Jun 102019
 

Sisa-sisa jasad pilot Angkatan Udara Bela Diri F-35A yang hilang dari Prefektur Aomori pada 9 April telah diangkat dari laut, kata Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya.

Jenazah itu ditemukan pada hari Rabu dan diidentifikasi sebagai jasad Mayor Akinori Hosomi, kata juru bicara ASDF (Air Self-Defense Force) di Tokyo.

Baik Menteri Iwaya dan ASDF menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut, karena bersifat privasi dan atas permintaan keluarga yang berduka.

Pada hari Senin, Departemen Pertahanan menghentikan kegiatan pencarian dan penyelamatan. Kementerian telah mengambil bagian dari perekam penerbangan jet tetapi datanya telah hilang.

Kementerian sekarang menganalisis penyebab kecelakaan itu dengan menggunakan data radar dan catatan komunikasi dari tiga jet tempur F-35A lain yang sedang melakukan latihan bersama sekitar 135 km dari Pangkalan Udara Misawa di Prefektur Aomori.

Kementerian berencana untuk menggunakan kamera anti air untuk mencari di daerah laut di mana sisa-sisa ditemukan, meskipun percaya tidak mungkin ada petunjuk yang bisa ditemukan tentang penyebab kecelakaan, kata Menteri Iwaya.

“Sangat disesalkan kami kehilangan pilot hebat yang memiliki masa depan cerah. … Saya menyampaikan belasungkawa sepenuh hati kepada keluarga, ”kata Iwaya kepada wartawan.

Pesawat tempur canggih yang jatuh adalah salah satu dari 13 F-35A pertama yang dikerahkan di Jepang. Kecelakaan itu adalah yang pertama yang melibatkan F-35A didunia dan menarik perhatian para pakar militer di seluruh dunia.

Sejak kecelakaan itu, ASDF telah menangguhkan operasi dari 12 jet F-35A yang tersisa di pangkalan Misawa, tetapi ASDF dilaporkan berencana untuk melanjutkan penerbangan segera.

Jepang berencana untuk membeli total 147 jet F-35, 105 di antaranya diperkirakan sebagai F-35A, dengan harga masing-masing pesawat lebih dari 10 miliar Yen.

Jet yang terlibat dalam kecelakaan itu adalah satu dari sembilan F-35A yang dirakit dan diperiksa oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd. Sebelum dikirim empat sisanya dikumpulkan dan diperiksa di AS.

Pesawat tempur siluman F-35 yang diproduksi oleh pabrikan Lockheed Martin Corp di AS, dikembangkan bersama oleh sembilan negara termasuk AS, AS, Italia, Belanda, Turki, dan Kanada.

Stripes.com

 Posted by on Juni 10, 2019