Jet Tempur dan Pembom Sukhoi dari Masa ke Masa

Salah satu pembuat pesawat militer dan sipil Rusia yang paling terkenal, biro construction Sukhoi, menandai hari jadinya yang ke-80. Media RT menggambarkan beberapa desain yang paling menonjol dari pesawat tempur Sukhoi – dari masa lalu dan masa depan.

Perusahaan Sukhoi berutang nama kepada insinyur terkemuka pertamanya – Pavel Sukhoi – dan melacak sejarahnya kembali ke tahun 1939, ketika timnya ditugaskan meluncurkan produksi serial mesin pertama – pembom ringan Su-2. Sukhoi sendiri sudah merupakan insinyur pesawat terbang yang sangat berpengalaman saat itu, yang telah bekerja bertahun-tahun bersama perancang pesawat Soviet terkemuka lainnya, Andrei Tupolev.

Sukhoi Su-2

Su-2: Yang pertama
Su-2 adalah pesawat ‘milik’ pertama Sukhoi – dikandung, diuji dan dioperasikan oleh tim. Pesawat itu adalah pembom ringan dua kursi bermesin tunggal, yang mampu melakukan misi pengintaian dan close air support.

Sekitar 900 pesawat jenis itu dibangun, dan secara aktif digunakan oleh Tentara Soviet selama tiga tahun pertama dari apa yang kemudian dikenal sebagai Great Patriotic War. Namun, Su-2 adalah satu-satunya pesawat yang diproduksi seri Sukhoi selama era Perang Dunia II. Desain lain, seperti pesawat tempur Su-1 dan Su-3, masih berupa prototipe atau diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Sukhoi Su-7

Su-7: Jet pertama
Tim insinyur Sukhoi adalah salah satu yang pertama bereksperimen dengan pesawat jet di Uni Soviet, menerjunkan kekuatan campuran (baling-baling dan jet) Su-5 dan prototipe turbofan Su-10 pada 1940-an. Desain terkena hambatan ketika tim itu dibubarkan pada tahun 1949 – dan mulai dipasang kembali pada tahun 1953.

Su-7 fighter-bomber menjadi pesawat seri turbojet pertama Sukhoi, yang diadopsi oleh militer Soviet pada tahun 1960 dan digunakan sampai akhir 1980-an. Hampir 2.000 pesawat diproduksi dan digunakan secara luas di Uni Soviet dan negara-negara lain. Su-7 diyakini masih beroperasi hanya di Korea Utara.

Sementara tim memiliki pengalaman paling banyak di bidang pesawat pembom, hingga akhirnya menghasilkan pesawat tempur murni sendiri. Sukhoi menurunkan Su-9 pada akhir 1950-an dan versi yang ditingkatkan Su-11 tidak lama kemudian.

An air-to-air right side view of a Soviet Su-15 Flagon aircraft.

Su-15 akan menjadi puncak jet tempur Sukhoi selama era Soviet. Diteruskan pada pertengahan 1960-an, Su-15 tetap menjadi tulang punggung unit pertahanan udara Uni Soviet sampai jatuhnya negara itu. Pencegat itu terlibat dalam sebagian besar insiden yang melibatkan pesawat yang melanggar wilayah udara Soviet.

Pesawat tempur Su-27SM3 Flanker © Wix.com

Hingga akhirnya lahirlah Su-27 revolusioner (dan penerusnya yang banyak dimodernisasi, Su-30 dan Su-35). Jet tempur itu menjadi pekerja keras, yang tetap beroperasi aktif di Rusia dan di seluruh dunia. Pesawat tempur yang terbukti andal dan gesit

Sukhoi tetap membuahkan hasil di era pesawat jet pembom, dengan perusahaan merancang dan membangun berbagai pesawat serang darat.

Keluarga pembom tempur Su-17/20/22 menjadi salah satu yang paling banyak diproduksi oleh Sukhoi, dengan sekitar 3.000 pesawat jenis ini dibuat – dan masih tetap beroperasi di beberapa negara.

Sementara Su-24 menunjukkan tanda-tanda sudah termakan usia, namun tetap menjadi kekuatan kuda pasukan Aerospace Rusia. Pembom taktis telah terlibat penggunaan aktif selama operasi anti-terorisme yang sedang berlangsung di Suriah.

Penggantinya, Su-34, sudah dalam pelayanan dan terus mengganti sepupunya yang lebih tua di skuadron pembom Rusia.

Su-25 dan varian yang dimodernisasi tetap menjadi pesawat pendukung serangan udara jarak dekat dari pasukan Wilayah Udara Rusia. Bersenjata berat dan lapis baja, pesawat ini telah membuktikan dirinya dalam berbagai konflik di seluruh dunia.

Su-57 Rusia. (@ UAC | Vadim Savitsky)

Perusahaan Sukhoi telah mengembangkan satu-satunya jet tempur generasi ke-5 Rusia – Su-57, juga dikenal selama pengembangan sebagai PAK FA dan T-50. Setelah pengujian ekstensif terhadap selusin prototipe, pesawat tempur mutakhir telah memasuki produksi serial awal tahun ini.
RT.com

TERPOPULER

Tinggalkan komentar