Jet Tempur F-16 Israel Jatuh di Wilayah Utara

53
21
Jet tempur F-16i “Sufa” Angkatan Udara Israel. © via Israel Air Force (IAF)

JakartaGreater.com – Sebuah jet tempur F-16i “Sufa” milik Angkatan Udara Israel (IAF) jatuh di wilayah utara negara tersebut, turur juru bicara militer Israel kepada Sputnik pada hari Sabtu, 10 Februari.

“Saya bisa memastikan bahwa sebuah pesawat jatuh di sebelah utara Israel namun kami tidak memiliki informasi tentang korban jiwa”, kata juru bicara tersebut. Dia tidak berkomentar mengenai penyebab kecelakaan itu.

Saluran televisi Israel melaporkan bahwa pesawat yang jatuh tersebut merupakan jet tempur F-16i “Sufa”. Sebelumnya, militer Israel mengumumkan bahwa helikopternya telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak milik Suriah yang disebut Israel sebagai buatan Iran.

Sejumlah media lokal Israel melaporkan bahwa militer melakukan beberapa serangan udara di wilayah Suriah. Hal ini membuat Damaskus bereaksi dengan menulis surat ke Sekjen PBB Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB, untuk meminta bantuan.

Kementerian Luar Negeri Suriah juga menuduh bahwa Israel telah mengkoordinasikan aksinya dengan kelompok teroris, dan mengatakan bahwa Israel merupakan ancaman bagi keamanan global.

53 KOMENTAR

  1. Klo yg kena misile pswat dari ASU beritanya trlalu ditutup”i… Brusha mngalihkan isu.. Giliran pswat rusia yg kena misile smua pda heboh.. Apa takut pswatnya ASU kagak laku gag batel pulpen.. Pswat cap kadal sdah pantas klo kenal misilnya rusia jatuh… Wkwkwk

  2. Setelah jatuhnya frogfoot dan terbunuhnya seratusan milisi pro assad,koalisi rusia -iran-suriah mulai bermain lebih “dalam” dan penuh resiko,terbukti drone iran yg berhasil masuk wilayah israel adalah hal yg “sangat langka” dan tak mungkin tanpa izin dr rusia utk menerbangkannya sampai ke israel karena itu sinyal jelas bahwa mereka pun “bisa” dan siap berperang secara total..awal dr ww3 kah?

  3. Sudah memasuki peperangan teknologi ini…F16 ada seri tertingginya dan sekarangpun masih diproduksi…(kalo ada yg mau beli)..begitupun juga SAM,SAM S200(menurut isu),..ada tipe tertingginya S500,…nah dari peristiwa ini kita dapat menilai,wwlaupun sistem yg lama kalo penggunanya mahir tetap mematikan,…bisa untuk perbandingan ke kita..untuk belanja PESPUR maupun SAM…jangan mendiskreditkan yg satu atau laennya…yang penting utk kita(indonesia) pas dikantong,mematikan,..dan mampu merawatnya…

  4. Babak baru ni f15 dan F-16 Israel kena nunggu konfirmasi aj…hmmm nasib F-16 indo Kya ap ya?sepertinya ga akan ada takut ma f16 punya indo versi downgrade lagi…buat hore2 aj Ni pesawat…disaat banyak negara utama ogah lgi bli Ni barang…seolah2 USA menawarkan f16 v sebagai penyelamat bagi TNI AU yg menurut gue kita hanya dikadalin usa biar produksi f16 tetap jalan..ohh malangnya negeriku…klo mau lebih baik beli su 30 atau 35,kalau memang mau menjaga perasaan negara2 barat paling nggak beli Rafale,typhoon atau f15 /f18…