Mar 292017
 

Ilustrasi dari Future Combat Air System (FCAS)

Jerman telah memajukan program untuk membangun sendiri jet tempur siluman generasi keenam melalui sebuah konsep ke tahap awal pengerjaan, sebagaimana dilansir dari Telegiz.com.

Sebuah lompatan untuk membangun pesawat tempur generasi ke-6 akan menjadi salah satu tantangan besar bagi Jerman, yang mana belum ada membangun jet tempur sendiri sejak menghasilkan jet tempur bermesin ganda Messerschmitt Me 262, yang merupakan jet tempur pertama di dunia, dalam Perang Dunia II.

Jet tempur Me 262 terbang perdana pada tahun 1941 dan memasuki layanan tempur dengan Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe) pada tahun 1944, serta pensiun pada akhir perang. Jet tempur Me 262 tercatat menembak jatuh lebih dari 500 unit pesawat tempur Pasukan Sekutu, yang sebagian besar adalah pesawat Amerika Serikat.

Jerman dan Airbus Defense & Space mengatakan bahwa mereka berada dalam tahap awal dari program baru untuk membangun pesawat tempur generasi keenam Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe), yang diberi nama Future Combat Air System (FCAS).

FCAS akan menggantikan armada pembom tempur tua Angkatan Udara Jerman, yaitu Panavia Tornado dan melengkapi pesawat tempur superioritas udara Eurofighter Typhoon yang saat ini dalam layanan Angkatan Udara Jerman.

FCAS kemungkinan akan menjadi pesawat tempur bermesin ganda (twin-engine), berekor ganda (twin-tail) dan dikemudikan oleh dua awak. Angkatan Bersenjata Jerman (Bundeswehr) berencana untuk mengoperasikan jet tempur FCAS antara 2030-2040.

FCAS akan menjadi “sistemnya sistem” yang menggabungkan pesawat berawak dan pesawat tak berawak ke dalam satu unit operasional. “Pada prinsipnya, itu bisa menjadi sistemnya sistem, kombinasi pesawat berawak dan tak berawak”, kata Alberto Gutierrez, kepala program Eurofighter.

“Kami telah menentukan bahwa kendaraan tempur udara tak berawak (UCAV) tidak akan tersedia dalam teknologi negara pada 2030-2040 untuk mendukung Eurofighter. Namun itu bisa memiliki opsi berawak, dengan dua orang awak. Satu sebagai komando dan kendali dan yang satu lagi sebagai pilot”, demikian tambahnya.

Awak kedua adalah sebagai kunci pada konsep operasi FCAS, yang akan mampu mengoperasikan pesawat tempur dalam jaringan pertempuran yang lebih luas, yang berpotensi memberikan komando dan mengontrol aset atau misi UCAV.

Jet tempur FCAS juga akan beroperasi sebagai “node jaringan” yang mengendalikan “rudal UCAV” dan kawanan drone di wilayah udara yang diperebutkan dengan lawan.

Konsep jet tempur FCAS pertama kali muncul pada pertengahan 2016. Ini pertama kali disebut sebagai Next Generation Weapon System (NGWS) yang dimaksudkan untuk menggantikan jet tempur Tornado.

Pada akhir tahun 2016, Airbus Defense and Space meluncurkan konsep FCAS untuk memenuhi kebutuhan pesawat tempur siluman generasi keenam untuk mengisi armada Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe).

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  53 Responses to “Jerman Kembangkan “FCAS” Jet Tempur Generasi Keenam”

  1. Yang gen ke 5 aja blom buat kok sdh loncat ke 6.?

    • hahah…biasanya nanti turun jadi Gen-5,5 ..

    • 2 sekutu perang dunia 2 udah mulai keluar kandang (jerman n jepang) yg meluluh lantah kan pasific dan setengah bumi, kita tunggu aksi negara induknya teknologi modern n nuklir.???

    • hheee,, apakah perlu menunggu gen 7 aja indonesia yg pastinya bakal lahir, biar masa AKAN kita di perpanjang,, wkwkkkk…

    • wah mbah e teknologi dan penemuan sudah menunjukkan kehebatannya……. yahudi mah lewat…

    • bukanya Jerman waktu PD2 juga teknologinya lompat jauh bro..

      Maus Tank, roket v1-v2, Me-262 jet, hanya kalah di produksi air berat utk bom nuklir dari US..

    • Masih terlalu dini menurut saya untuk disebut Gen6. Konsep Pesawat Gen6 Jerman ini tidak spesifik merujuk pada PESAWAT FIGHTER tetapi lebih ke “PESAWAT INDUK”.

      Pesawat Gen6 sebenarnya sudah diidamkan pada film2 futuristic, dengan ciri-ciri :
      1. VTOL
      2. Energi tidak terbatas
      3. Kecepatan sangat tinggi sehingga dapat mencapai titik belahan dunia dalam sekejap
      4. Mempunyai Energi Pelindung
      Dan yang dibutuhkan adalah energy besar seperti reaksi Nuklir dalam skala kecil dan terbatas untuk diinstall ke pesawat , yaitu pesawat bertenaga nuklir. Dan sumber Energi Raksasa yang lebih bersahabat daripada Nuklir , saat ini sedang digandrungi Ilmuwan adalah “energy Plasma”

  2. Kok sama seperti KFX-IFX ya? Habisnya modelnya keren sih -_-

  3. sdh gen 6, kita br mau bljr 4+…..

    • Blm gen 6 lah bung, rusia aja br ngembangin pak fa, blm botol propon lg, mana mungkin jerman bs lsg ke gen 6…itu hanya sekadar keinginan belaka, yg gen f35 milik as aja brmasalah, apalgi gen 6…mustajab ehh mustahil!,,

      • kenapa tidak mungkin?
        bukankah pelopor jet tempur pertama di dunia adalah Jerman?
        ras ARIA gitu loh 😛 hihihih

        • Jerman yang sekarang bukan Jerman yang dulu.

          Lagi pula anda termakan isu hasutan Hitler. Kalau mereka ras Aria terhebat toh juga kalah. Pesawat Jet mereka kalah telak di langit eropa, roket mereka juga tidak banyak efeknya. Jangan terlalu banyak termakan hasutan Hitler dah… 🙂

          • xaxaxaxaxa
            mereka memang bangsa aryan kok

            long live deutschland

          • Namanya main keroyokan 😀 hahaha

            Apa artinya anda mau menyamakan bahwa Indonesia yang sekarang bukan Indonesia yang dulu? Hayooo

  4. ” ..Angkatan Bersenjata Jerman (Bundeswehr) berencana untuk mengoperasikan jet tempur FCAS antara 2030-2040….” …wedew sudah jadi aki-aki kita ini…..

  5. Harusnya memang jerman bs buat pespur sendiri. Dulu pny fw-190, bf-109, me-262, dll. Mosok skrg gak bikin sendiri.

    • betul bung, kemarin ada faktor X sehingga belum bisa keluar kandang 😀 hihihi

      • industri pembuatan kapalnya kan dibubarin ma sekutu bung.. sama hal nya dengan jepang ekekwk

        • ya bung @uboate, dan sekarang seluruh cadangan emas jerman sudah diambil dari bank Amerika, bukan bank Ruskye lho ya… nah, itu artinya bakan dimanfaatkan salah satunya ya untuk membangun armada militernya…

  6. Ternyata pembuat jet pertama kali Jerman..Itu 500…musuhnya hanya baling2 bambu..

  7. Nah… German dh mulai bikin pesawat tempur LG. Jepang sdh mulai keluar kandang. 2 negara besar di perang dunia 1, 2 dan Pasifik kembali bermain.

    • Itu atas suruhan as utk redam lcs, jerman, jepang dan korsel disruh latian terus dan unjuk senjata mutakhir biar dominan china di lcs memudar…

  8. Jerman sebagai pioner alutsista dunia mulai dr panzer, kasel dan pesawat bomber siluman. Kasel aja teknologi diambil AS, NATO dan Rusia, khusus pesawat bomber siluman hanya AS yg berhasil mendapatkan lokasi rahasianya dan diboyong ke AS beserta ilmuwan2 nya! Pada perang dunia banyak ilmuwan2 Jerman direkrut Rusia dan As beserta sekutunya, makanya tidak heran bila kemajuan teknologi mereka hampir setara.

    • bukan direkrut tapi rebutan ilmuwan2 dgn ancaman ikut kita atau menghadapi mahkamah internasional utk kejahatan perang

      operation paperclip

    • Yg pintar2 itu sbenarnya dari keturunan bangsa Yahudi di jerman. Termasuk yg buat bom Atom di AS yg digunakan ngebom 2 kota di jepang itu keturunan yahudi. Hanya saja mereka kecewa kenapa temuannya tidak digunakan utk mengebom Jerman.
      Banyak warga yahudi termasuk ilmuwan mereka yg melarikan diri keluar jerman pada saat Hitler berkuasa.

      • Yg paling banyak menerima pengungsian Yahudi dan ilmuwannya ya AS, makanya tdk heran bl teknologi AS terbesar didunia dan sekaligus terjebak dlm lobi2 Yahudi. Bangsa yg dikasi kelebihan kecerdasan tetapi ingkar tuhan. Ilmuwan asli Jerman jg pintar2 lho.

  9. kelamaan klo 2030baru bikin. IFX udah terbang duluan kalee…. dan mungkin dikembangkan generasi yang ke 6 jg,….

  10. Wah f22 kalah dong..Apalagi tukino

    • belum tentu bung, kabarnya tukino mau upgrade radar generasi 5++ 😆 wkwkwkw

      • Tukino di upgrade ngegotong ERIEYE,, terbang rendah menghindari radar dan mengontrol drone wulung utk kamikaze dgn membawa muatan nuklir..

  11. Harusnya Indonesia lompat tinggi saja lgsg bikin pesawat generasi ke 7,tidak terlihat sama mata goib Tp ada,senjatanya kecil Tp mematikan,lebih untuk Dr super tukiman

  12. Masing2 negara pada nostalgiaan ma kejayaan negara mereka pada masa lampau.
    Gmn dgn kita, apakah kita masih bangga dgn kejayaan negeri ini di masa lampau yg bahkan melewati batasan sebuah negara dimana dalam hal ini di wakilkan oleh kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.???
    Mau yg lebih heboh lagi, tgu saja artefak situs gunung padang terekspose semua nya.
    Kita bukan Bangsa Kecil, setidaknya itu tersirat dari jejak peninggalan yg ada di tanah yg setiap kali kita injak di negeri tempat kita dilahirkan ini.

    • gak perlu lihat dulu dan telah berlalu, sebab “kejayaan” masa lalu berlalu dan berakhir seperti sekarang tentunya ada sebabnya…

      nah skrg bagaimana caranya bisa bangkit, tapi bukan mengulang sejarah karena klo “mengulang” berarti bakal merasakan melarat lagi setelah jaya, dan bakal merasakan “perang” lagi, “pemberontakan” lagi, melainkan sekarang harus bisa lebih berjaya dan bertahan selamanya hingga dunia berakhir…

    • kerajaan adidaya yg runtuh tak bisa di ulangi lagi kejayaan politiknya dan sejarah telah membuktikannya
      yg ada seharusnya adlah tekad utk meneruskan warisan2 budayanya
      kerajaan hancur..bangun kembali..hancur bangun kembali
      itu lah mental yg harus di tanamkan ke bangsa kita sesuai amanat bung Karno
      dgn mengaca pada dua bangsa jerman dan jepang.

    • Memang benar, sejarah tidak akan mungkin terulang lagi.
      Tapi bang Lingkar dan bang Anu pasti pernah dengar.
      Jadikan masa lalu sebagai pelajaran berharga.
      Jika kita membaca sebuah kisah dan yg kita tangkap cm tentang kehancurannya yah memang miris terdengar. Tp kita mungkin lupa, dalam sebuah buku. Pasti ada bab2 yg membangun itu menjadi sebuah buku. Atau pun tokoh2 yg menjadi sentral dalam kisah itu.
      Ambillah hal yg baik, hilangkan yg tidak baik.
      Begitulah cara sebenarnya dalam melihat sebuah sejarah masa lalu agar kelak dapat kita implementasikan setelah kita adaptasikan dgn kehidupan sekarang.

  13. Percaya saja Jerman pasti bisa dan bisa mengungguli pesawat siluman Amerika dan Rusia apalagi pesawat cina tiongkok Abal abal..Jaman perang dunia saja senjata senjata Jerman selalu menjadi Pioneer dan selalu unggul Dr senjata sekutu..F22 pun bakal kalah jauh teknologinya

  14. +++

  15. German sllu memberikan kejutan d bidang teknologi alutsista terbukti saat pd 2 german merajai d setiap lini pertempuran,efek dr program hollocaust hitler dkk yg menyisakan manusia2 terbaik ras arya..saat ini pun terbukti german menjadi kiblat teknologi dunia

  16. Kenapa enggak pake tripple engine ? Desainnya tetep bisa siluman kok. Kalo tripple engine tanta after burner sepertinya bisa sampe 3 mach bahkan lebih. Sama satu lagi harus ada kecerdasan buatan untuk menghindari radar dan misil.

    • Jd satu engine 1 mach ya bung.? 3 engine jd 3 mach. Gimana klo 5 engine ya.? hehehe
      bukan masalah triple, double atau single bung utk pencapaian kecepatan tinggi. Tp bergantung design mesinnya.

    • kenapa semua pada fokus pada menghindari radar dan rudal, kenapa tidak menciptakan teknologi semacam “kevlar”-nya pesawat terbang, atau suatu medan daya sebagai perisai bagi pesawat tempur…

      dengan demikian, meski tertembak rudal musuh namun masih bisa bertahan hingga pada tingkat kerusakan tertentu…

      • Nggak mungkin bung,

        Orang walau pakai kevlar jika ditembak masih terpental beberapa meter. Itu karena gaya momentum peluru.

        Kalo bung lihat, jalur kereta jakarta bandung, ada kaca yg bolong dilempar batu oleh anak kecil, walaupun momentumnya anak kecil itu tidak seberapa, namun saat batu menabrak kaca jendela kereta, momentum anak itu bertambah oleh momentum kereta sehingga akhirnya kaca kereta bolong.

        Kebanyakan rudal itu lebih cepat dari pespurnya, jadi jika ditabrak rudal, momentum pespur bertambah dengan momentum rudal, pasti pespurnya hancur walau pakai kevlar.

        • @TN,Phd

          Lah…tapi buktinya istri bung patih pragota…biar gak pake kevlar, waktu ditembak pak patih enggak terpental kok…malah makin lengket tuh…bingung gue?!!!

  17. Kalau pilot or kopilot tertidur atau mati pesawat bisa dkendalikan secara remote dari darat. Mantaab

  18. mantap…mbah nya teknology sudah keluar dari zona nyaman,,,jika ini pesawat selesai, sekelas F22,F35 Lewat…

  19. Kemampuan Jerman SDH tak diragukan lagi.. pivotnya teknologi Eropa.
    Tak ketinggalan Jepang jg meloncat langsung mngmbngkan jet generasi ke 6 dg medium atdx F3..

    https://dwioktanugroho.wordpress.com/2013/06/20/mengenal-konsep-jet-tempur-generasi-ke-enam-6th-generation-fighter/

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)