Jepang Kembangkan Pesawat Tempur Tanpa Awak

Jepang bersiap mengembangkan prototipe jet tempur tanpa awak dalam dua dekade, dengan bantuan sektor swasta di bidang teknologi komunikasi dan laser.

Kantor berita Reuters mengungkapkan, rencana ini akan diumumkan bulan Agustus sewaktu Kementerian Pertahanan Jepang mengungkapkan permohonan anggaran yang mencapai 51 miliar dolar untuk tahun 2017.

Sejumlah pejabat pemerintah Jepang mengatakan, permohonan anggaran itu merupakan yang terbesar yang pernah diajukan Kementerian Pertahanan guna mengantisipasi ketegangan yang meningkat di Laut Cina Timur dan ancaman misil Korea Utara.

UAV Jepang di Pesawat F-15

Jepang Kembangkan Pesawat Tempur Tanpa Awak 1

Menurut dokumen yang diperoleh Reuters, 10 tahun mendatang, Jepang akan mengembangkan pesawat pemantau nirawak, sementara pada 10 tahun berikutnya akan membuat jet tempur nirawak.

Peningkatan anggaran militer sebesar 2,3 persen untuk tahun 2017, merupakan peningkatan tahunan kelima berturutan yang diajukan kementerian Pertahanan Jepang. Jika disetujui, usaha ini akan memperkokoh pertahanan Jepang dalam mengimbangi kemajuan teknologi misil balistik Korea Utara.

Namun sejumlah analis menilai, peningkatan anggaran itu tidak memadai. Takashi Kawakami, pakar masalah keamanan dari Universitas Takushoku, Jepang, mengatakan, situasi keamanan yang dihadapi Jepang sangat buruk, khususnya karena adanya ancaman dari China dan Korea Utara.

Voaindonesia.com

Leave a Reply