Jet Tempur F-16 Israel Jatuh di Wilayah Utara

Jet tempur F-16i “Sufa” Angkatan Udara Israel. © via Israel Air Force (IAF)

JakartaGreater.com – Sebuah jet tempur F-16i “Sufa” milik Angkatan Udara Israel (IAF) jatuh di wilayah utara negara tersebut, turur juru bicara militer Israel kepada Sputnik pada hari Sabtu, 10 Februari.

“Saya bisa memastikan bahwa sebuah pesawat jatuh di sebelah utara Israel namun kami tidak memiliki informasi tentang korban jiwa”, kata juru bicara tersebut. Dia tidak berkomentar mengenai penyebab kecelakaan itu.

Saluran televisi Israel melaporkan bahwa pesawat yang jatuh tersebut merupakan jet tempur F-16i “Sufa”. Sebelumnya, militer Israel mengumumkan bahwa helikopternya telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak milik Suriah yang disebut Israel sebagai buatan Iran.

Sejumlah media lokal Israel melaporkan bahwa militer melakukan beberapa serangan udara di wilayah Suriah. Hal ini membuat Damaskus bereaksi dengan menulis surat ke Sekjen PBB Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB, untuk meminta bantuan.

Kementerian Luar Negeri Suriah juga menuduh bahwa Israel telah mengkoordinasikan aksinya dengan kelompok teroris, dan mengatakan bahwa Israel merupakan ancaman bagi keamanan global.