Jun 052016
 

Sejumlah pejabat Jepang dan Korea Selatan (Korsel) akhirnya meminta bantuan kepada China untuk membantu mereka menghentikan program nuklir Korea Utara (Korut). Permintaan kepada Negeri Tirai Bambu itu karena sanksi PBB selama ini dianggap tidak berguna serta tidak mampu menghentikan program nuklir Korut.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Jepang, Shinsuke Sugiyama dan direktur jenderal Departemen Pertahanan Korsel, Yoon Soon-ju saat menghadiri forum keamanan ASIA (Shangri-La Dialogue) di Singapura.

Menurut Shinsuke, dunia internasional tidak boleh membiarkan begitu saja pergerakan berbahaya Korut. Sebuah kebijakan harus segera diambil untuk mencegah Pyongyang mengembangkan program nuklirnya lebih lanjut. Karena itu, Jepang sangat berharap China dapat berperan lebih jauh. Terlebih lagi, China adalah partner utama perdagangan Korut.

Sementara itu, China yang selalu bersikap pasif sebenarnya dapat memberikan ide dan peran yang lebih konstruktif untuk menyelesaikan program nuklir Korut.

Karena itu, menurut Yoon, Negeri Tirai Bambu itu perlu secepatnya mengambil sikap terkait program nuklir Korut. Ini disebabkan sanksi yang diberikan oleh PBB tidak mempan untuk menekan arogansi Korut.

“Sanksi Dewan Keamanan (DK) PBB tidak berguna karena tidak memiliki dampak signifikan terhadap Korut. Sanksi PBB itu hanya sebuah gertakan saja dan tidak dapat membuat Korut gentar,”

Di samping itu, direktur jenderal pertahanan Korsel juga menegaskan bahwa dunia internasional harus sepakat menjatuhkan hukuman kepada Korut. Ini disebabkan tindakan dan kebijakan negara pimpinan Kim Jong-un itu dianggap dapat menimbulkan bahaya bagi negara lainnya.

  16 Responses to “Jepang dan Korsel meminta Bantuan China Hentikan Proyek Nuklir Korut”

  1. Lho…. ????

  2. Tes

  3. Bentar lagi ada yg komen KORUT STRONG

  4. AYO NDANG PERANG…

  5. Tuh kan hehe..

  6. Ap berlaku untuk smw negara d dunia jg ??? Dlm hal nuklir ini ???

    Bgmn dng negara2 lain yg sdh punya nuklir ???…

    Beranikah melcutinya ???

  7. yg boleh punya nuklir hnya asu dan sekutunya kali ya’ 😀

  8. Cina makin merasa diatas angin klo’ kya’ gini..
    Makin Nyepor hidungnya..

  9. korsel sedang mempertimbangkan jika terjadi perang sungguhan dg korut, beberpa hari mungkin korut akan meladeni korsel dg senjata knvensional tapi begitu dia kalah (krna dia yakin dg snjata knvnsional kalah dg korsel) nuklir pasti akan bertindak.
    Jika amerika maju dg babak nuklirnyj melawan korut maka dia sendiri yang akan terancam karena membela korsel. mau ? pasti tidak, karena jika sekali saja kena pukul makam rusia dan cina akan jadi pemukul telak diakhr episode dan amerika pasti KO dironde ke 5.
    Untuk itu korsel ,jepang memilih jalur diplomasi, memohon kepada temanya musuh sekaligus musuh dia. Cina yg untung berkait dg sengketa pulau dg jepang. Lalu . . .
    amerika akan mulai tergusur, ilmuwan2 penting mulai akan dicaplok cina yg kaya itu, lama kelamaan nato akan bubar jika ini terjadi. Anggotanya sdh tdk percaya lg dg kemampuan induk semangnya.
    Kita tnggu sj episod berikutnya, mungkin yg trjadi ras sipit vs sipit, bule vs bule melanjutkan islam vs islam di timteng

  10. indonesia yg punya nuklir…anteng2 wae.kok

  11. Mbahe mbahmu a cok ??

  12. mbahmu fir’aun

    gak trimo ta cok raimu?

  13. Indonesia memang punya nuklir, pembangkit listrik tenaga nuklir mini yang ada di serpong.

  14. invansi donk minta bantuan amekrika
    dulu sekutu lo si amekrika nyebar isu nuklir di irak
    langsung d obok” ampe jeroannye tow negara
    nape si amekrika ma korut gk berani yg hampir jls lg ngembangin teknologi nuklir buat senjata
    takut kah ?

 Leave a Reply