May 192017
 

Pesawat WC-135 Angkatan Udara Amerika Serikat. (theaviationist.com)


Dua jet tempur Su-30 milik militer Tiongkok mencegat pesawat WC-135 Amerika Serikat yang dinilai sebagai aksi tidak profesional.

Pesawat Amerika Serikat yang dirancang untuk mendeteksi radiasi itu dicegat jet tempur Tiongkok saat terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Cina Timur, pada Kamis.

“Masalahnya sedang ditangani dengan Tiongkok melalui saluran diplomatik dan militer yang tepat,” ujar juru bicara Angkatan Udara Amerika Serikat, Letnan Kolonel Lori Hodge.

Hodge menyampaikan penilaian Amerika Serikat atas insiden tersebut didasarkan pada laporan awal dari awak udara yang berada dalam pesawat WC-135 Constant Phoenix, atas manuver pilot Tiongkok, serta kecepatan dan jarak kedua pesawat terbang tersebut.

Hodge mengatakan bahwa WC-135 melaksanakan misi rutin pada saat kejadian dan beroperasi sesuai dengan hukum internasional.

Tiongkok menaruh curiga terhadap aktivitas militer Amerika Serikat di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya.

Sebelumnya pada 8 Februari, satu pesawat mata-mata Angkatan Laut Amerika Serikat P-3 Orion dan satu pesawat militer Tiongkok saling berdekatan satu sama lain di Laut Cina Selatan. Insiden itu dianggap Angkatan Laut Amerika Serikat sebagai tindakan yang berbahaya.

Sumber: Antara

  18 Responses to “Jet Su-30 Tiongkok Cegat WC-135 Amerika Serikat”

  1. Kok embernya sobek bung? Diserempet su-30 chin chin ya

  2. Waduh, kemaren ada “isinya”…(TAI) turki aeronautics industries…
    Sekarang ada “tempat buangnya”…(WC) pesawat wc-135…
    Hihihi

  3. asu kamu terrrllaalluu..oh tidak china.aku lakukan dmi dirimu china…hihihihi

  4. Wow bkln seru neh di lcs hahahaha

  5. kebanyakan nonton film Top Chink..eh Top Gun

  6. cowboy tengil vs wongfei hung.biasa itu mah….dalam dunia gonto2an.nikmati saja pertarungan keduanya ditemani sekarung popcorn di bioskop kesayangan anda.

  7. Bawalah dulu F 15 SE buat kawal …mungkin lain ceritanya.

  8. WC aja sampek 135, wkwk

  9. lah nda masuk c0melanku

  10. Yang satu LCS dan LCT merasapunyanya, yg satu lg kurang kerjaan main2 ngubek2 wilayah orang jauh dr kandangnya, kan sama2 paranoid sok yg paling hebat sedunia!

 Leave a Reply