Jepang (Semoga Tidak) Ketinggalan Kereta

79
89

Kerjasama Dephan RI dengan Kemenhan Jepang Sedang Digodok

Prototype Panser Canon 105 mm Jepang yang juga mengusung double senjata mesin 7,62mm co-axial yang dikendalikan oleh komputer (photo: Kyodo/PA)
Prototype Panser Canon 105 mm Jepang yang juga mengusung double senjata mesin 7,62mm co-axial yang dikendalikan oleh komputer (photo: Kyodo/PA)

Tokyo – Kesepakatan bersama antara Kementerian Pertahanan Jepang (MOD) dengan kementerian pertahanan Indonesia sedang digodok secara aktif saat ini.

Bahkan Jepang memberikan prioritas pertama kepada Indonesia di samping kesepakatan dengan pihak negara Asean lainnya yang juga akan disiapkan Jepang.

“Jepang sangat memperhatikan Indonesia. Kesepakatan bersama Jepang-Indonesia sedang disiapkan dengan aktif dan berjalan terus dengan baik saat ini, namun bentuknya bukan MOU, hanya Memorandum,” papar seorang pejabat MOD khusus kepada Tribunnews.com pagi ini (12/3/2015).

Memorandum tersebut menurutnya adalah yang pertama di antara negara-negara di Asean karena Jepang memang sangat melihat pentingnya kerjasama pertahanan dengan Indonesia, tambahnya lagi.

“Kapan selesai Memorandum tersebut kami belum bisa mengungkapkan tetapi saat ini sedang berjalan dengan baik dan aktif digodok bersama, moga-moga saja bisa tercapai dengan baik baik kedua negara pada akhirnya,” ungkap sumber itu lagi.

Pembicaraan kesepakatan untuk kerjasama pertahanan kedua negara ini memang telah dilakukan sejak tahun lalu. Namun karena perubahan kabinet di Jepang dan perubahan kabinet di Indonesia, tertunda hingga saat ini.

Peluang untuk kerjasama kedua negara di bidang industri pertahanan kini terbuka lebar bagi kedua negara, terutama Indonesia yang berharap adanya bantuan kerjasama dari Jepang mengenai industri pertahanan di bumi nusantara ini.

Pihak Jepang tampaknya juga mempertimbangkan hal tersbeut, “Pada awalnya kita buat Memorandum ini saja lah dulu, nantinya apa yang akan dikerjakan juga bisa dibicarakan belakangan karena Memorandum ini adalah dasar hukum kerjasama kedua negara agar semakin baik lagi,” lanjutnya. (tribunnews.com).

79 COMMENTS

    • Salam bung JopreTT
      Kalo dr NATO, Korsel dan Turkey gk pelit bung :mrgreen: saya sih ngarepnya RI terus kerjasama dgn Korsel diberbagai Matra, Turkey jg lah u kendaraan lapis baja :mrgreen:
      ngarep destroyer nasional nanti bisa ambil KDXII , sapa tau dpt Hyunmoo 3 :mrgreen: sekelas Tomahawk yg g mungkin diekspor k RI
      tp Horizon tetep numero uno buat ane :mrgreen: sapa tau jg bisa dkasih PAAMS jg buat kita wkwk

    • Biasanya sih yg ToT itu produk2 yang ga laku atau udah mau diganti atau yg produsennya bener2 butuh duit. Setahu saya sih, industri militer dalam negeri Jepang disubsidi besar besaran sama pemerintah mereka

    • Wakaka..berarti anda sdh terkenal bung.
      Sebenarnya..menurut sy sihh..tdk ada yg bs ngelarang kita mencari informasi di manapun termasuk di dunia maya..
      Cuma..tiap warung punya kebiasaan..tatib yg biarpun mungkin tdk tertulis tp krn bikin nyaman pengunjung shg mjd pengikat tingkah laku pengunjung.
      Ada baiknya menghormati yg punya warung dan pengunjung lain.
      Sy jg sering bc situs-situs militer lain skdr jd silent reader..tidak mengomentari isi artikel ataupun mereply komen yg ada krn menghormati situs situs tsb dan pengunjung lain..

    • Sy sering dikeroyok disana tp tetep sy lawan trs, habis itu balik lg. Hit and run, maklum sy msh pake meriam gunung KH. Skrng sy sedang mikir cari teknologi balistik untuk menyerang dr jarak jauh hehehe…

    • Disini Juga Skr Realistis Bang, Berdasarkan Fakta perkembangan Berita yg ada.
      Tapi Nggak Lebay Spt Sebelah Juga kalee.

      saat ini mmg Disana didominasi banyak Sales2 dan asisten2 nya,
      tapi mrk tutup mata thd Fakta, spt gerombolan “Copet” lah.

    • “Semua org punya pandangan dan cara pikir sendiri sendiri”
      =========================
      Ini Yg masalah Bung Pkb, Sales2 disana mana Ngerti Juga Hal yg Beginian !
      Org Niat utama gerombolan mereka untuk menyesatkan kok.

    • Warungnya sepi yg ada cuma penjual sama beberapa langganan yg itu2 sj yg kl ngobrol mintanya bener sndri pinter sndri. Akhirnya yg pada mau ngopi disana males dan kapok. Menu makanannya bnyak tp yg jajan sepi jd Tdk heran mrka seringkali iri dng warung kita yg ramai dan mengolok2 kita sering mimpi basah lah, #nanilah, dll.

    • Setuju dengan bung gue, lebih baik membahas hilangnya Putin sejak 5 maret sempat dikatakan meninggal dan kemarin dikabarkan menemani pacarnya Alina melahirkan di Swiss. Tetapi berita itu dibantah jubir Putin, Dimitri Peskov.

      Apakah kabar tsb merupakan bagian skenario pelemahan Putin agar dibenci rakyatnya ? Karena rumor yg dihembuskan Putin adalah seorang playboy yg berpacaran dengan Alina Kabayeva seorang atlit.

      http://www.strangepolitics.com/images/content/171262.jpg

      • wow… entu waceneng semox bingit bung…
        suegerrr.

        Jumat kemarin Putin dah ketemuan ma Ketua
        MA Rusia Vyacheslav Lebedev & membahas program reformasi sistem peradilan & rencana penggabungan MA dng Badan Tinggi Arbitrase.

        • Biasa bung alloy isu propaganda dari gerombolan, yg tujuannya jelas walaupun samar tetap masih berbayang seperti kemeja neng Alina… 🙂

          Saya pribadi menyakini ada kaitannya isu sakit dan meninggalnya Putin, dengan Boris Nemtsov pemimpin oposisi rusia yg meninggal beberapa hari lalu. Hampir mirip ketika pemimpin revolusi kita panglima tertinggi kala itu Sukarno dikatakan sakit keras dan hampir wafat pada tahun 1965.

        • Assalamualaikum wr.wb.
          dari yang saya amati untuk menghadapi ataupun persiapan perang, biasanya panglima tertingginya disembunyikan keberadaannya.
          NATO dan Russia sedang panas-panasnya kelihatannya Russia sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi NATO.

        • Waalaikum sallam…
          Website pemerintah Rusia hari Rabu melaporkan Putin berbicara melalui telepon hari Kamis dengan Presiden Armenia Serzh Sargsyan. Katanya kedua pemimpin membahas “aspek-aspek penting kemitraan Rusia-Armenia, terutama yang berkaitan dengan kerjasama dalam penggunaan damai energi nuklir, industri minyak dan gas.” (Kutipan elsinta.com)

          Jumat kemarin Putin dah ketemuan ma Ketua
          MA Rusia Vyacheslav Lebedev & membahas program reformasi sistem peradilan & rencana penggabungan MA dng Badan Tinggi Arbitrase. (Kutipan bung alloy)

          Agak bertolak belakang ya bung WD, jika pemerintah Rusia berniat menyembunyikan Putin tetapi mempublikasikan kegiatan ybs. Cmiiw

        • he…
          bahkan sampai ada yg nyeleneh dng menyebut Putin sedang bergabung dengan kelompok ISIS.
          ini mah parah…

          padahal khan si Om sedang disibukkan dng krisis ekonomi yg mengharuskan’a terus melakukan pertemuan yg ga semua’a tuk konsumsi publik.

          yg menarik adalah, kabar resmi yg menyatakan Putin tdk hadir dlm pertemuan bersama FSB, nama baru dari organisasi mata” Rusia yg terkenal dng nama KGB. Ia sebelumnya tdk pernah absen pd acara rapat bersama jajaran petinggi intelijen.

          gosip ini menunjukkan
          kegalauan warga Rusia atas apa yg akan terjadi jika Putin benar” sakit parah atau bahkan meninggal.

          effect dr sanski telah membuat sebagian menginginkan Putin pergi, tapi takut akan apa yg bakal terjadi jika dia benar pergi.

        • Ngomong Intelijen, teringat seorang perwira intelijen pernah berkata “setiap informasi intelejen harus dilihat siapa sumber dari informasi tersebut maka dengan mudah kita ketahui motifnya”.

          Berita sakit dan wafatnya Putin masif diberitakan media internasional terutama barat, maka tidak terlalu sulit sebenarnya membaca kemana arahnya.

  1. salut untuk jajar juang kementerian luar negeri&yang mulia yusron izhra mahendra.bakamla bakal kebanjiran hibah kapal patroli 40meter dari TNI AL karena posisinya yang kosong akan diganti hayabusa klass rasa surabaya. 6 unit US-2 shinmewa makin mendekat karena nomad mendekati tobat.

  2. Indonesia benar benar di untungkan oleh konflik Laut China. Negara negara besar dan bertehnologi tinggi ramai ramai merapat ke Indonesia.Amerika sangat berbaik hati tanpa di minta malah nawarin Apache,F16 .Dari eropa mama Elly berhasil dipikat oleh SBY,maka dapatlah Nahkoda Ragam ,Malaysia yang sudah merengek rengek duluan malah tidak di kasih Eyang Elly. Masih dari eropa dapat si Leo,murah meriah dikasih bonus lagi . Dari China juga banyak dapat radar pantai gratis,tehnologi sewako kapal, tehnologiRCWS,meriam,MLRS. wah wah semua itu gratis . Nah dari Jepun apa yaa,??.

  3. Wsjar sekàli Jepang cukup memberlakukan Indonesia dalam posisi penting. Investasi serta pasar di Indonesia salah satu yang besar bagi Jepang. Jalur transportasi laut yang penting untuk perdagangan juga banyak yang dimiliki Indonesia.

    Dengan adanya ekskalasi masalah LCS pasti membuat Jepang bergerak mengambil tindakan keamanan bagi kepentingannya.

    Tinggal Indonesia saja bagaimana memanfaatkan ini. Misalnya segera menawarkan kerjasama saling menguntungkan terkait industri strategis dan lain-lain.

    Shinmaywa US-2 segera diproduksi PTDI 😀

LEAVE A REPLY