Home » Headlines » Jerman : NATO Gila Perang

Jerman : NATO Gila Perang

Berlin – Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier menyebut NATO sebagai gabungan negarra yang gila perang. Ia merujuk pada latihan militer yang digelar NATO di sebelah Timur Eropa.

Menurut Steinmer, manuver ekstensif NATO selama bulan ini berakibat kontraproduktif bagi keamanan regional dan dapat memicu naiknya ketegangan dengan Rusia. Steinmer mendesak aliansi militer NATO untuk menukar latihan militer dengan lebih banyak berdialog dan kerja sama dengan Rusia.

Latihan militer yang segera digelar selama dua minggu, melibatkan sekitar 31.000 tentara, termasuk 14.000 personil dari Amerika Serikat, 12.000 dari Polandia, serta 1.000 personil dari Inggris. Latihan juga akan melibatkan belasan jet tempur dan kapal, serta sekitar 3.000 kendaraan perang.

“Apa yang tidak kita lakukan sekarang adalah mengobarkan situasi lebih lanjut melalui tindakan yang memancing tindakan militer dan gila perang,” ujar Steinmer kepada surat kabar Bild am Sontag, 18 Juni 2016.

“Siapa saja yang percaya parade tank secara simbolik yang saat ini dipamerkan aliansi di perbatasan timur, hal yang akan membawa keamanan, adalah salah besar,” ujarnya.

“Kami menyarankan untuk tidak mencari-cari dalih memperbaharui konfrontasi lama,” ujar Steinmer menegaskan.

NATO mengatakan, latihan itu dilakukan untuk menguji kemampuan NATO dalam menanggapi ancaman, dan selalu dilakukan setiap dua tahun. Namun Rusia juga terus mengatakan, militer NATO yang terlalu dekat dengan perbatasan Rusia merupakan ancaman yang harus direspon.

Sumber : Viva.co.id

Tinggalkan Balasan