Jul 062019
 

Kapal selam diesel-listrik Soryu-Class JS Shuriyo © via Kawasaki Heavy Industries (KHI)

Jepang akan segera membangun kapal selam diesel elektrik “stealth’ terbaru penerus kapal selam Soryu class. Kapal selam penerus Soryu class yang disebut 29SS, akan menjadi kapal selam yang paling sulit dideteksi di dunia.

Kapal selam baru dibangun dengan mengambil basis pada Soryu class, kapal selam Jepang terbesar yang dibuat sejak Perang Dunia Kedua (2.900 ton berat normal di permukaan laut dan 4.200 ton saat menyelam). Tidak mengherankan, karena kapal selam Jepang mulai diproduksi hanya 10 tahun yang lalu dan akan bertugas hingga tahun 2024 (10 dalam layanan, satu akan diterima dan empat lainnya direncanakan).

Desain Soryu class dianggap salah satu yang terbaik di dunia. Meskipun gagal dijual ke Australia yang akhirnya dimenangkan Shortfin Barracuda, Soryu telah memenangkan banyak pujian, dan menarik minat India dan Taiwan.

Selama memperkuat Angkatan Laut Bela Diri Jepang, Soryu menjalani modifikasi penggantian sistem baterai dengan lithium-ion sebagai pengganti baterai lead-acid. Baterai lithium-ion hampir dua kali lipat kapasitas penyimpanan energi dan secara signifikan meningkatkan waktu operasi di bawah air. Sekarang, pembuat kapal selam Jepang melangkah lebih jauh dan mengungkapkan konsep awal kapal selam baru.

Fase penelitian dan pengembangannya hanya direncanakan untuk tahun 2025-28, dan unit pertama untuk Angkata laut mungkin akan memasuki sekitar tahun 2030 – hanya beberapa tahun setelah selesai diproduksinya kapal selam terakhir dari tipe Soryu, seperti ditulis oleh Defence 24.

Saat ini diketahui bahwa kapal selam baru akan memiliki mesin yang jauh lebih ringan dan lebih tertanam di dalam lambung, dan sistem propulsi yang akan dipindahkan ke dalam lambung, atau sistem baling-baling yang akan dgantikan sistem propulsi pumpjet. Pump jets bekerja dengan menyedot air dan mengeluarkan air dengan tekanan tinggi. Sistem Pump jet menjadikan kapal selam lebih mudah bermanuver dan lebih tenang daripada kapal selam dengan tenaga baling-baling.

Masih belum diketahui sistem persenjataan yang akan melengkapi kapal selam baru Jepang, apakah hanya dilengkapi tabung torpedo 533 mm yang mampu meluncurkan rudal sub-Harpoon, atau apakah akan ditambahkan peluncur rudal vertikal yang belum pernah digunakan oleh Angkatan Laut Jepang.

 Posted by on Juli 6, 2019

  18 Responses to “Jepang Rancang Kapal Selam Penerus Soryu Class Yang Paling “Stealth””

  1.  

    Tenno Heika BANZAI!!!! Tenno Heika BANZAI!!! Tenno Heika BANZAI!!!!! BANZAI!!!

    Saatnya bersiap merebut kembali Taiwan, Manchuria, Vladivostok dan Sakhalin yg Hilang.

  2.  

    keknya mabuk!

  3.  

    Bukan mabok dia mah,,,salah minum obat…obat nyamuk diminum kayak gitu deh…!!!

  4.  

    Tes

  5.  

    Boleh banget nih kasel di akuisisi TNI AL. Pengganti KILO yg gak jelas…

  6.  

    Kalo KILO nya sendiri Itu termasuk Kasel yang “Jelas”. Jelas Senyap (Balck hole) dan udah Botol pulpen. Cuma yang “disini” nya aja yang gak jelas duwek e wkwkwkwkw….

  7.  

    Sedang mendatangkan janda juga perlu duit apa lagi kasel…tapi kalo ngintip engak pake duit kali…!!!
    Liat boleh pegang jangan…!!!
    kayak mana mau pegang namanya juga ngintip…!!!
    Kalo pegang pegang itu namanya kencan…aah gue keingetan sama tukang bakso kalo bica ngintip…wkwkwkwk

  8.  

    Ehemm.. Ehemm. Sstttt.

  9.  

    Ini jandanya apa tukang baksonya…kayak seh tukang php…wkwkwkwkw….

  10.  

    Tapi Lumayan “Semok” om…… Masuk pak Eko wkwkwkwkw

  11.  

    nyimak …..

  12.  
  13.  

    bisa buat perimtimbangan AL tuk nemenin Kasel senyap yg di Armatim.. Hehe

    @edisikangenpunginkomen

  14.  

    Sayang Indonesia ngga mampu membeli

  15.  

    Masih jadi preman bang…???
    Tak kira dah tobat jadi ustad…!!!
    Tapi patga aman kan…???

  16.  

    Hehe.. Mau jd ustad gk ada potongan jd tetepin aja profesi lama jd preman, enak nomaden loncat sana loncat sini ikutin arah angin.
    Btw rupanya sering ngintip patga ya.. Hehe

    Salam bung@Aming.. Moga avatarnya sdh di lisensi biar kagak ganti2 melulu.. Hehe

  17.  

    Sallam balix bang…tapi bagus juga dakwah onlline…engak riak dan kebawa sama matrealis…alias lebih iklas…!!!
    Sering liat aja…mau komen minder…suhu semua isinya…!!!