Jerman Scrap 300 Tank Marder

Sekitar 300 tank marder terparkir di sebelah timur negara bagian Thuringia, Jerman, menunggu waktu untuk dibongkar atau scrap, Tank Marder produksi 1970-an ini, merupakan batch terakhir yang akan dimusnahkan, oleh perusahaan pembongkar kendaraan militer Jerman, Koch GmbH.

“Sebagian besar tank yang ada di sini akan didaur ulang, untuk diambil bagian logamnya. Bagian lainnya dikembalikan ke pabrik pembuat atau Kementerian Pertahanan. Namun sebagian peralatan itu musnah, saat dilakukan las pembongkaran tank”‘ ujar Peter Koch, Managing Director dari perusahaan Koch yang membeli tank bekas ini dari perusahaan Rheinmetall dan Krauss Maffei Wegmann, juga dari Angkatan Darat Jerman atau Bundeswehr.

Tiga pekerja mempreteli peralatan satu tank hingga kosong (green tank) selama dua hingga tiga hari dan sebagian besar menggunakan tangan. Bagian mesin dengan cepat terjual ke perusahaan engineering dan elektronik Jerman dan merupakan spare part yang sangat berharga.

Perusahaan Koch berdiri sejak tahun 1991 dan telah membongkar 16.000 ke dataran militer yang dianggap sudah tua, termasuk 800 tank AS yang menjadi milik Jerman Barat, selama era perang dingin.

Perjanjian pasca perang dingin, Treaty on Conventional Armed Forces in Europe (CFE), 1990, jumlah tank dan peralatan militer yang dimiliki NATO dan Pakta Warsawa dibatasi. Menurut seorang pekerja, hingga tahun 2012, lima atau lebih kendaraan militer baru datang ke tempat pembongkaran Koch di Thuringia, setiap hari. Namun di tahun tahun berikutnya jumlah kendaraan yang datang untuk dimunshaken semakin sedikit.

Koch memperkirakan dibutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk mengosongkan ladang ini. Sebagian besar untuk dibongkar namun sebagian lagi dijual ke negara seperti Indonesia.

Di puncak perang dingin, Jerman memiliki lebih 4000 main battle tank. Hari ini, Angkatan Darat Jerman hanya memiliki 225 unit.

Untuk mengatasi lesunya pasar membongkar kendaraan militer yang sudah lawas, perusahaan Koch menjajaki keberuntungan ke Rusia dan Ukraina, berharap mendapat kontrak membongkar tank atau kendaraan militer tua. Namun adanya krisis di Ukraine, membuat upaya Koch terhenti saat ini.

Tank Marder atau disebut juga Infantry Fighting Vehicle (IFV) Marder, mulai dibebastugaskan oleh Angkatan Darat Jerman, setelah mereka berhasil membuat IFV baru, yakni IFV Puma. (Military.com).

Tinggalkan komentar