Dec 292018
 

Jet tempur F-15. (pixabay.com)

Tokyo – Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk menjual beberapa jet F-15 ke AS untuk mengumpulkan dana untuk pembelian pesawat tempur siluman F-35 mutakhir, Nikkei telah mempelajari, bahwa Washington pada gilirannya menimbang penjualan pesawat-pesawat usang ke negara Asia Tenggara.

Beberapa pejabat Jepang telah mengungkapkan bahwa diskusi sedang berlangsung untuk apa yang akan menjadi penjualan pertama peralatan pertahanan bekas negara itu ke AS. Tokyo mengatakan ke Washington mengenai kemungkinan penjualan semacam itu sebagai bagian dari negosiasi untuk membeli 105 jet F-35 dari AS. kedua pihak mencoba menyelesaikan rincian seperti jumlah F-15 yang akan dijual dan harganya, dirilis Asia.Nikkei.com, 24/12/2018.

Dengan mengatur penjualan seperti itu dengan Washington, Tokyo berharap dapat memadamkan kritik publik tentang perluasan pengeluaran pertahanan di tengah upaya konsolidasi fiskal. Beralih ke Washington juga akan membantu Jepang, karena tidak memiliki pengalaman dalam menjual peralatan pertahanan ke negara ketiga.

Sekitar 200 F-15 Jepang membentuk inti dari kemampuan pertahanan udara Angkatan Udara Bela Diri. Sekitar setengah dari armada telah mengalami modernisasi perbaikan, termasuk pembaruan untuk peralatan elektronik, tetapi 100 atau lebih jet tempur yang diincar untuk penjualan adalah desain yang lebih tua yang tidak dapat menerima upgrade elektronik. Pemerintah memutuskan pada rapat kabinet Selasa lalu untuk secara bertahap menukar ini dengan F-35 yang lebih mampu.

Yang tertua dari F-15 pertama kali digunakan pada awal 1980-an. Tetapi bahkan mereka dapat disimpan dalam kondisi siap beroperasi jika suku cadang diganti sesuai kebutuhan.

Washington telah mengatakan kepada pihak Jepang bahwa mereka akan mempertimbangkan menjual pesawat ke negara-negara dengan kekuatan udara yang lemah. Pengaturan itu akan memungkinkan AS untuk menyediakan jet tempur ke negara-negara Asia Tenggara dengan harga murah karena Cina memperluas kehadiran militernya di Laut Cina Selatan.

Pembelian F-35 yang direncanakan Jepang sebagian karena tekanan berat dari Presiden AS Donald Trump untuk mempersempit ketidakseimbangan perdagangan bilateral yang luas dengan membeli lebih banyak perangkat keras pertahanan Amerika. Tokyo berharap untuk menenangkan Trump saat menggunakan penjualan F-15 untuk menurunkan biaya.

Pemerintah Jepang juga menilai bahwa mengingat kurangnya pengalaman dalam mengekspor peralatan pertahanan, akan lebih bijaksana untuk bekerja secara tidak langsung melalui A.S., yang telah berhasil menjual senjata di seluruh dunia, daripada mencoba menjual pejuang secara langsung ke negara ketiga.

Jepang melarang ekspor peralatan pertahanan selama beberapa dekade hingga 2014, ketika kabinet menetapkan prinsip-prinsip yang memungkinkan mereka dalam kondisi tertentu. Ia mempertahankan larangan ekspor ke negara-negara yang terlibat dalam konflik bersenjata tetapi mengizinkan mereka ketika melakukan hal itu berkontribusi pada keamanan Jepang, misalnya.

 Posted by on December 29, 2018

  23 Responses to “Jepang Ingin Jual F-15 ke AS, Washington Ingin Jual ke Asia Tenggara”

  1.  

    Berapapun Harganya …. BELI….

  2.  

    nah lo…

    tetapi 100 atau lebih jet tempur yang diincar untuk penjualan adalah desain yang lebih tua yang tidak dapat menerima upgrade elektronik

    •  

      bo’ong itu, lha dari tahun 1982 aja udah diapgrat ke versi radar terbaru, pake program msip ……
      bahkan yg paling lawas udah pake radar apg yg terbaru 🙄

      mungkin si jepang ngidam ccip yg dipake au amrik 🙄

      •  

        Iwan And Root Beer bo’ong itu, lha dari tahun 1982 aja udah diapgrat ke versi radar terbaru, pake program msip ……
        bahkan yg paling lawas udah pake radar apg yg terbaru ?

        mungkin si Iwan And Root Beer serta si jepang ngidam ccip yg dipake au amrik ?

  3.  

    INDONESIA YG DITAWARI … wakakakak , beli 11 SU35 Dipersulit .. kalo pesawat usang di bebaskan beli .. . amerika memang kampret

    •  

      lha memang ada fakta nya klo dihalang2i sama amrik ?
      bukannya senat amrik dah menyetujui sudah memperboleh kan membeli sukro ?
      dan bukannya akuisisi sukro terhalang uu tot ??

    •  

      lha memang ada fakta nya klo wan And Root Beer dihalang2i sama amrik ?
      bukannya senat amrik dah menyetujui sudah memperboleh kan membeli sukro ?
      dan bukannya akuisisi sukro tdk terhalang uu tot ?? dasar kampret Iwan And Root Beer

      •  

        Kalo presiden Filipina masih Agato Sugimura binti Aquiano mungkin F-15 bekas Jepang bakal dijual ke Filipina. Kalo masih Iwan And Root Beer binti Duterte ya kemungkinan besar akan dijual ke Singapura, Malaysia atau Thailand.

        Tapi akan sangat menarik kalo dijual ke Indonesia. Dengan kemungkinan diupgrade ke varian F-15E, Indonesia bisa memiliki Heavy Fighter yg sebanding dg Su-35. Apalagi penjualan Su-35 ke Indonesia tanpa masalah. Indonesia bisa mengambil kesempatan itu sekaligus memenuhi MEF 3. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

  4.  

    Kalo presiden Filipina masih Aquiano mungkin F-15 bekas Jepang bakal dijual ke Filipina. Kalo masih Duterte ya kemungkinan besar akan dijual ke Singapura, Malaysia atau Thailand.

    Tapi akan sangat menarik kalo dijual ke Indonesia. Dengan kemungkinan diupgrade ke varian F-15E, Indonesia bisa memiliki Heavy Fighter yg sebanding dg Su-35. Apalagi penjualan Su-35 ke Indonesia lagi ada masalah. Indonesia bisa mengambil kesempatan itu sekaligus memenuhi MEF 3. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

  5.  

    “Pembelian F-35 yang direncanakan Jepang sebagian karena tekanan berat dari Presiden AS Donald Trump untuk mempersempit ketidakseimbangan perdagangan bilateral yang luas dengan membeli lebih banyak perangkat keras pertahanan Amerika. Tokyo berharap untuk menenangkan Trump saat menggunakan penjualan F-15 untuk menurunkan biaya.”

    Penjualan f35 pakai cara marketing dgn tekanan berat pada pembeli … heeem

  6.  

    andai ditawarkan ke Indonesia,apakah mau beli ya,jujur saja negeri ini biasanya mau barang “second/upgrade”pakai bahasa yg keren dikit walau artinya ya…pada tau lah.

  7.  

    Barang bekas, lempar sana lempar sini, coba tawarkan ke Zimbabwe.

  8.  

    Barang rongsok,gak bisa di up grade,usia dah bulukan, pantasnya ya untuk Timor Leste..???

  9.  

    Kata Amer, f15 bertemu f22 ibarat menepuk nyamuk, nah kalau begitu jangan sekali-kali Indonesia melirik bahkan beli ini, belilah pesawat yg bisa fight dgn f22 baru aku setuju

    😎

  10.  

    Yang saya bingung jepang memiliki banyak basis bisnis di negara asia tenggara terutama di indonesia. Tapi kenapa jepang saya gak pernah dengar mau berbagi teknologi pertahanan ke indonesia, bukannya jika pertahanan indonesia baik maka aset aset mereka akan menjadi lebih aman. Kenapa mereka gak melakukan hal itu?