Jepang Pesan Lebih Banyak Kendaraan Tempur Mobile

Mobile Combat Vehicle (MCV) Type-16. (Sumber: kjclub.com)

Jepang Pesan Lebih Banyak Kendaraan Tempur Mobile 1

JakartaGreater.com – Pemerintah Jepang telah memesan tambahan 16 unit kendaraan tempur mobile (MCV – Mobile Combat Vehicle) Tipe-16 untuk Pasukan Bela Diri Jepang, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, sekitar 12,1 miliar yen telah dialokasikan untuk memesan sebanyak 16 unit MCV Tipe-16 jenis baru pada tahun 2018.

Kendaraan Tempur Mobile Tipe-16 dapat meningkatkan kemampuan penyebaran cepat dari unit operasional dasar (divisi reaksi cepat dan brigade reaksi cepat) dari Pasukan Bela Diri Jepang. Kendaraan lapis baja delapan roda dengan meriam 105 mm ini cocok untuk transportasi dengan pesawat terbang dan sarana lainnya.

Kendaraan dukungan tempur berbobot 26 ton, Tipe-16 pertama kali diumumkan pada tahun 2013. Sumber resmi mengklaim bahwa MCV tersebut diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries dan disebarkan pada 2017. Diperkirakan sekitar 200-300 unit kendaraan tempur ini akan dibangun untuk tentara Jepang.

Mobile Combat Vehicle (MCV) Type-16. (Sumber: kjclub.com)

Jepang Pesan Lebih Banyak Kendaraan Tempur Mobile 2

Meskipun ukurannya kecil dan termasuk kategori kendaraan lapis baja ringan, ia mampu menyerang kendaraan tempur lapis baja yang jauh lebih besar serta menggunakan meriam kaliber besar.

Persenjataan utama kendaraan tempur ini adalah meriam 105 mm yang dikembangkan oleh Japan Steel Works. Selain itu, kendaraan ini dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 mm M2 Browning, senapan mesin koaksial medium Sumitomo Type-74 7,62 mm standar NATO.

Leave a Reply