Jepang Kirim Izumo ke Laut China Selatan dan Indonesia

25
18
Destroyer / Kapal Induk Helikopter Izumo Jepang (Kaij? Jieitai /Japan Maritime Self-Defense Force?

Jepang segera mengirimkan kapal perang terbesarnya pada tur tiga bulan melalui Laut China Selatan pada bulan Mei 2017. Tindakan Jepang ini merupakan penampilan terbesar kekuatan angkatan laut Jepang di Luar negeri, setelah Perang Dunia II.

Klaim Chinaterhadap hampir semua perairan Laut China Selatan yang disengketakan dan tumbuh kehadiran militer China di wilayah itu, telah memicu Jepang dan Amerika Serikat untuk melakukan patroli angkatan laut dan udara di wilayah itu untuk menjamin kebebasan bernavigasi.

Izumo merupakan kapal pembawa helikopter, yang ditugaskan dua tahun lalu, yang akan juga berkunjung ke Singapura, Indonesia, Filipina dan Sri Lanka, sebelum bergabung dalam latihan angkatan laut Malabar, bersama kapal angkatan laut India dan AS di Samudera Hindia pada bulan Juli.

Kapal Izumo diagendakan kembali ke Jepang pada bulan Agustus 2017.

“Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan kapal Izumo dengan mengirimnya keluar negeri pada misi yang panjang,” kata salah satu sumber yang memiliki pengetahuan tentang rencana tersebut. “Kapal ini akan berlatih dengan AS Angkatan Laut di Laut China Selatan,” tambahnya, sambil meminta untuk tidak disebutkan namanya karena ia tidak berwenang berbicara kepada media.

Destroyer Izumo dengan panjang 249 meter merupakan kapal sebesar kapal induk Jepang di masa Perang Dunia II. Kapal ini bisa membawa 8 helikopter. Kapal ini didesain menyerupai operator serangan amfibi yang digunakan oleh Marinir AS, tetapi tidak memiliki dek yang baik untuk meluncurkan kapal pendarat dan kapal lainnya.

Jepang dalam beberapa tahun terakhir, terutama di bawah Perdana Menteri Shinzo Abe, telah memperluas batas operasi militer yang sebelumnya diikat oleh konstitusi pasifik. Konstitusi Jepang melarang akuisisi senjata ofensif, untuk dibawa ke luar negeri. Meskipun demikian, jika mau, Izumo memungkinkan Jepang untuk memproyeksikan kekuatan militernya di luar wilayah Jepang.

Izumo berbasis di Yokosuka, dekat Tokyo, yang juga rumah bagi Armada Ketujuh AS, USS Ronald Reagan, misi utama Izumo adalah perang anti-kapal selam.

Reuters

25 KOMENTAR

  1. Indonesia belum butuh jenis kapal ini,,,
    helikopter untuk AU saja belum terpenuhi, apalagi untuk Sigma 10514 juga belum,,,
    masih konsentrasi di bagian MEF2..

    Pengisian 1 skuadron helikopter Penerbad di Kalimantan
    Pengisian 1 skuadron helikopter Penerbad di Papua
    Pengisian 1 skuadron helikopter Penerbad di Sumatera

  2. Itu helinya Kalo dimasukan ke garasi…Diganti rudal S-Club versi container,bisa ditata berapa ya…Mantap juga …Kan kedepannya pelontar rudal..Cukup 1 kontainer,senyap, efisien,benar2 multirole..Jangan ngomong singkron,dia diciptakan bekerja secara mandiri…