Jet Tempur China Dengan Rudal BVR-AAM Generasi Baru

Jet tempur J-10C China membawa rudal udara-ke-udara jarak dekat PL-10 dan rudal udara-ke-udara jarak jauh PL-15. © Defence Blog

Sebuah jet tempur J-10C dengan rudal udara-ke-udara generasi baru yang dibawa pada ujung sayap telah terlihat di China, seperti dilansir dari Defence Blog.

Menurut media China, jet tempur J-10C tersebut membawa rudal udara-ke-udara (AAM) jarak dekat PL-10 dan rudal udara-ke-udara jarak jauh PL-15.

Rudal PL-10 adalah rudal udara-ke-udara jarak pendek generasi baru buatan China. Rudal tersebut memiliki jangkauan maksimum sejauh 20 km. Rudal ini memiliki sistem pemandu inframerah disegala cuaca. Rudal PL-10 dikembangkan oleh Akademi Sains dan Teknologi Shanghai untuk digunakan pada jet tempur modern buatan China seperti jet siluman J-20.

Rudal PL-15 adalah rudal udara-ke-udara jarak jauh atau diluar jangkauan visual biasa juga disebut sebagai rudal BVR-AAM. Media China mengatakan, PL-15 bisa mencapai lebih dari 300 km dengan kecepatan lebih dari 4 Mach.

Rudal AAM jarak dekat PL-10 dan rudal BVR-AAM PL-15 dibawah sayap jet tepur J-10C China. © Defence Blog

Dengan menggabungkan mesin ramjet, jangkauannya dapat mencapai antara 150 – 200 km, dan juga kemampuan manuver terminal. Rudal PL-15 dapat mendeteksi, menyerang serta menghancurkan target dengan input minimum dari kru udara/pilot.

Sejumlah pakar militer mengatakan bahwa rudal PL-15 dirancang untuk mendapatkan dan mempertahankan superioritas udara, untuk menembak jatuh pesawat tanker atau pesawat peringatan dini dan kontrol udara (AEW & C) tanpa pertahanan dari jarak 300 kilometer.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar