Jepang Terbangkan F-15 Kawal Tu-95MS Rusia

Moskow , JakartaGreater – Militer Jepang menerbangkan pesawat tempurnya untuk mengawal 2 pembom strategis Tu-95MS Rusia selama penerbangan terjadwal mereka di atas Laut Jepang dan Samudera Pasifik, ujar Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis 11-3-2021.

“Dua pembom strategis Tu-95MS dari penerbangan jarak jauh melakukan penerbangan rutin di atas perairan netral Laut Jepang dan bagian Barat Laut Samudra Pasifik. Durasi penerbangan melebihi 9 jam.

Pembom strategis Tu-95MS Rusia.(@Russia MoD)

Dalam tahapan penerbangan tertentu, pembom strategis Rusia ini dikawal oleh pesawat tempur F-15 angkatan udara Jepang,”kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, dirilis Sputniknews.com pada Kamis 11-3-2021.

Bomber ini melakukan penerbangan jarak jauh yang rutin dilakukan dengan rute: laut Artic, Atlantik Utara, laut Baltik dan laut Hitam hingga laut Pasifik.

Pembom strategis Tu-95MS Rusia.(@Russia MoD)

Dalam penerbanganya itu, bomber berkemampuan nuklir ini dijaga oleh pesawat tempur Su-35 Rusia.

Pembom strategis Tu-95MS Rusia.(@Russia MoD)
Tu-95 adalah pembom strategis jarak jauh 4 mesin yang dikembangkan oleh perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan Rusia, Biro Desain Tupolev pada 1950-an. Versi saat ini adalah Tu-95MS, yang mulai beroperasi pada tahun 1984.

Sharing

Tinggalkan Balasan