Jet Tempur AV-8B Korps Marinir AS Jatuh di Djibouti

29
Jet tempur AV-8B Harrier milik Korps Marinir AS © USMC via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sebuah pesawat tempur AV-8B “Harrier” milik Korps Marinir AS telah jatuh di Djibouti tak lama setelah lepas landaas atau take-off. Pesawat itu adalah bagian dari detasemen VMM-162, dari Unit Ekspedisi Marinir ke-26, yang berada di negara Afrika Timur untuk latihan perang amfibi tahunan “Alligator Dagger”, seperti dilansir dari situs Korps Marinir AS. (3 April 2018).

Laporan mengatakan bahwa hidung pesawat AV-8B tersebut naik dengan cepat ketika sedang lepas landas dari landasan pacu, sehingga pilot harus menyelamatkan dengan kursi lontar. Nasib dari jet tempur tersebut masih belum jelas, tetapi saksi melihat pilot berjalan sendiri menuju ambulan.

“Dokter mengatakan bahw pilot dalam kondisi stabil saat dievaluasi di fasilitas ekspedisi medis di Camp Lemonnier”,menurut keterangan Armada Kelima Angkatan Laut AS

Dan menambahkan bahwa tidak ada laporan cedera terhadap personil dilapangan atau adanya kerusakan infrastruktur di bandara tersebut. Bandara Internasional Ambouli di Djibouti tetap terbuka.

Camp Lemonnier di Djibouti adalah satu-satunya pangkalan militer resmi AS di Afrika dan merupakan rumah bagi lebih dari 3.000 personel yang dikerahkan, serta kontraktor dan unit militer sementara yang melakukan misi pelatihan “Alligator Dagger” dan juga operasi jangka pendek lainnya.

Detasemen jet tempur taktis berputar mengitari pangkalan militer “Camp Lemonnier” secara konsisten untuk melaksanakan operasi kontingensi dan juga untuk melakukan serangan udara di Yaman.

Situs Korps Marinir AS menyebutkan bahwa penyebab dari kecelakaan tersebut saat ini sedang dalam penyelidikan.

8 KOMENTAR