Jul 252017
 

Jet Tempur J-10 Angkatan Udara China. Foto: Airliners.net

Washington – Dua jet tempur China mencegat pesawat pengintai Angkatan Laut AS  pada akhir pekan lalu, di Laut China Timur, salah satu jet tempur China mendekat dalam jarak sekitar 91 meter dari pesawat AS, kata pejabat AS pada hari Senin, 24 Juli 2017.

Pejabat AS yang tidak disebut jati dirinya, mengatakan bahwa laporan awal menunjukkan salah satu jet tempur J-10 milik China berada cukup dekat dengan pesawat EP-3 milik AS, yang membuat jet pengintai AS itu berbalik arah.

Salah satu pejabat mengatakan bahwa jet China tersebut dipersenjatai dan penyergapan tersebut terjadi sekitar 148 kilometer dari kota Qingdao, China. Pihak Pentagon menyebut bahwa pertemuan kedua pesawat itu membuat keadaan menjadi semakin tidak aman, tapi sebagian besar interaksi berlangsung aman.

Kejadian seperti pencegatan jet AS oleh jet tempur China pada hari Minggu, 23 Juli 2017 itu cukup sering terjadi.

Pada Mei 2017, dua jet tempur Su-30 China mencegat pesawat pengintai Amerika Serikat yang dirancang untuk mendeteksi radiasi, saat pesawat tersebut terbang di ruang udara internasional di Laut China Timur.

China memantau secara ketat setiap kegiatan militer AS disepanjang garis pantainya.

Pada 2001, pencegatan pesawat intelijen AS oleh sebuah jet tempur China menyebabkan terjadinya tabrakan yang mengakibatkan pilot jet tempur China tewas. Pesawat AS pun dipaksa melaksanakan pendaratan darurat di sebuah pangkalan udara di Hainan.

Sebanyak 24 awak pesawat AS ditahan selama 11 hari, hingga Washington meminta maaf atas insiden tersebut. Kejadian tersebut memperburuk hubungan AS-China pada masa-masa awal jabatan pertama presiden George W. Bush.

Pada bulan lalu, Amerika Serikat meluncurkan simulasi rudal balistik jarak menengah, yang hampir sama dengan yang dikembangkan oleh Korea Utara, dalam sebuah uji coba sistem pertahanan THAAD.

AS telah menempatkan sistem THAAD di Korea Selatan pada tahun ini guna meningkatkan kewaspadaan terhadap rudal jarak pendek Korea Utara. Penempatan THAAD, mendapat kritik keras dari China, yang mengatakan bahwa sistem radar tersebut dapat menjangkau hingga ke dalam wilayah mereka.

Antara/Reuters.

Bagikan:

  4 Responses to “Jet Tempur China Cegat Pesawat Pengintai AS”

  1.  

    hajar cin.. g usah cingcau

  2.  

    cina, rusia, korut, yordania, iran dn suriah adlh contoh negara yg sukses diatas penderitaan rakyat dg mengambil untung dr setiap konflik di negara sahabatnya msing2, pertahanan udara dn kelautan mrk itu dibangun tanpa melibat politik dagang negara tetangga, sehingga sering berbenturan di area internasional
    .. mamarica itu superior hy krn ada negara lain yg membutuhkan, mrk ga mgkin melakukan kejahatan tanpa aktor diktator dr negara lain.. contoh UEA yg terkuak dgn berita perintah utk meruntuhkan aljazairnews kpd mamarica

 Leave a Reply