Jul 172017
 

Jet tempur J-10C China membawa rudal udara-ke-udara jarak dekat PL-10 dan rudal udara-ke-udara jarak jauh PL-15. © Defence Blog

Sebuah jet tempur J-10C dengan rudal udara-ke-udara generasi baru yang dibawa pada ujung sayap telah terlihat di China, seperti dilansir dari Defence Blog.

Menurut media China, jet tempur J-10C tersebut membawa rudal udara-ke-udara (AAM) jarak dekat PL-10 dan rudal udara-ke-udara jarak jauh PL-15.

Rudal PL-10 adalah rudal udara-ke-udara jarak pendek generasi baru buatan China. Rudal tersebut memiliki jangkauan maksimum sejauh 20 km. Rudal ini memiliki sistem pemandu inframerah disegala cuaca. Rudal PL-10 dikembangkan oleh Akademi Sains dan Teknologi Shanghai untuk digunakan pada jet tempur modern buatan China seperti jet siluman J-20.

Rudal PL-15 adalah rudal udara-ke-udara jarak jauh atau diluar jangkauan visual biasa juga disebut sebagai rudal BVR-AAM. Media China mengatakan, PL-15 bisa mencapai lebih dari 300 km dengan kecepatan lebih dari 4 Mach.

Rudal AAM jarak dekat PL-10 dan rudal BVR-AAM PL-15 dibawah sayap jet tepur J-10C China. © Defence Blog

Dengan menggabungkan mesin ramjet, jangkauannya dapat mencapai antara 150 – 200 km, dan juga kemampuan manuver terminal. Rudal PL-15 dapat mendeteksi, menyerang serta menghancurkan target dengan input minimum dari kru udara/pilot.

Sejumlah pakar militer mengatakan bahwa rudal PL-15 dirancang untuk mendapatkan dan mempertahankan superioritas udara, untuk menembak jatuh pesawat tanker atau pesawat peringatan dini dan kontrol udara (AEW & C) tanpa pertahanan dari jarak 300 kilometer.

  5 Responses to “Jet Tempur China Dengan Rudal BVR-AAM Generasi Baru”

  1. Pertamax ngeri

  2. Bolehla klu pake sendiri, RI jgn beli!

  3. Jadi mana yang bener nih? jangkauan 150 – 200 km atau 300 km (versi media lokal China)

  4. 150 km jika diekspor ke RI.

    300 km jika dipakai sendiri.

  5. Ngeri juga kalau benar klaim 150KM -200KM Menghancurkan target Input Minimum, secara belum terbukti masih sebatas klaim.

    Sisanya kemampuan radar Pespur chino sanggup deteksi target yg nilai inputnya berapa biar enak diitung target mana yg bisa disodok ni rudal..
    Huehuehuee

    Moncer ni barang *Opsss :v

 Leave a Reply