Jepang Luncurkan Kapal Selam Taigei Class Pertama

Tokyo, Jakartagreater.com  –  Jepang telah meluncurkan kapal selam baru, pada hari Rabu 13-10-2020 bernama Taigei, yang akan dimasukkan ke dalam operasi Pasukan Bela Diri Maritim (MSDF) pada bulan Maret 2022, ujar kantor berita Jepang Kyodo melaporkan, dirilis Sputniknews.com, 14-10-2020.

Kapal perang berbobot 3.000 ton itu akan menjadi kapal selam ke-22 di armada militer Jepang. Kapal selam ini dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd dan menelan biaya sekitar 76 miliar yen ($ 720 juta), menurut laporan itu.

Upacara peluncuran Taigei ke dalam air, diadakan di galangan kapal di prefektur Jepang Barat Hyogo. Sekitar 150 orang, termasuk Menteri Pertahanan Nobuo Kishi dan Kepala Staf MSDF Hiroshi Yamamura hadir, sesuai laporan itu.

Kapal selam Jepang baru tersebut memiliki panjang 84 meter (275 kaki) dan lebar 9,1 meter (30 kaki). Kapal ini dapat menampung hingga 70 anggota kru. Jepang memperluas armada kapal selamnya sebagai bagian dari program keamanan nasional 2010.

MSDF saat ini mengoperasikan 9 kapal selam kelas Oyashio seberat 2.750 ton dan 11 menjadi 12 tahun depan kapal perang kelas Soryu seberat 2.950 ton.

Kapal selam 29SS Taigei (Paus Besar) yang diluncurkan hari ini, akan menjadi yang pertama di armada Jepang untuk kategori kelas Taigei.

Kapal selam pertama di kelasnya ini mendapatkan peningkatkan kemampuan deteksi, dan lingkungan yang cocok untuk awak kapal selam perempuan dan akan menjadi tuan rumah bagi awak kapal selam perempuan yang pertama di Jepang.

Laporan tersebut telah mengaitkan perluasan armada secara khusus dengan ancaman keamanan yang terkait dengan China, yang juga disebutkan dalam Buku Putih 2018 tentang pertahanan Jepang.

Tokyo yakin bahwa Beijing telah memulai penguatan besar-besaran kapasitas militernya di Laut China Timur dan Laut China Selatan dan berencana untuk memperluas wilayah operasi militer udara dan maritimnya di wilayah tersebut. China mengecam pernyataan itu sebagai tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar