, Terios dan Rush yg pembuatan block mesinnya sdh dibuat di Indonesia. (Yg disetujui cuma buat block mesin saja…xixixi)

        • menurut saya cuma bikin piston dan tutup block mesin atas, saja yg disini.

          thailand bisa lebih maju ototmotifnya dan trendseter motor asia. kita yg konsumennya besar cuma jd pengekor dan produksi…miris!

  9. Agak sukar kerana polisi politik japang gak bagi jual senjata luar negara kerana indonesia bukan sebahagian nato dan isreal . Japang hanya jual spare part senjata sama nato dan isreal untuk lindungi ancam nya. Kerana berfikir kenapa kapal selam japang gak pilihan oleh Australia, sejak zaman berzaman japan hanya jual spare park pada amerika dan isreal

    • sudah berubah oleh shinzo abe 2 tahun lalu
      bisa ekspor alutsista sekarang namun untuk transfer teknologi masih nihil kalau alutsistanya terlalu strategis

      • yg otomotif komersil aja mereka pelit.

        masi inget gak ada motor bebek dari PT.Federal motor made in Indonesia sempet heboh dan suharto mendukung tp entah mengapa abis itu ilang dari pemberitaan. dan perusahan tersebut berubah nama menjadi A….. mantan para pelopor motor nasional yg dari federal motor ini akhirnya mendirikan pabrik sendiri, dan menghasilkan produk motor bebek pertama dengan nama Taurus ultima. ya tapi di tahun 2008 ditelan bumi karena cengkraman monopoli doraemon dan nobita

  10. pepet terus pak

    lagi jadi cewek matre
    ayo minta ini itu

  11. Apa kata sewa aja om japang.

  12. Saya hanya melirik teknologi Jepang di PD 2.

    ada kapal selam yg bisa meluncurkan 3 pesawat tempur propeler dengan cepat.

    Namanya saya lupa, saya hanya lihat di saluran Discovery Chanel hari Senin kemarin.

  13. Tes

  14. jepang mau jual mesin mitsubishi untuk ifx indonesia

 Leave a Reply