Okt 292017
 

Su-34 Rusia usung Khibiny di ujung sayap (Russian MoD)

Astrakhan. Jakartagreater.com. 10 Fighter bomber Su-34 Rusia melakukan latihan perang elektronik di wilayah Astrakhan, di selatan Rusia, untuk mengaplikasikan alat dari pengalihan elektronik (electronic suppression), Khibiny, ujar situs Kementerian Pertahanan Rusia, 27/10/2017.

Selama latihan, awak pesawat pembom Su-34 di Distrik Militer Barat (ZVO) yang ditempatkan di wilayah Voronezh, berhasil memanfaatkan electronic suppression Khibiny.

Pilot militer melakukan latihan penerbangan dengan jarak lebih dari seribu kilometer ke area yang dianggap tidak dikenal di lokasi uji coba Kapustin Yar.

Dalaml latihan ini, para awak menyelesaikan tugas dalam mengatasi radar berbasis darat untuk mendeteksi senjata pertahanan udara.

Dengan menggunakan Khibiny, mereka menciptakan target palsu untuk fasilitas peringatan dini berbasis darat, menyembunyikan lokasi mereka dari layar radar dan meluncurkan serangan elektronik ke fasilitas pertahanan udara.

Untuk menyelesaikan tugas tersebut, sekitar 10 pembom Su-34 dan lebih dari 300 petugas dan staf teknik Resimen Penerbangan Bomber Angkatan Udara terlibat.

Su-34 Rusia usung Khibiny di ujung sayap (Russian MoD)

Khibiny

Khibiny adalah sistem perang elektronik canggih yang dipasang di pesawat yang mampu menjamming sistem radar senjata pertahanan udara. Khibiny merupakan pod kecil berbentuk torpedo di wingtip pesawat, untuk menyembunyikan pesawat dengan tudung pelindung radio-elektronik begitu serangan rudal telah terdeteksi.

Tudung pelindung mencegah rudal mencapai target dan membuatnya menyimpang dari jalur. Menurut perusahaan KRET, Khibiny meningkatkan survivabilitas pesawat hingga 25-30 kali, ujar Seagel.com.

Pod Khibiny ini adalah hasil pelajaran yang didapat selama konflik dengan Georgia pada tahun 2008 dimana semua pesawat yang hilang/ tersasar, tidak dilengkapi dengan sistem electronic warfare (EW) yang menjadi penyebab utama mereka tertembak.

Sistem jamming Khibiny telah berhasil diuji beberapa lama di lapangan di Buryatia, Federasi Rusia. Angkatan Udara Rusia berencana meminta pemasangan jammer Khibiny pada semua jet canggihnya seperti Su-30SM, Su-30M2, Su-34 dan Su-35 (Khibiny-10V). Khibiny-10V adalah versi yang terpasang secara internal dan bukan di ujung sayapnya.