Feb 222018
 

Jet tempur generasi kelima, F-35 Lightning II. © skeeze via pixabay.com CC0

JakartaGreater.com – Jepang berencana untuk membeli setidaknya 25 unit jet tempur siluman F-35A tambahan dalam enam tahun ke depan, sebagian atau seluruhnya bisa dibeli langsung dari Lockheed Martin dan bukan dirakit secara lokal, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

“Secara anggaran dan jadwal produksi, akuisisi baru sekitar 25 pesawat sudah sesuai”, kata sumber yang mengetahui rencana tersebut, yang meminta tak disebutkan namanya.

Sumber tersebut menambahkan bahwa membeli pesawat lengkap dari Amerika Serikat, seharga $ 100 juta per unit, akan bisa menghemat sekitar $ 30 juta per pesawat untuk Jepang.

Pembelian tersebut sebagai tambahan, karena sebelumnya Jepang telah memesan 42 unit, yang sebagian besar dibangun di Jepang oleh Mitsubishi Heavy Industries (MHI), kontraktor pertahanan terkemuka di negara tersebut.

Pabrik MHI tersebut adalah satu dari dua pabrik di luar Amerika Serikat. Yang lainnya, berada di Italia yang dioperasikan oleh Leonardo Spa.

Setelah China menyebar pesawat tempur yang lebih maju, termasuk pesawat siluman, dan saat Korea Utara mendorong maju senjata nuklir serta program rudal balistiknya, menambah F-35 akan semakin meningkatkan ketergantungan Jepang pada teknologi militer AS untuk memberikan keunggulan atas musuh potensial di Asia Timur.

Militer Jepang juga sedang mempertimbangkan untuk membeli jet tempur F-35B, versi pesawat degan lepas landas dan landing vertikal (VTOL). Model ini bisa beroperasi dari pulau-pulau kecil di Laut China Timur atau pun dari kapal perang seperti kapal induk helikopter kelas Izumo.

Jepang juga bermaksud untuk membangun pesawat tempur silumannya sendiri, yang dijuluki sebagai F-3, walaupun tingginya biaya pengembangan pesawat militer berarti Jepang mungkin perlu untuk mencari mitra asing guna berbagi biaya tersebut.

Berbagi

  28 Responses to “Jepang Ingin Beli 25 Unit F-35A Tambahan”

  1.  

    Jepun jadi juga beli F35A rupanya…..gerah juga lihat China punya SU35 sliweran

  2.  

    Test pengen liat j 20 vs f 35

  3.  

    F 35 Vertical Take Off Vertical Landing and Short Take Off Vertical Landing Test

    https://www.youtube.com/watch?v=s9WoM_uJ2nw&t=184s

  4.  

    buat sales LM …
    sy mau beli 16 unit F35B cash hrg miring + minta bonus gratis 1 unit Tarawa class second jg boleh …

  5.  

    saya ingin beli hp Siome redme5A harga 999 ribu tpi ngga dapet2

  6.  

    Berita terbaru.. 2 pesawat siluman Rusia SU-57 mendarat di Suriah. buat nantangin Si raptor dan kalkun nih kayaknya..?? hhhha..

  7.  

    Hebat Italia, panti pijat (leonardo spa) bisa beking pesawat jo?

  8.  

    Su-57 coming to Syrian 😀

  9.  

    inventory baru Jepang (JASDF)
    42 unit F35A = 4 unit buatan LM, 38 unit rakitan Mitsubishi
    20 unit F35A = cash, rakitan LM
    F35B = masih nego
    EA-18G = Growler masih dikaji
    ATDX F-3 Shinshin = kerjasama dengan mitra Eropa (paling lambat pro mass 2027)

  10.  

    wah jadi nih bung agato traktir baso …xixi
    yang laku sebelas ekor sales nya kemana yak..?

 Leave a Reply