Dec 172015
 

CWWpoP0UwAAeEGJ

Pesawat F-35A pertama Jepang mulai perakitan di fasilitas Final Assembly and Check-Out (FACO) Nagoya, Jepang.

Pesawat yang diberi nama AX-5, telah resmi memulai proses pemasangannya, di mana komponen utama pesawat digabungkan bersama untuk membentuk struktur pesawat, kata Lockheed Martin dalam sebuah pernyataan hari Selasa.

F-35A AX-5, pesawat Lightning II pertama milik Jepang dijadwalkan akan dirakit di Jepang, dan akan menyelesaikan perakitannya di Electronic Mate and Assembly Station (EMAS) dan roll out dari pabrik untuk pengiriman pada tahun 2017.

Sebelumnya empat F-35A pertama Jepang, masih dalam tahap produksi di fasilitas F-35 Lockheed Martin di Fort Worth, Texas. Pesawat F-35A AX-1 diharapkan sudah diserahkan pada tahun 2016.

Sisanya 38 dari 42 pesawat F-35A pesanan Jepang dalam program di Foreign Military Sale (FMS), akan dirakit dan diserahkan dari Nagoya FACOdi Jepang.

Lockheed Martin dan Mitsubishi Heavy Industries (MHI) bekerja sama untuk melengkapi fasilitas Nagoya dan menginstal peralatan dan perkakas yang dibutuhkan untuk merakit dan menyerahkan pesawat F-35A dari jalur perakitan Jepang. Lockheed juga menyediakan bantuan teknis dan pelatihan tenaga kerja.

Selain itu, Departemen Pertahanan AS memilih Nagoya FACO pada tahun 2014 sebagai fasilitas pemeliharaan berat airframe pesawat / Maintenance Repair Overhaul & and Upgrade (MROU) untuk area Asia -Pasifik.

DefenceWorld

Bagikan Artikel :

  17 Responses to “Jepang Mulai Merakit Pesawat Siluman F-35A”

  1. Wow..avj

  2. Wow avj

  3. Kalo jepang mau, mrk bisa copi tuh pespur..

    • ane rasa F35nya nanti juga akan di pelajari buat kesempurnaan ATD-X nya mitsubishi bung….biar nantinya lebih canggih dan mengungguli F22 raptornya asu bung….analisa penjaga hutan lindung lhoo….

  4. nihong sugoi wa…
    beli F35 tapi buat juga gen5 buatan mitsubishi…..apa mau di pelajari F35nya untuk kesempurnaan ATD-X shinshin gen5 buatan mitsubishi???

    • Betul bung. Seperti F 2 Mitsubishi jepang mengambil flat foam F 16 nyatanya jeroannya dibenamkan teknologi jepang. Tidak menutup kemungkinan dengan F 35 ini bisa jadi ditangan jepang kemampuannya melebihi F35 Standar yang dimiliki negara lain.

  5. Wow jav

  6. semoga indonesia beli f 35. fungsi f 35 cocok buat strike serang presisi. sedangkan air sup su 35 / pak fa. sedangkan ifx untuk workhorse.

  7. Woy

  8. kagak monceeeeerrrrr

  9. ada negara yg mau baru “isu” mau beli dan beli nya aja ketengan tp komen2 yg beredar uda bikin geger seantero jagad raya… kakakakakah..
    yg tersinggung silahkan mencaci maki..

    • baru mau beli dan baru cuma komen saja sudah bisa bikin geger seantero jagad, apalagi kalau barangnya sudah datang, sudah pasti seantero jagat gemetar melihatnya.

  10. sssttt….. justru yang beli ketengan malah membuat pesanan china ditunda….. padahal china SPK sudah ditanda tangan duluan….. Apa Yang Terjadi? 🙂

  11. moga korsel “panas ati” dgn kemajuan pespur nipon,,,gebeeeer program KFX/IFX nya,Indonesia mah nikmati aja hasil dr negara2 yg berseteru,,,,

  12. Japan beli pespur langsung dirakit sendiri, harusnya kita jg mencontoh kebijakan negeri tsb kalo mo beli alutsista mesti dibuat/dirakit di negri sendiri yoo bro.

  13. Mau bertempur dengan pespur super manuver dengan rudal ciamik nan canggih…tapi pas mengudara pespurnya dibuat buta dan tuli…akhirnya ditembak jatuh. Kata pilot F-35, ..”Mission Accomplished, RTB”.

 Leave a Reply