Jet Tempur F-16 Taiwan Menghilang dari Layar Radar

JakartaGreater – Angkatan Udara Taiwan telah mengkonfirmasi kehilangan kontak dengan salah satu jet tempur F-16, yang menghilang dari layar radar Selasa malam 17 November 2020 selama sesi pelatihan, menurut laporan UDN, dirilis Taiwannews.com.tw, 17-11-2020.

Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan melaporkan bahwa jet tempur F-16 lepas landas dari Hualien pada pukul 18:05, untuk pelatihan malam, tetapi menghilang dari layar radar pada pukul 18:07. Pesawat menghilang 8 mil laut (15 kilometer) Timur laut Bandara Hualien. Pesawat yang hilang itu sedang berlatih dengan 2 jet tempur lainnya.

CNA mengutip MND yang mengatakan bahwa jet F-16 kursi tunggal, nomor seri 6672, dikemudikan oleh Kolonel Chiang Cheng-chih. Chiang, 44 tahun, tinggal di Kotapraja Shuishang, Kabupaten Chiayi, bersama istri dan ibunya.

Menurut Pusat Komando Penyelamatan Nasional (NRCC), satu Helikopter Black Hawk lepas landas dari Bandara Songshan pada pukul 6:25 malam, untuk mencari pesawat yang hilang.

Sementara kapal penjaga pantai telah dikirim untuk bergabung dalam misi pencarian dan penyelamatan. Korps Layanan Lintas Udara Nasional diminta untuk menunggu sampai pemberitahuan lebih lanjut, menurut UDN.

Stasiun Radio Perikanan dan Stasiun Radio Pesisir Keelung juga telah diminta untuk menyiarkan berita tersebut ke kapal-kapal terdekat untuk mendapatkan bantuan dalam mencari pesawat tersebut.

Satu pernyataan Angkatan Udara mengatakan sedang mencoba untuk menentukan dengan tepat apa yang telah terjadi, dan akan memberi tahu media ketika mengetahui lebih banyak, CNA melaporkan.

Ada 7 insiden penerbangan yang melibatkan jet tempur F-16 Angkatan Udara Taiwan yang hilang atau jatuh selama bertahun-tahun sebelum insiden terbaru, menurut laporan media.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar