Jepang Deteksi Kapal Selam Diduga Milik China

Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan telah mendeteksi sebuah kapal selam asing yang beroperasi di zona di dekat Pulau Amami Oshima, di Prefektur Kagoshima, pada Kamis sore, lansir Japan Times.

Kapal Destroyer Jepang dan pesawat patroli maritim terus memantau pergerakan kapal selam, yang melakukan perjalanan ke barat di luar zona yang berdekatan di sebelah barat Pulau Yokoate di provinsi itu pada Sabtu pagi, kata Kementerian Pertahanan Jepang.

Kapal melewati jalur sempit perairan di jajaran pulau Tokara di prefektur dan Amami Oshima tanpa muncul ke permukaan.

Zona yang berdekatan adalah pita air di luar perairan teritorial 12 mil laut yang mengelilingi setiap wilayah Jepang dan meluas hingga 24 mil laut.

Kapal selam itu diyakini sebagai kapal selam Angkatan Laut China, kata sumber-sumber kementerian, dan menambahkan bahwa pergerakan kapal selam itu tidak biasa.

Di bawah hukum internasional, kapal selam harus muncul ke permukaan dan mengibarkan bendera nasionalnya saat berlayar di perairan teritorial asing. Tetapi kapal selam yang terendam di bawah laut tidak dilarang di zona yang berdekatan, yang mengelilingi perairan teritorial negara lain.

Kementerian menolak untuk mengungkapkan kapal selam negara mana serta tipe kapal selam, karena pengungkapan tersebut dapat memberikan petunjuk tentang kemampuan deteksi Angkatan Laut Bela Diri Jepang.

Menteri Pertahanan Taro Kono mengeluarkan instruksi untuk melakukan segala upaya yang mungkin untuk mengumpulkan informasi dan meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan.

Kegiatan pendeteksian kapal selam asing itu melibatkan pesawat patroli maritim Jepang dari pangkalan Kanoya di Kagoshima dan pangkalan Naha di Okinawa, serta kapal perang Ashigara Aegis class dari pangkalan Sasebo di Nagasaki dan kapal induk helikopter Kaga dari pangkalan Kure di Hiroshima.

Kapal selam itu mungkin telah menguji kemampuan perang anti-kapal selam Jepang dan AS, kata sumber di Angkatan Laut Jepang.

Pada Januari 2018, Tokyo mengumumkan telah mendeteksi kapal selam bertenaga nuklir China di dekat Kepulauan Senkaku yang dikelola Jepang. Pulau-pulau tak berpenghuni di Laut Cina Timur juga diklaim oleh Beijing, yang menyebutnya sebagai Diaoyu, dan Taiwan yang menyebutnya Tiaoyutai.

Peristiwa itu merupakan untuk pertama kali kapal selam Cina terdeteksi berada di zona dekat kepulauan Senkaku – memicu alarm di Tokyo, yang kemudian melakukan protes ke Beijing.

TERPOPULER

6 pemikiran pada “Jepang Deteksi Kapal Selam Diduga Milik China”

  1. biar kecil negara jepang tapi yahut punya,bermental kan samurai,berharga diri dan rasa malu tinggi. menjadikan jepang negara kelas atas dunia.
    gagal dalam mengemban tugas hanya dapat ditebus dengan nyawa.
    seperti suhu agato yang siap bunuh diri bila barang daganganya tak laku.

  2. “Kementerian menolak untuk mengungkapkan kapal selam negara mana serta tipe kapal selam, karena pengungkapan tersebut dapat memberikan petunjuk tentang kemampuan deteksi Angkatan Laut Bela Diri Jepang”. Agak binung dg kalimat ini, disatu sisi menolak mengungkap jati diri kapal selam, namun disisi lain kementrian pertahanan pula yg mengumumkan pendeteksian adanya kapal selam asing diperairan Jepang. Kepriben jajal?

  3. gini dek kuncung.
    setelah saya menanyakan pada rekanan sejawat suhu saya(agato sugimura)baik yang ada dijepang maupun amerika baru mengetahui kebingungan yang adek dan teman yang lain bingungkan.
    jadi menurut konfirmasi dari rekanan saya tersebut,pihak berwenang jepang hanya mengungkap kan kulit luar tanpa isi nya dalam artian bisa mendeteksi kapal selam tapi tidak sampai mendeteksi lebih detil seperti jenis kapal dan berasal dari negara mana kapal selam tersebut.
    karna tehnologi militer jepang pada saat ini mulai mengalami kemajuan pesat setelah sebagian larangan dicabut usa.
    jadi pendeteksian biasa yang diungkap jepang,tapi tidak tehnologi yang lebih maju.
    kebetulan jepang mengetahui kapal selam tersebut secara detil karna sedang terapung dengan awak bermuka sedih nan lucu,mirip kapal selam tetangga lah gitu.
    jadi ketauan jelas kapal tersebut berjenis scorpen dengan lambaian bendera mirip usa,dan muka awak kapal selam tersebut yang lucu lucu,jadi bisa ditebakan?.

Tinggalkan komentar