Jepang Kirim 2 Pesawat Patroli ke Timur Tengah

Tokyo, Jakartagreater.com – Menurut penyiar NHK, pesawat akan mengumpulkan dan melaporkan intelijen yang akan membantu memastikan perjalanan maritim yang aman bagi kapal komersial yang memiliki hubungan ke Jepang. .

Dua pesawat pengintai Orion Lockheed P-3 dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang telah menuju ke Timur Tengah untuk misi pengumpulan-informasi yang berkepanjangan tentang jalur maritim komersial yang aman, ujar media Jepang, Sabtu, 11 Januari 2020, dirilis Sputniknews.com pada Sabtu 11-1-2020.

Area patroli akan mencakup Teluk Oman, bagian utara Laut Arab, dan Teluk Aden, sementara menghindari Teluk Persia dan Selat Hormuz – menurut penyiar, agar tidak merusak hubungan Jepang yang secara historis baik dengan Iran. Misi tersebut dilaporkan akan berbasis di negara Afrika Djibouti dan juga mencakup patroli anti-pembajakan di dekat Somalia.

Pesawat P-3C berangkat dari Pangkalan Udara Naha di Prefektur Okinawa paling Selatan Jepang dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Taro Kono.

Misi ini diperkirakan akan berlangsung selama kurang lebih satu tahun dan dialokasikan 4,7 miliar yen (sekitar $ 43 juta) dalam anggaran Jepang 2020. Sebuah kapal perusak akan bergabung dengan pesawat nanti pada bulan Februari, sesuai pesanan Kono pada hari Jumat.

Tinggalkan komentar