Dec 132014
 
Krauss-Maffei Wegmann (KMW) menyerahkan MBT 2A7 pertama ke AD Jerman (tengah).  Tank kiri belakang 2A6 Kanada Army

Krauss-Maffei Wegmann (KMW) menyerahkan MBT 2A7 pertama ke AD Jerman (tengah). Tank kiri belakang 2A6 Kanada Army

Krauss Maffei Wegmann -(KMW) menyerahkan versi terbaru MBT Leopard 2A7, kepada Inspektur Jenderal Angkatan Darat Jerman, Letnan Jenderal Rainer Korff pada tanggal 10 Desember di Munich.

MBT Leopard 2A7 merupakan pengembangan dari tipe 2A5, 2A6, dan Leopard 2 varian Operasi Perdamaian, dikombinasikan dengan masukan yang signifikan dari pengalaman operasional MBT Leopard 2 Yang digunakan oleh Kanada dan Denmark di Afghanistan.

Angkatan Darat Jerman telah memesan 20 Leopard MBT 2A7 dan akan segera dikirim dari fasilitas KMW Munich KMW untuk Batalyon Tank 203, yang saat ini mengoperasikan 44 Leopard 2A6s.

Letnan Jenderal Korff menyatakan “Hari ini merupakan hari yang baik untuk Angkatan Darat Jerman” dan “merasa puas dengan Leopard 2A7”.

20 MBT Leopard 2A7 Jerman merupakan hasil konversi dari Leopard 2A6 NL eks Angkatan Darat Belanda yang disuplai oleh Kanada sebagai kompensasi atas Leopard 2A6M Yang diambil dari jatah Angkatan Darat Jerman dan untuk tugas penempatan di Afghanistan.

Angkatan Darat Jerman berharap mendapatkan pembiayaan yang cukup agar memungkinkan melengkapi armada Leopard 2A6 MBT yang ditingkatkan ke Leopard 2A7 standar terbaru.

image

Leopard 2A7 mempertahankan canon Rheinmetall 120 mm L / 55 smooth bore dengan tambahan mampu menembakkan amunisi generasi terbaru Rheinmetall 120 mm (APFSDS-T) DM63 dan juga dapat menembakkan peluru terbaru Rheinmetall DM12 high explosive.

Leopard 2A7 memiliki sejumlah perangkat perlindungan tambahan termasuk generasi terbaru passive armour dan lapisan pelindung perut terhadap ranjau dan alat peledak improvisasi (IED). MBT ini juga dimungkinkan untuk tambahan side protection armour.

Perubahan penting lainnya termasuk instalasi power unit tambahan yang memungkinkan semua subsistem tetap bisa bekerja meski mesin utama dimatikan, sistem AC, ruang kemudi, serta semua sistem kelistrikan kontrol senjata.

image

Leopard 2A7

Komandan tank dilengkapi dengan ruang pandang baru yang mencakup thermal imager generasi ketiga, laser rangefinder, kamera. Petembak juga memiliki pemandangan thermal generasi ketiga.

Wakil Presiden KMW bidang Defense Combat Systems, Ralf Tetzel saat dikonfirmasi IHS Jane mengatakan bahwa program Leopard 2A7 Jerman akan “tepat waktu dan sesuai anggaran”.

Leopard 2A7 telah diuji dan cocok untuk dipasang KMW FLW 200 remote weapon station armed dengan senjata mesin .50 M2 HB, namun belum dipasang saat ini karena alasan anggaran.

  38 Responses to “Jerman Terima Tank Leopard MBT 2A7 Pertama”

  1.  

    Hmmmm

    •  

      kenapa rakyat papua kurang sejahtera …karna banyak pejabat setempat yang korupsi demi kepentingan pribadi..dan hal ini dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang berkeinginan SDA di papua yang dimonopoli,,..adakah perusahaan tambang emas, nekel, dsb terbesar di indonesia telah mensejahterakan masyarakat sekitar…NO..????? makanya kesempatan ini digunakan untuk mengadu domba…supaya melupakan perusahaan tersebut dan tidak menjadi perhatian publik dan dialihkan ke masalah makar…waspadalah 100X..ini permainan pihak ketiga yang punya kepentingan di papua…Salam NKRI

      •  

        Iya @majapahit…saya juga sedih…apa-apa harus perang…kasihan orang kecil yang tidak tahu apa-apa

      •  

        salam hangat bung borneo princess@ semoga dengan kebijakan pak jokowi yg sering berkunjung ke papua bisa buat PAPUA damai dan menjadi provinsi terakhir dulu pas kita masih SD SKRG BANYAK PROVINSI BARU yg benar2 tumbuh rasa nasionalisme nya …

    •  

      Banyak kepentingan yang ikut disini, semoga pemerintah lebih jeli, mungkin betul juga saran beberapa pengamat militer untuk mengganti kepala BIN.

    •  

      ya opm bisa berontak jg pasti ada penyebabya, seperti pepatah blg gak mungkin ada asep kl gak ada api, tinggal pemerintah pinter2 aja cari jalan keluar.

      •  

        mmmmmm (sambil mikir)……….hehehehehe

      •  

        ……. saya rela mati demi nkri itu sudah pasti tapi sebagai manusia biasa anak dan istri mau dikemanakan setelah saya mati kan cuma masalah perut toh.

        Semangatnya oke tapi untuk masalah perut menurut saya meskipun tanpa adanya PT. F…… atau pun pemerintah RI sekalipun rakyat papua/ rakyat manapun pasti makan untuk mengisi perut karena itu sifat alamiah sebagai mahkluk hidup.
        Apakah dengan merdeka menjadi jaminan perut akan kenyang?
        #garuk2 kepala sambil ngopi

      •  

        ya itu mungkin jd alesan dia org salah satunya

    •  

      Saya tak mengerti politik. Cuma ingin berkomentar kalau OPM ini lebih “hebat” dari GAM. Saya pernah merasakan medan pertempuran menghadapi keduanya makanya saya bisa menyimpulkan demikian. Dengan senjata alakadarnya, OPM nekat menghadang pasukan yang sedang patroli dan menyerang pos keamanan secara terang-terangan. Medan di papua juga luar biasa menyeramkan

      •  

        Menarik bung..seandainya sj anda merangkum dlm sebuah artikel akan membuat yg dsini mjd lebih paham situasi disana.trims.

        •  

          Wah jangan mas. Karir saya bisa habis nanti

        •  

          Habis gimana mas? Kan mas cm memaparkan soal kondisi di lapangan dan itu bkn rahasia karena disana ada jutaan sipil yg melihat dgn mata kepala sendiri…kecuali itu menunjukkan penyebab lemahnya TNI yg tdk bisa mencabut duri yg sudah puluhan tahun menancap di di kaki…kalau sekali kepruk oleh TNI sy yakin separatis atau apapun namanya akan hilang dr muka bumi indonesia…ini kejahatan sistematis terhadap negara yg dilakukan politisi dan kapitalis birokrat untuk memelihara agar separatis tetap ada untuk kepentingannya…

        •  

          Mas Wehr secara tidak langsung sudah menjawabnya. Satu lagi mas, isu HAM masih menjadi momok dan dapat dimainkan kapan saja oleh “mereka” disana.

      •  

        OPM ini kan sejak orba sampe skrg kaga tuntas2..
        sudah puluhan tahun berganti generasi, perkembangan yg sepertinya mengarah MUNDUR.

        memang banyak yg berspekulasi keberadaan OPM justru dipertahankan ADA oleh militer kita, terdengar ironis memang,

        adalah hal aneh sekian lamanya waktu berjalan, tidak bisa memisahkan IKAN BELANG dari kolamnya, kecuali memang tetap dikembangbiakan ikan tsb oleh sipemiliknya, dgn tujuan yg tidak jauh2 masih seputar urusan perut sebagai simbiosis mutualisme dgn Freeport.

  2.  

    mantap jerman

  3.  

    hanya sedikit pengembangan toch dr yg kita punya….hmmmm (sok paham akut)

  4.  

    Smga NKRI bsa jga jdi user MBT series

  5.  

    Maju terus Indonesiaku..

  6.  

    Pengganti posisi lowong yg dikirim ke Indonesia??

  7.  

    indonesia sdh punya mbt leopard,saya rasa kita skrg butuh tank medium tp memiliki kemampuan setara mbt

  8.  

    http://www.pasberita.com/2014/11/diduga-membocorkan-rahasia-pertahanan.html

    Apa bener ya kejadian ini?mohon petunjuk dr temen2 skalian

  9.  

    wong MBT kita gak cuma satu jenis :mrgreen:

  10.  

    Desain mbt cikarang yg beberapa wkt lalu pernah ditampilkan jkgr lbh elegan.
    Andai sj itu dijadikan mbt tni, mk amat membanggakan. Krn itu hasil inovasi sendiri dan bobotnya tdk seberat leopard yg sempat diperdebatkan kelaikannya utk dioperasikan di-RI.
    Mimpi.com

  11.  

    Apakah Mbt Leopard 2A7 itu sama dengan MBT Leopard Revolution yg dipesan TNI ???

  12.  

    untuk semua teman2 warjager tolong dong… hilangkan kata OPM atw organisasi papua merdeka, demi keutuhan NKRI mulai saat ini kita sebut saja mereka kelompok teroris papua atau extrimis papua, dan bwt pemerintah indonesia pendekatan kesejahteraan adalah solusi jitu untuk meredam dukungan rakyat papua trhadap gerakan merongrong NKRI, sy sangat berharap pembangunan di papua benar2 di awasi agr uang negara tdk di kirupsi pejabat setempat dan rakyat papua terus sengsara.

    •  

      Saya setuju dengan bung sufi muda, seperti Turki yg mencap PKK (Kurdi: Partiya Karkerên Kurdistan) sebagai teroris (didukung oleh anggota NATO lain) jelas2 OPM mengacaukan keamanan kehidupan masyarakat papua, disamping memang kewajiban pemerintah mensejahterakan penduduk disana baik dr infrastruktur dan SDM. Utk Komnas HAM, Harusnya dipilah (sepertinya mereka lebih suka NKRI terpecah), dengan hal2 berbau HAM dihembuskan, bagai bunga menarik kumbang bagi LSM dan kepentingan asing utk menyudutkan Indonesia. OPM adalah Teroris …. dan Jelas Perlakuan utk Teroris, semoga pemerintah bisa Tegas dalam diplomasi menyangkut teritorinya.

  13.  

    Ada yang Tau apa bedanya Tank Leopard REVOLUTION DAN EVOLUTION 🙂

  14.  

    ane pernah ke sorong, kalau melihat pembangunan cukup pesat, tapi memang tahap civilisasi antara papua dengan yang datang kemudian agak besar, jadi ini perlu dimanage dengan baik, orang papua sendiri sebetulnya juga pendatang hanya datangnya lebiih duu

  15.  

    teroris papua kan tumbuh subur slama para ular2 masih berkeliaran.seharusnya indonesia mengakhiri hubungan dengan australia karena slama ini merekalah yang menjadi penyokong utama seperti timor timur dulu.janganlah slalu mengatakan perbedaan sosial.semua itu tergantung diri masing2.klao mao usaha tentunya hidup pasti ada perubahan.

 Leave a Reply