JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 172016
 

BG-13-Zwei-SPz-Puma-vor-Zuschauertribuene-1024

Kontraktor pertahanan Jerman Rheinmetall akan menawarkan kendaraan tempur lapis baja Puma yang dikembangkan bekerja sama dengan Krauss-Maffei Wegmann, untuk mengikuti tender pengadaan 450 kendaraan tempur lapis baja Angkatan Darat Australia senilai A$ 10 milyar (US $ 7,1 milyar).

Australia berencana akan menggantikan armada lapis baja tuanya yang terdiri dari dari Australian Light Armored Vehicles (ASLAV) dan kendaraan personel lapis baja M113-AS4 dengan kendaraan tempur infanteri (IFV) yang bersenjata kuat dan lapisan perlindungan yang setara dengan tank Abrams buatan AS dan berkemampuan mengangkut 8 personel bersenjata lengkap dalam program Land 400 Phase 3 Mounted Close Combat Capability, dalam rilis (Request for Information-RFI) yang dikeluarkan Departemen Pertahanan Australia. Batas waktu penyerahan proposal RFI adalah tanggal 22 Februari tahun 2016.

Departemen Pertahanan menyebut program Land 400 merupakan salah satu program ‘peningkatan kemampuan tempur signifikan’ yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pertempuran jarak dekat Angkatan Darat Australia, tulis situs Angkatan Darat Australia.

‘Land 400’ merupakan program pengadaan Kendaraan Tempur Intai (Combat Reconnaissance Vehicle-CRV), Kendaraan Tempur Infantri (Infantry Fighting Vehicle -IFV), Kendaraan Pendukung Taktis (Maneuver Support Vehicle-MSV) dan Kendaraan Latih Terintegrasi (Integrated Training System-ITS).

Prioritas tertinggi untuk Angkatan Darat adalah untuk menggantikan lapis baja ASLAV dengan lapis baja bersenjata CRV yang baru, karena akan segera dipensiunkannya ASLAV pada tahun 2020. Keterlambatan program ini dikhawatirkan akan menimbulkan kesenjangan kemampuan tempur Angkatan Darat Australia.

Lapis baja pengangkut M113 masih dapat tetap bertugas sampai tahun 2030, meskipun tentu saja hanya melaksanakan tugas atau misi yang beresiko rendah setidaknya sampai tahun 2025. Angkatan Darat Australia berencana mengakuisisi sekitar 225 CRV dan sekitar 450 IFV dan MSV.

Puma adalah salah satu IFV terbaru dan paling modern di dunia. Dikembangkan oleh konsorsium Project Systems and Management (PSM), perusahaan patungan antara Rheinmetall dan Krauss-Maffei Wegmann, IFV Puma mulai memperkuat militer Jerman pada bulan Juni 2015.

Berbobot hanya 31,5 ton, IFV Puma adalah kendaraan lapis baja menengah dan dapat dengan cepat diterbangkan ke daerah operasinya. Dengan proteksi lempengan baja komposit dua lapis yang bisa dibongkar pasang untuk memudahkannya saat diangkut pesawat atau kendaraan transportasi lainnya.

Menurut situs PSM, IFV Puma memiliki kemampuan manuver off road yang lebih baik dibandingkan dengan MBT Leopard 2 dan dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 70 kilometer (43 mil) di jalan.

Puma dipersenjatai dengan autocannon stabil MK30-2 ABM (Air Burst Munitions) kaliber 30 mm dengan jangkauan efektif 3.000 m yang terpasang pada turret remote control, juga dilengkapi dengan senapan mesin koaksial HK MG4 5,56 mm sebagai senjata sekunder.

Selain itu, IFV dilengkapi dengan turret peluncur Missile Weapon System SPIKE, sebuah peluncur dengan dua rudal anti tank siap tembak menjadikan Puma mampu menghancurkan kendaraan lapis baja, helikopter dan ancaman lain di garis belakang musuh secara lebih efektif. Peluncur rudal SPIKE memiliki jangkauan efektif hingga 4.000 meter.

Sebuah fitur tambahan lain dari Puma adalah ‘Full Length Crew Compartment’ untuk perlindungan seluruh kru, termasuk pengemudi, penembak dan komandan serta regu infanteri yang terdiri dari enam tentara. Konsep ini meminimalkan volume yang harus dilindungi, sehingga perlindungan awak dapat dimaksimalkan dengan beban yang minimal, rilis situs PMS.

Kompetisi untuk program ‘Land 400’ Angkatan Darat Australia akan sangat sengit. General Dynamic dan Lockheed Martin Corp juga akan mengajukan kendaraan tempur yang dikembangkan untuk Angkatan Darat Inggris, sedangkan BAE Australia akan menawarkan CV90 yang sudah digunakan sejumlah negara Eropa.

Pada tahun 2013, Rheinmetall berhasil memenangkan kontrak senilai US$ 1,5 milyar untuk memasok 2.500 truk ke Angkatan Bersenjata Australia.

Bagikan:

  62 Responses to “Jerman Siap Memasok 450 Kendaraan Tempur Puma kepada Australia”

  1.  

    IFV PUMA VS IFV MARDER ..

  2.  

    Jerman memasok tp dikerjakan di pindad hihihi..

  3.  

    Kalo gitu merder kita harus di upgrade….btw berapa jumlah merdernya ya…..lawan 400 puma aus….

    •  

      kayaknya marder klo diupgrade ciamik juga, suspensi torsi ganti hidrolik kaya puma, armor diupgrade semacam ERA, canon ganti pake oerlikon millenium 35 mm manteb juga….

  4.  

    Tes

  5.  

    puma kalah oleh badak

  6.  

    Haduuh ketinggalan lagi nich teknologi IFVnya kita lo jd dibeli ma Ausit nich puma….?

    •  

      Sbenernya wktu indonesia beli leopard sma jerman indonesia mo nya ifv puma tpi jerman ga ngasih alasan nya karna “ham “…. Tpi intinya indonesia tidak boleh kuat dri australia n singapura.. Jdi yaaa kita dpetnya brang second…

  7.  

    Wadeh.. arsenal..boleh canggih dan banyak..tp..tdk ada yg lebih hebat selain prajurit yg terlatih..di SPR2..langsung tembus ..Meledak d dalm..dan tdk ada prajurit .yg ..sngt militan selain TNI..yg ikut latian bersama langsung pd..kelenger..begitu ..teruji.dlm.ketahanan..seribu alat paling modern..maju..kita tak gentar…

  8.  

    Belilah sebanyak banyak nya niscaya engkau tidak akan bisa menaklukan kami yg mempunyai tekad dan kemauan baja untuk menang.

  9.  

    Galau Galau – yang diselatan mulai Galau
    – Puna – Kasel – Pespur – Borong2
    Buat lawan siapa yo

  10.  

    mau perang sama siapa si aushit…yh pasti untuk lawan di sebelah utara

  11.  

    Mumpung Ausy masih ada uang banyak, beli…beli..beli dan gak perlu buat sendiri. Kalo Indonesia lebih baik buat sendiri dari pada beli, hasilnya pasti lebih mantap.

  12.  

    Mestinya kita harus waspada….
    daripada kita ditusuk…ditusuk…

  13.  

    emang siapa yg ditusuk…ditusuk…bro…

  14.  

    pake RBS-70 NG hancur deh tuh IFV puma

  15.  

    yg pasti kita sering ditusuk…ditusuk…
    pelaku nya tau aja sendiri….ehemm…yg sono..sono…
    mereka gak berani langsung berhadapan…tpi main nya….main tusuk dari belakang….

  16.  

    oooo gitu bro….

  17.  

    walau puma canggih klo sampek nyentu deratan indonesia pasti akan kenatilang jd tenang xixixixi

  18.  

    @ Esdegan maksudnya 8 unit atau 10 unit = maka total 18 unit,..wah bener juga

  19.  

    Penonton 1 : bro..bgmn jika ada Bumerang terbang…???

    Penonton 2 : tenang aja kita pasang BAMBU RUNCING terbang..

    Penonton 1 : yg lainnya ada juga broo..

    Penonton 2 : ada…Kapak 212 terbang…

  20.  

    ada juga TOKEN terbang….
    jaraknya dekat tuch….

  21.  

    + beberapa ratus kopasus dengan SPR nya… Tembus!!

  22.  

    Mungkin lawan tandingnya yg setara utk IFV di indonesia cuma BMP 3F MARINIR. 30mm canon plus bastion missile adalah lawan tanding setara.

  23.  

    450 ifv puma ?

    Itu akan mereka operasikan di tanah Australia saja.

    Mereka tak akan berani mengoperasikannya di wilayah RI.

    Sebab mereka tak akan lolos jika menyeberang.

    Jika pun lolos maka mereka akan berhadapan dengan pesawat serang darat RI ( apache, hawk, tucano, golden eagle)

  24.  

    jangan lupa bg ausi, ntar yg lama nya kasih ke abg aja kan masih bisa di repurbish dg harga sama dg beli baru wkwkwkwk

  25.  

    G kebalik tu. Justru Aussie mau intervensi Indonesia. Haha..

  26.  

    Australia kl ngeborong gk pernah nanggung..mngkn ada anggarannya lgsg dibelanjain biar gk dikorupsi,gak kaya tetangganya anggaran disimpen dibank atau menguap entah kmna

  27.  

    Ya begitulah arm race akan terjadi di negara2 sekawasan bila satu negara mengakusisi yg lainnya akan melakukan hal serupa. kita beli marder aussie, malay, dan sing pasti akan melakukan hal yg serupa spt kita melakukan ketika mereka merencanakan pembelian F35, makanya lebih baik dighoib kan dan agar bisa lbh rahasia alutsista tsb hrs dibuat di dlm negeri spt icbm.

  28.  

    Banyak yang gundah gulana di artikel ini xixixi…

  29.  

    ini perangnya di mana? di papua opo di australia…opo malah di laut timor sana….opo mardernya di ntt dan puma di darwin sono ….rumangsamu

  30.  

    Sudah diterima saja kalau belinya 8-10 biji…

    Tidak perlu membahagiakan diri sendiri dengan asumsi ada pembelian sembunyi-sembunyi

    Lagipula yang lain juga bisa beli sembunyi2. Ndak hanya kita, Singapura Aussie juga bisa

    Menerima kenyataan susah sekali… xixixi…

    •  

      Nama pesawatnya Su-35BM (Boltzshaya Modernizatsiya). Super Flanker a.k.a The Last Flanker. Generasi keluarga Flanker terakhir. Varian Flanker sudah mentok habis di Su-35, sudah buntu. Kalau menurut Bapak Ryamizard lebih baik berhemat agar bisa jor-joran untuk membeli yang lebih canggih, kira-kira apa bung tipe pesawatnya?.

      Jangan-jangan Su-38 Super Fertimbangan. Atau mungkin Su-39 Fikir-fikir?.

      Saya bingung dengan Pak MenHan.

  31.  

    Mending Marder yang hancur dari pada nyawa prajurit hilang

  32.  

    Hai tetangga kalau bosen dihibahkan saja ke Indonesia dengan harga refurbish sama dengan harga beli kamu ke jerman

  33.  

    Kemungkinan untuk persiapan sekaligus penempatan salah satu alutsista tempurnya diwilayah Papua nanti disaat Ausie merupakan salah satu negara yg diminta/ditunjuk untuk mengamankan referendum di Papua yg rencananya menurut sebuah sumber akan dilangsungkan paling lambat thm 2019 atas dukungan AS dan PBB …….. Semoga hal tsb tidak akan pernah terjadi, …. TNI kuat NKRI Jaya!

  34.  

    tank sbs gmn kabarnya ya!!

  35.  

    Wow, anggaran pertahanan utk beli tank sj 7.1 miliar USD, ngelebihin belanja pertahanan Indonesia utk seluruh angkatan.

  36.  

    Hadeeeeeh….Australia ini walaupun jauh dr eropa tp bermental eropa bgt, suka ikut campur urusan org lain (ikut reseh di Timor Timur, ikut perang di Irak, Afganistan, Suriah) pdhl wilayah mereka jauh dr daerah konflik.

  37.  

    nah itu yg susah, pejabat publik dan anggota dpr juga keitung rakyat… abislah duit negara buat mereka… salam kenal bung.

  38.  

    australia berlari kencang untuk mengejar peringkat,sementara Indonesia jalan santai aja(yakin tk mngkin terkejar australia atau nafasnya sudah ngos”an,,??)

  39.  

    nah ini dia, IFV Puma, kita wajib beli ini, ini barang top, sama leopard A7

  40.  

    Logikanya kalau beli 450 sekaligus, barang akan terpenuhi 5-10th
    Di saat itu indonesia pelan” juga beli tandingannya dan mungkin akan update teknologi bro
    Sedikit tapi lebih cetar
    Xixixixixi
    Kyk kasusu f35 vs su 35

  41.  

    Alutsista bagus kalo usernya bagus pasti moncer. Contoh Tentara Saudi kocar kacir ama militan Houthi. Banyak alutsista Saudi hancur dengan gaya perang militan houthi

  42.  

    450 biji itu untuk pencitraan kawasan aja.. Paling2 jadinya 1/3 aja udah hebat..
    Ingat kasus akuisisi Rafale oleh india? Nah itu typical negara yang menjaga dominasi kawasan. Cocok pan sama aushit?

  43.  

    Dulu saat jepang menuju dominasi asia pasifik (1936-1945) pemerintah hindia Belanda langsung memesan 600 MBT dari inggris. Sejarah membuktikan pesana mereka hanya “omong kosong” belaka. Tank mk churcill yang mereka pesan tidak pernah sampai ke tanah hindia belanda.

 Leave a Reply