Jerman akan Upgrade Typhoon dengan Radar AESA Captor-E

Jakartagreater.com – Komite Anggaran Bundestag Jerman menyetujui pembiayaan program modernisasi radar Eurofighter Typhoon dan pembelian 4 kapal perang multiguna MKS 180 dengan opsi tambahan dua kapal perang lagi. Nilai total kedua program persenjataan ini adalah sekitar 8,4 miliar Euro, lansir Defense24.

Keputusan itu dibuat selama pertemuan Komite Anggaran Bundestag dan Kementerian Pertahanan Jerman pada 17 Juni 2020. Semua proyek dengan nilai melebihi 25 juta euro memerlukan persetujuan sebelum menyelesaikan kontrak.

Modernisasi pesawat Eurofighter Typhoon diperkirakan menelan biaya 2,8 miliar Euro. Typhoon diantaranya akan mendapatkan sistem perangkat lunak baru dan radar multi-range AESA Captor-E. Modernisasi ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur Typhoon, termasuk memungkinkan untuk mengemban tugas multifungsi, seperti misi udara ke udara dan udara ke darat.

Secara keseluruhan, 110 pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik Luftwaffe akan di modifikasi, kata Kurt Rossner, Pemimpin Departemen Airbus Defense and Space yang berbicara tentang modernisasi yang direncanakan pada awal November tahun lalu.

Jenis radar yang sama mungkin akan dilengkapi dengan mesin yang dipasok oleh Luftwaffe di bawah program “Quadriga”, yang rencananya akan menggantikan pesawat tempur Typhoon varian pertama dan sebagian pesawat serang Tornado yang ditarik.

Selain modernisasi pesawat tempur Typhoon, Kementerian Pertahanan juga akan mengalokasikan anggaran sebesar 5,6 miliar Euro untuk pembangunan 4 kapal perang multiguna modular MKS 180 (Mehrzweckkampfschiff 180) untuk Angkatan Laut Jerman beserta infrastrukturnya, termasuk simulator, dengan opsi tambahan untuk dua unit. Kapal akan dibangun bekerja sama dengan galangan kapal Belanda Damen Schelde Naval Shipbuilding B.V. dari Vlissingen, yang memenangkan tender, dengan galangan kapal Jerman Blohm & Voss dari Hamburg. Ini adalah proyek baru dengan desain yang cukup revolusioner. Pembuatan kapal diharapkan akan dimulai pada tahun 2023, setelah sekitar fase desain tiga tahun, dan pengiriman diharapkan dapat dilakukan pada tahun 2027-2031.

Varian dasar kapal perang ini adalah fregat dengan panjang 155 m dan bobot 9 ribu ton. Selain menggunakan peralatan permanen, fregat juga memiliki ruang untuk tiga slot modul misi khusus yang dapat diganti, yang akan memungkinkan melakukan berbagai jenis tugas yang berbeda.

Fregat MKS 180 akan dipersenjatai dengan sistem rudal pertahanan udara jarak menengah dan pendek, rudal anti-kapal jarak jauh. Fregat juga akan memiliki meriam utama 127 mm yang dapat menembakkan amunisi jarak-jauh, serta meriam otomatis dan senapan mesin untuk perlindungan diri.

TERPOPULER

43 pemikiran pada “Jerman akan Upgrade Typhoon dengan Radar AESA Captor-E”

  1. panjang dan bobot kapal dengan senjata yang diinstal sudah memenuhi sarat destroyer tapi masih disebut frigate,atau mungkin karna tak berhulu ledak nuklir misil jarak menengahnya jadi rada sungkan sebut destroyer.

  2. Emangnya jenis kapal ditentukan oleh hulu ledaknya dek.lincreet.? pemikiran ngawur anak PAUD ini dek lincreet…xicixicixicixi
    Coba brosing lg yg bener dek jng buat malu fans boy barat alay amatiran dek.

  3. tapi baik loe ngobrol sama simbah ruskimin biar dapet elmu,yang bermanfaat.
    gue aja baru diajarin bagai mana mengatasi kepusingan,obatnya sederhana,cuma engak tahan aja mau nyoba nya.
    wkakakakakaka
    simbah bener bener gokil.

  4. Kalo si gatol malah duluan nyungsep dimari dek sebelum dirimu eksis dimari dek. Dia terkenal dng raja ngepotnya. ….xicixicixicixi

    Masalah kapal frigate dan kapal destroyer. Itu ada riwayat pengklasifikasiannya dek dr jaman dulu. Tp utk di jaman skrng perbedaannya tipis banget sesuai kebutuahan angkatan perang yg ingin ringkas. Kalo jaman dulu sekelas iver mungkin sdh bisa dikatakan kelas destroyer, krn kelengkapan senjatanya,
    Kelengkapan senjata ini yg menuntut ukuran kapal menjadi besar.
    Meskipun frigate skrng banyak yg memiliki kemampuan multitole spt kapal destroyer tapi frigate biasanya mengemban misi yg lebih spesifik spt misi anti kapal selam, anti serangan udara atau anti kapal permukaan.
    Cuma utk saat ini blom ada frigate yg memgemban misi anti rudal balistik spt yg diemban destroyer.
    Mungkin kedepannya disaat frigate sdh ada yg memgemban misi itu makin tipos lg perbedaannya. Jd masalah ukuran bukan menjadi tolok ukurnya dek lincret.

  5. Dek @Calx
    Ini bukan saling hina. Tp bagaimana menyadarkan dek lincreet cara debat argumen yg arif, dan jika terpojok gak perlu langsung menjadi Ad Hominem (cieee…..itu kata mbah gatol sih). Maksudnya komen menjurus negatif dan penghinaan……xicixicixicixi

  6. wkakakakakaka
    panjang bener isi komen mu mbah isi nya dikit beneran.

    siapa yang bilang destroyer dengan spesifikasi pencegat rudal balistik?.
    terus kemampuan apa yang harus dimiliki destroyer sampai bisa mencegat rudal balistik?.

    wkakaakakakaka
    lama nyari bahan jawaban mu ngawur juga akhirnya.
    wkakakakakakaka
    banyak terpaku sama google jadi gelagapan.
    wkakakakakaakak

  7. Tuh kan gak terima dikasi jawaban, gmn nda dibilang tukang ciriit biriit….xicixicixicixici

    Begini ya dek lincreet
    Kapal battleship yamato milik jepang di PD II disebut battleship pd jamannya, krn punya persenjataan lengkap dng daya hancur yg luar biasa, sama dng IOWA milik AS yg mampu menghadapi serangan kapal permukaan dan serangan udara serta menebar ranjau anti kspal selam. Kapal dng tonase besar spt itu utk saat ini mungkin hanya Rusia yg punya ysitu sekelas kirov.
    Tp apa Yamato atau IOWA akan lebih hebat jika dihadirkan saat ini dng persenjataan spt itu, dibandingkan dng frigate iver.?

    siapa yang bilang destroyer dengan spesifikasi pencegat rudal balistik?.
    ————————————————————
    Utk saat ini pembedanya, destroyer lebih lengksp krn memiliki rudal pencegat rudsl balistik yg blom ada dimiliki frigate dek. Paham.?

    terus kemampuan apa yang harus dimiliki destroyer sampai bisa mencegat rudal balistik?.
    ——————————————————–
    Masa yg beginian hrs diajarkan dek.?
    Destroyer kelas Alex Burket punya AS junjunganmu kan punya kemampuan ini dek. Krn dilengkspi dng tudsl SM-3.
    Pasti masih ngeles lg nih klo sdh dijelasin gini….xicixicixicixi

  8. wkakakakaka nah gitu geh lama engak apa apa tapi ketemu engak ngawur full.
    kata destroyer jelas penghancur dan tujuan nya juga jelas penghancuran.
    jadi engak usah ngepot lagi deh please.
    wkakakakakakaka
    sedang anti serangan udara jarak menengah belum bisa dibilang anti balistik misil,karna memang belum teruji,doktrin destroyer tidak disematkan pada anti balistik misil tapi pada kehancuran target baik dilaut maupun didarat.
    sedang pertahanan jarak menengah dikhusus kan anti rudal jelajah dan anti pespur,karna target balistik misil bukan pada sasaran bergerak, paham mbah?.
    kalou engak percaya cari lagi deh di google apa tanya sama yang lebih luas wawasan dan ilmunya.
    jadi engak asal ngeyel.

  9. wakakakakaka
    engak nyari cuma search engine aja ya mbah?.
    wkakakakakaka

    terus spesifikasi kapal diatas sudah memenuhi sarat belum mbah dengan rudal jarak menengahnya?.
    wkakakakakaka
    ngeles mu katrok,engak kekinian.
    wkakakakakaka

  10. “doktrin destroyer tidak disematkan pada anti balistik misil tapi pada kehancuran target baik dilaut maupun didarat.”
    ———————————————————–
    Adek tau feigat gorshkov, itu dilengkapi rudal kalibr dan rufal yakhont dek, ada jg rudal anti serangan udaranya Redut. Knp gak dibilang Destroyer.? Itu bisa hancurkan target darat dek. Apalagi skrng akan dilengkapi rudal hipersonik.

    Jd disaat skrng bukan kemampuan penghancuran target darat dan laut serta udara yg menjadi perbedaan dek. krn semakin maju teknologi persenjataan akan dng sendirinya akan merubah klasifikasi jenis kapal.
    Akan tetapi kemampuan menangkal ancaman dng persenjataannya dalam satu cakupan wilayah. Krn jika hanya sebatas hancurnya target darat dsn laut, sdh ada frigate yg dpt melakukan.
    Namun jika sdh mengarah menangkal rudal balistik, utk saat ini blom ada frigate yg punya kemampuan itu. Paham ya dek.
    Kamu pikir dulu jawabannya dek, atau tanya sama suhumu si gatol, saya mau tidur, besok kalo masih blom puas tanya pada rumput yg bergoyang aja dek…xicixicixicixi

  11. tapi orang bodoh mana yang mau nembak kapal dengan balistik misil ?.
    ——————————————————–

    Berarti adek betul2 masih anak PAUD….xicixicixicixi

    Kapal destroyer spt alex burket clasa itu punya kemampuan menangkal serangan rudal balistik. Bukan berarti ada rudal balisik yg mau menghantam kapal itu dek lintah mencreet.
    Artinya kapal tersebut dapat menghancurkan rudal balistik yg lintasannya ada dlm jangkauan rudal SM-3 di wilayah operasional kapal.. Susah jelaskan anak PAUD memsng…..xicixicixicixi

  12. wakakakakaka.
    simbah ini orang rusia apa orang amerika sih?.
    kok doktrin nya pakai acuan us navy ?.
    wkwkwkwkwk
    itu lah mbah hebat nya usa selalu terdepang,dan jadi acuan dunia.
    wkwkwkwkwkwkwk
    coba liat destroyer negara lainya punya engak ?.
    mbok nya kalou engak ada acuan dari rusia ya acuan yang umum lah,jangan sampai pakai acuan usa,kan seperti menjilat ludah sendiri “lusia stlong bingit”.wkakakakakakaka

  13. waduh dek kimochi kamu ya ngejek gitu sih?.
    mentang mentang simbah ruskiem bilang asal ada rudal kalibr dan yakhont bisa disebut destroyer gitu.
    wkwkwkwkwkwk
    kapal kita udah instal yakhont berarti dah destroyer juga kali.
    wkakakakakaka
    gemblung koe mbah
    wkakakakakakaka

  14. Apa hubungannya jilat ludah sendiri dek lincreet?. Dasar anak PAUD dijelaskan ya tetap gak paham alias gak bisa nangkap maksudnya. Dikasih contoh kok dibilang acuan.
    Kamu td kan bilang spt ini

    “doktrin destroyer tidak disematkan pada anti balistik misil tapi pada kehancuran target baik dilaut maupun didarat.”
    ——————————————————-
    Makanya saya jawab klo doktrinnya spt itu lalu apa kapal gorshkov class bisa dikatakan destroyer padahal mereka nyebutnya frigate.
    Krn ada rudal kalibr utk serang darat dan rudal yakont utk kapal permukaan.
    Semntara yg destroyer sesungguhnya type 055 China dan Asahi class punya jepang memang mampu melakukan serang darat dan laut jg.
    Jd doktrin itu hanya karangan kamu saja dek lincreet.alias.lintah mencreet.

    Jd diambil contoh kelas alek burket itu biar kamu paham bahwa doktrin yg kamu karang sebut itu sdh jadul ken mampu dilakukan oleh frigate spt punya Rusia. Kemampuan destroyer skrng tidak sebatas mampu serang darat dan laut saja krn gak ada beda dng sebutan frigate buat kapal Rusia.

    Dijelasin kok malah ngepot sana sini, berguru sama gatolyg gini.hasilnya. susah meneeima kekalahan….xicixicixicixi

    Jadi dijelaskan pake ilmu tinggi pun tetap memcreeet daya tangkapnya…..xicixicixicii

  15. ampiun mbah ngaku salah mbah.
    wkakakakakakaaka

    Makanya saya jawab klo doktrinnya spt itu lalu apa kapal gorshkov class bisa dikatakan destroyer padahal mereka nyebutnya frigate.
    Krn ada rudal kalibr utk serang darat dan rudal yakont utk kapal permukaan.
    “Semntara yg destroyer sesungguhnya type 055 China dan Asahi class punya jepang memang mampu melakukan serang darat dan laut jg”.

    “Jd doktrin itu hanya karangan kamu saja”.

    GARIS BAWAHI

    yang bener yang mana nih orang sudah membenarkan tapi disangkal lagi,satu komen saja engak konsisten nih orang.
    wkakakakakakaaka
    DARURAT MBAH RUSKIE GEMBLUNG TYPE DESTROYER.
    WKAKKAKAKAKAKAKA
    KAKAKAKAKAKAKAKAKA
    KAKAKAKAKAKAKAKkakakakakakakakakakakakakakaka.

  16. maslah kapal lusiah stolong saya engak paham mbah,tapi bisa dibandingkan sendiri dengan kapal destroyer lainya.
    ukuran kapal dan bobot menentukan berapa besar dan banyak senjata yang dimuat,selain itu coba belajar lagi katagori jangkauan type rudal,terutama jarak menengah,nanti keliatan perbedaan nya.
    tapi sudahlah kan lebih mudah ngeyel ketimbang belajar.
    darurat gemlung type destroyer pokok’ee.
    wkakakakakakakaka

  17. Apa hubungannya jangkauan type rudal dng type kapal.? Kok belok2 komen dek lincreet.

    Dibilang perkembangan kapal type destroyer skrng bisa anti balistik missile malah di jawab spt ini :

    tapi orang bodoh mana yang mau nembak kapal dengan balistik misil ?.
    ——————————

    Katanya doktrin kapal destroyer bisa serand darat dan laut
    ——————————————————
    Dikasi contoh frigate gorshkov class jg bisa serang darat.dan laut. Masih ngeyel jg.
    Ya kalo ilmu msh PAUD mau sok nantang, ya spt itu. Cemen utk mengakui kesalahan.
    Ya wes dek lincreet mojok aja sono lg mencreet sambil terciriit biriit. Krn cuma itu level mu….xicixicixicixi

  18. wkwkwkwk.
    engak nemu dia di google.
    wkakakakakaka.
    mangkanya banyak nanya ketimbang ngeyel nya.
    tanya sama bung ayam apa sama suhu agatosi gitu kok ribet.
    “apa hubunganya jangkawan rudal dengan tipe kapal?.”
    jawaban sederhana nyari di google engak nemu. wkakakakakaka.
    coba liat lagi gotongan kapal tipe destroyer?
    masih engak paham juga?.
    wuuuueeee,mangkanya mbah dah dibilang dipikir sambil diketuk ketuk itu dengkul nya sapa tau jadi moncer tuh otak kalou engak encer juga.
    wkakakakakakakakaka
    tapi ngomong ngomong komen mu tadi pagi dah gen6 rupanya dah pakai tehnologi silumun.
    wkakakakakakaka

  19. simbah ini komenya gokil beneran ada komen sampah type destroyer lah ada juga komen idiot type destroyer,engak jauh jauh urusanya dengan kotoran,mancrat mencret.
    wkakakakakakaka
    gemblung type destroyer koe mbah.
    wkakakakakakakaka

  20. simbah komen disebelah ngerjain admint nya aja,sebagai saringan dia memilah komen mana yang pantas tampil,dari 200 komen mbah ruskimin cuma satu yang lolos jaringan,apa engak mumet tuh admint.
    wkakakakakaka

Tinggalkan komentar