JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 022014
 
F-35A di atas Nevada, AS

F-35A di atas Nevada, AS

Washington DC – Pentagon dan Lockheed Martin telah menyepakati biaya untuk jet tempur F-35  (LRIP 8) dan setelah kontrak selesai harga akan diumumkan. Tetapi secara umum harga rata-rata untuk ketiga jenis F-35  akan lebih murah sekitar 3,6%  dari LRIP 7.  Di bawah LRIP 8, AS akan menerima 29 pesawat (19 model A, 6 B model, dan 4 model C),  dua F-35A untuk Israel, empat F-35A untuk Jepang. Italia dan Norwegia juga masing-masing akan menerima dua model A. Sementara empat model B untuk Inggris.  Pengiriman pesawat ini akan dimulai  tahun 2016.

Jet Tempur F-35B

Jet Tempur F-35B

“Setelah produksi LRIP 8 pesawat selesai, lebih dari 200 jet tempur F-35 akan dioperaikan oleh delapan negara (27/10/2014).  Kami senang Pemerintah danLockheed Martin sedang menyelesaikan kontrak yang adil dan wajar”, Letjen Chris Bogdan.

by:  Alto DarisBiro Bogor

Sumber: Reuters

Berbagi

  88 Responses to “Jet Tempur F-35 Siap Disebar”

  1.  

    siap jajal nih .. 1

  2.  

    pertamax kah

  3.  

    tess tess

  4.  

    3 aja lah

  5.  

    PAK FA please…

  6.  

    Stealthnya lumpuh Bung . . . pakai radar xxx . . .

  7.  

    ternyata klh dtikungan, numpang bung pertamaxny…. Salam knl bung

  8.  

    SU 35 juga siap disebar….

  9.  

    Sukhoi kita sibuk nih

  10.  

    Montor mabur wagu

  11.  

    Tahun 2017 Kep Indonesia akan dikurung F35 dari arah barat selatan dan utara.
    Cuma Su35 dan S400 yang bisa jadi antidotnya tapi dgn syarat ekonomi tumbuh 7%.

  12.  

    Ass.Wah makin byk test adrenalin nih.

  13.  

    Wah telat lg dech.

  14.  

    musuh sepadan su35..kira”menang yg mana y su35 vs f35..sama” 35 nya

  15.  

    telat maning kie

  16.  

    Semoga tekhnologi radar untuk pesawat siluman F-35 segera ditemukan dan dirampungkan om Rusky. Klo kelar, bisa jadi bulan2an Sukhoi PAK FA T50 tuh. Karena setau saya, F 35 menang di kemampuan stealth dan kemampuan elektronik yang modern, tapi kurang dalam manuver.

    •  

      kekurangan F35 yang lain…

      daya jangkau yang relatif rendah dibandingkan sukoi.
      kecepatan yang lamban (1.67 mach) dibanding 2.35 mach punya sukoi.
      kemampuan angkut senjata yang minim.

    •  

      itu cuman kata kata sales dari lawan tandingnya .. secara real tidak pernah ada yg tau seberapa hebat dan lemah F35 .. seperti TNI AU yg menyembunyikan kemampuan sukhoi nya apa ada diantara kita yg tau kelemahan sukhoi kita or kehebatannya saja yg dibicarakan disini .. begitu juga USA dan sekutunya .. merendah agar musuh merasa superior .. dan terbukti kita masih suka menonton film holywood dan dengerin grup musik asal USA .. jangan terlalu benci deh sama USA ..

  17.  

    Ada yg tau gk ini digambar pesawat apa yg hitam bermesin 8?
    http://de.wikipedia.org/wiki/Tupolew_Tu-95

  18.  

    khusus F35B Navy … ane mau neh, buat nongkrong di LPD ato di light carrier rancangan PAL

  19.  

    Pesawat yg cacat atau setidaknya memiliki banyak kelemahan. Masalahnya adalah, bukan apakah bisa tetapi seberapa cepat mereka memperbaiki kelemahan pada F-35. Sebagai pembanding, Su-27 series (first flight tahun 1977) perlu waktu satu dekade utk jadi pesawat yg hebat.

  20.  

    pengen indonesia punya f35…cm apa indonesia mampu ya beli nya,kan mahal..jgn nunggu hibah 20thn lg,klo bs beli skrg yg msh bau pabrik…mmmmhh fresh from the open

    •  

      Bung Frans
      Para tetangga juga lagi pusing memikirkan pembelian pesawat ini,
      Upil dan Sonotan lagi gak pasti kapan jadwal pengirimannya karena menunggu antrian.
      Para negara yang ikut Joint pembiayaan pengembangan saja harus didahulukan pengirimannya,
      Kalau kita ikut ikutan beli malah jadi pelanggan bontot, bayar dimuka,pengiriman nggak jelas,

      Elang botak hibah butuh 3 tahun untuk pengiriman 2 flight pertama, apalagi nunggu pesawat GJ ini ,,
      Lagian Para tetangga juga bingung karena mereka merasa Indonesia sdh punya antidotnya alias penanggal pesawat ntu, jadi mereka agak males menunggu barang yang sdh diantisipasi oleh tetangganya,Andai saja duo antek itu bisa memilih mereka akan lebih suka belanja pesawat dari blok atau negara lainnya,sayang mental mereka terlalu membebek karena negara yang satu merasa perlu bekingan yang kuat, yang satu lagi da merasa jadi wakil sherif asia pacific jadi gak enak menolak pembelian dari paman sam.(bos besarnya)

      Saat Upil mengadakan proyek pembelian pesawat baru, F 15,Rafael dan Typhonn juga bersaing ketat, Pihak produsen Typhon yang notabene adalah Induk semangnya malah PD berpromosi di Bus bus angkutan umum Upil dipasang gambar pesawat Typhon (sama dengan program Typhon kemarin di Freeday,maksutnya mempengaruhi masyarakat umum).

      Tetapi apa daya mereka masih suka sembunyi diketiak ibunya dan berlindung dimeja ayahnya,,,mereka memilih F 15, untuk kepentingan politiknya membuang tawaran Induk Semangnya

      Imho

      •  

        Setuju bung Satrio , ingat Ling yang diberikan Bung tukang_sapu , Sonotan ngebet juga ma SU FamiLy :mrgreen: Alias gaLau 😉

      •  

        Bung Satrio, sebenarnya apa sih yang tetangga2 takuti dari kita?
        Sepertinya kita gak banyak buat ulah, kita tetangga yg baik. Sebegitu khawatirnya mereka dengan kita.

        Track record negara kita dari dulu gj banyak ulah, malah diulahin

        •  

          Izin jwb Bung LanudPespur 😎

          Perkuatan alutsista Indonesia yang telah ditutup rapat-rapat dari media, perlahan namun pasti mulai dibuka meskipun sebatas alutsista kelas dua menurut ukuran TNI. Dari semua matra TNI mendapat porsi yang sesuai, ibarat apotik, Indonesia tersedia semua merk obat dari generik hingga obat dosis tinggi. Apapun penyakitnya, tersedia obatnya, Siapapun musuhnya, Indonesia sanggup menangkalnya. Negara manapun di dunia saat ini adalah sahabat Indonesia, “A thousand friends and zero enemies” yang merupakan prinsip dasar hubungan luar negeri yang didasarkan pada posisi non blok. Namun bisa saja berubah menjadi “All enemies without friends” sehingga memerlukan penangkalnya bila diserang oleh banyak negara, dan jawabannya adalah perkuatan kemandirian alutsista dan ekonomi.

          Apa yang dikhawatirkan oleh negara barat bukanlah alutsista yang dibeli oleh pemerintah Indonesia, tetapi apa yang dapat dibuat dan diproduksi oleh negara ini , dalam hal ini adalah produksi alutsista. Teknologi Nuklir baik yang berupa reaktor maupun rudal ICBM telah dan terus dikembangkan, Satelit Militer sudah dan terus ditambah, Cyber Army telah dan terus berkembang, pesawat tempur generasi 4+++ dan generasi 5 telah dan terus dikembangkan, Kapal Siluman, Kapal selam, Kapal Induk, MBT, Radar dan masih banyak alutsista buatan Indonesia yang lain telah dan terus dikembangkan. Sedikit demi sedikit telah dibuka seiring penguatan nasionalisme rakyat dalam menjaga integrasi demi kejayaan dan kemakmuran rakyatnya.

          IMHO & CMIIW 😆 :mrgreen:

          •  

            Terima kasih bung Zero-1.
            kata Kemandirianlah yg ternyata ditakutkan, kira2 bgtu ya Bung.

            Ada sebait kata yg sy suka dari komentar Bung Zero-1, yaitu “telah dan terus dikembangkan” hhee…
            bikin deg2an aja…

          •  

            Sama2 Bung LanudPespur :mrgreen:

            Betul sekali Bung :mrgreen: prospek Kemandirian kita dalam segala bidang, itulah yg membuat mereka Respect terhadap kita bung 😎

            klw sy suka kalimat terakhir bung “Sedikit demi sedikit telah dibuka (Alutsista Rahasia) seiring penguatan nasionalisme rakyat dalam menjaga integrasi demi kejayaan dan kemakmuran rakyatnya”. :mrgreen:

            Sekarang saja ketika Alutsista2 rahasia blm semuanya di publish tapi jiwa nasionalisme rakyat sudah begitu hebatnya. apalagi klw semuanya dipublish. bakal meriang2 bung 😆
            namun sayang sekarang diwarjag ini banyak komentar yg asal jeplak saya turut prihatin bung 🙁

            Ouwh ya salam hangat dari saya bung LanudPespur & salam hormat untuk Ndan Satrio :mrgreen:

          •  

            Kalo ajal mau menunggu, kan kutunggu dengan sabar supaya bisa liat layangan merek Indonesia terbang di muka umum 🙂 …. salam kenal Bung

          •  

            Presiden baru kayaknya udah diracunin Pak Moel, udah gak da lagi zero enemy thousand friends, yang ada:
            “Senggol bacok, lu jual gw beli” :mrgreen:

          •  

            sekarang baru ngebut benjut.

        •  

          Sebetulnya karena sejarah Bung, terutama semenjak jaman Bung Karno. Sewaktu jaman Non Blok, mereka paling takut sama pihak yang netral karena tidak bisa diketahui kapan ke kiri atau ke kanan, kalau sudah jelas berpihak memang lebih enak, jelas ketahuan siapa kawan dan lawan.

          Untuk kasus Indonesia, dibutuhkan kemampuan diplomasi untuk membangun kepercayaan dengan negara tetangga. Negara tetangga cukup khawatir karena pemerintah (eksekutif dan legislatif) sepertinya terlihat tidak koheren dalam kebijakan luar negeri dalam arti banyak suara berbeda dalam pemerintahan sendiri dalam hal hubungan dengan negara tetangga. Mereka juga merasa tiap pergantian kepemimpinan ada ketidakpastian dalam menyikapi hubungan dengan negara tetangga karena ya itu tadi kita tidak memiliki posisi keberpihakan kepada siapapun.

      •  

        Bung Satrio, si frans ini kalo sampeyan bilangi ” kalo kita dah punya anti dot untuk f35″ gak bakalan percaya. Walao sampeyan ketik sampe jari keriting. Mental inlandernya dah mendarah daging…hehehe

  21.  

    kalah ya cuman sama sambaran petir… jika ke sambar otomatis fungsi stealth pesawat f-35 tidak brrarti apa2…. cukup radar pasif buatan lipi ke detect tu pswt

    •  

      kalau sambaranya keras…bisa2 tuh pesawat meledak….jadi bola api besar.
      ilmuwan ASU sendiri malah yang bilang gitu.

      ngomong2….emang orang2 lipi sudah berhasil bikin radar pasif ya kang?

  22.  

    Kapal Gagal siap disebar dengan kecepatan gereget cukup 1,2 March :v

  23.  

    pak [email protected], antidot apa yg dipunya nkri ??

    radar udara , laut , darat ,bwh tanah pada bolong

    pesawat torbo puf aja yg ngejar torbo jef .., itupun uda lak balik br ditangkap .., di laut apalagi ?? mungkin yg goib pada tidur y , atw suka sembunyi di negara tetangga??

    klu benar ..amien ae

    •  

      @Bung Waduh
      Sejauh mana anda tahu seyakin itulah kemampuan menganalisa.
      Untuk bisa menganalisa dengan kualitas lebih ,,,maka harus lebih dalam mengetahui dan mencari tahu, untuk itu disarankan banyak belajar,

      Asal jangan seperti diwarung sebelah saja,, tahu hanya sebatas itu,,sudah berani menjudge sesorang,dan merendahkannya,

      Pertanyaan saya Bagian mana radar yang bolong? darat.laut dan bawah tanah (emang ada radar bawah tanah)

    •  

      Coba klw dibalik misal ada yg lewat tanpa ijin kenegara X. Si X hanya punya bnyak pilihan jet F16, F18 atw F35 sebagai intercep, kira2 yg dipakai apa? Klw misal sekeliling sudah punya F16++, F18++. Yaah klw saya F35 yg dipakai. Antisipasi jika itu pesawat dibantu dengan F18++ masak kita pakai F16 atw F18. Saya ingat seperti kejadian dilepaskanya kapal nelayan yg mencuri ikan di perairan kita, kita giring pakai kapal patroli. Tapi mreka kok bisa si nelayan konect dengan 2 kapal perang yg langsung datang?? Akhirnya bagmana lepas kan? Kita ngak bisa apa2, beda lagi klw yg giring sama2 kapal perang.. Pasti lain ceritanya. Mungkin itu hanya antisipasi saja. Maaf hanya kira2 saya saja!.ImHoax

  24.  

    Wkwkwk.. Radar bawah tanah ? Yg ada radar ranjau di tanah.

  25.  

    Wis wis tenang wae mass 😀

  26.  

    pak [email protected] bpk yg merasa berkualitas dn berwawasan lbh ebat – jgnlah sebuah pertanyaan dijwb dng pertanyaan !! di jwb dulu jgn esmosi dn salahkan forum org apalagi menyalahkan org ! sebelum menyalahkan formil org sebaiknya bpk bertanya ama burung garuda yg bapak gembalakn..

    radar bwh tanah tentu sj ada salah satu teknologi yg 1 persen uda dijwb ma bung voor

  27.  

    :mrgreen:

  28.  

    Sudah…sudah..sudah. Segeralah tidur bung2 sekalian. Selamat malam.

  29.  

    Kayaka nya bung waduh yg emosi dr td, malah bung satrio yg merendah,
    santai bae lah mas…
    Wkwkwkwkwk…

  30.  

    F35 ????kecepatannya aja 1,6 mach , Sonotan aja GaLau mau ambiL nih Lingnya :

    http://www.newaustralia.net/defence_airforce.html

  31.  

    f35 gx ad apa2nya tampa awcs gx bisa mandiri. makanya tni beli SU35 plus perbaikan radar

  32.  

    Mari Bangun kawan Dari Mimpi Panjang Ke pesimisan..
    Hiduplah dwngan Penuh ke Optimisan…

    Dunia itu Luas seluas Pikiran kita
    Dunia itu Sempit sesempit Pikiran kita

    Saya cuma mengingatkan Ambil hal positif dari apa yg sudah disampaikan para Sesepuh( orang yg mungkin tahu keadaan sebenarnya Kekuatan Bangsa ini ) terlepas itu nyata ataupun hoax tergantung kita menilainya itu semua untuk membangkitkan Jiwa Nasionalisme kita sebagai penerus NKRI…

    Indonesia itu Besar bung Sebesar Harapan kita. .

    Di ingatkan Seseorang itu bukan berarti kita lebih rendah…
    Mengingatkan bukan berarti kita lebih hebat…
    Kita Semua Jg Belajar untuk menjadi lebih baik

    Salam NKRI.

  33.  

    baru denger radar bawah tanah
    sebangsa singkong+umbi2ankah?

  34.  

    Negera kita dikepung oleh ratusan f35 yang siap menerjang ibu pertiwi, siapkan diri dengan radar rusia yg anti pesawat siluman kaya vietnam, beli s 500 , beli pakfa rencana 5 th kedepan. Biar ibu periwi aman tdk ada yg mengusili.

  35.  

    Berharap produk KW… rontok saat operasi pngintaian… siap2 ditinggalkan sekutu2nya….

  36.  

    Saya merasa Russia memiliki kartu lebih baik dibanding AS, peluncuran F-35 yang lebih dahulu dibanding Su-35 membuat Russia bisa membuat Su-35 lebih baik dibanding F-35. Kalau dilihat dari urutan waktu pengembangan dan ujicoba pesawat kalau tidak salah Su-35 sudah lebih dulu atau minimal sama dengan lama pengembangan F-35. F-35 banyak terkendala soal teknis sedangkan Su-35 tidak ada kabar penundaan karena hal-hal teknis.

  37.  

    Yah..itulah mental sebagian anak bangsa yg tdk percaya pada kemamuan sendirisaya yakinntni tdk bodah dlm mensikapi perkembangan kawasan.

  38.  

    Yah..itulah mental sebagian anak bangsa yg tdk percaya pada kemampuan sendiris aya yakinn tni tdk bodah dlm mensikapi perkembangan kawasan.

  39.  

    tetap optimislah masa mau maju sj harus adu argument yg jelasx terserah pesawat apa entah typhoon,rafalle ato gripen yg harus d utamakan shukoi family lah d antara semua hanya rusia lah yg harus kita utamakan walaupun kita negara non blok kita harus beli alutsista gado2 d sertai tot coz biar tetangga pada pusing liat perkembangan alutsista kita

    salam nkri

  40.  

    tes ..blue

    wah..ternyata byk kalee yg bully aku 😀

    1 macam pertanyaan aja di jawab macam2 , nyembur kemana2..bawa2 laskar ya ngembully ,,bentar lagi merajuk ke admin minta banned aku dasar laskar cemenk dan alay ..

    radar bawah tanah banyak bung ,,makanya jgn bully org klu ilmu cuma sebatas apa kata bapak dan emak wakakkak

    GPR ( ground penetration radar ) ,, salah satu dari sekian radar tanah atw bahasa kerenya ( geologi,geofisika ) ada juga radar metafisika untuk bangsa goib ada juga radar pengindaraan ke 6 .
    nah aku menciptakan radar untuk mengetahui mana laskar garuda bersaudara ular dan mana GARUDA sakti yg disebut pancasila ..ehehhe

    klu benar tobat aja ..ehehe

    •  

      Kalo menurut saya, GPR ( ground penetration radar ) tidak efektif untuk pertahanan pasif negara kita. GPR lebih banyak berguna dibidang sipil, daripada di militer, karena perbatasan darat kita hanya sedikit dibandingkan dengan lautan dan udara. Perbatasan darat kita hanya di Pulau Kalimantan dan Papua dengan kondisi alamnya yang lebih banyak hutan dan gunung, penyusup akan memanfaatkan jalur diatas permukaan tanah daripada dibawah permukaan tanah.

      Jadi menurut hemat saya, GPR tidak efisien untuk pertahanan, kecuali kalau kita menerapkan pertahanan aktif, yaitu menyerang negara yang berpotensi sebagai musuh, GPR bisa kita gunakan untuk mendeteksi bunker2 musuh, tapi alat itu harus ditempatkan di satelit.

  41.  

    tuk satrio @ jawab dong pertanyaan aku jangan balas dgn pertanyaan apalagi mengundang laskar untuk bully aku !??

    1.apa antidotnya f 35 yg kita punya ,,klu seandainya pertanyaan aku dijawab dan emg betul ada artinya tidur tambah nyeyak ,,bukan malah bully??

    2. untuk tes kemampuan strategi bapak satrio yg katanya ilmunya sangat ebat ,wawasan yg luas :

    jika upil menyerang kita dengan mengoptimalkan kekuatan armada tempurnya baik yg dari dalam maupun yg di tempati diluar negaranya ,, menyerang dari 4 penjuru ,,dan mengerahkan 12
    kapal selamnya dengan melakukan salvo tomahawk dari bawah laut hal apa yg bapak lakukan ..

    ingat bapak [email protected],,dalam srategi tempur bukan menghitung kelebihan kita tapi menghitung kelemahan kita ,,apa yg dilakukan ..??

    memang diatas kertas kita menang tapi untuk meminimalkan kehancuan dan kebinasaan apa yg dilakukan ,, i??

    mari berdiskusi dgn baik !! pertanyan tolong jwb dgn pertanyaan ??

    ——-
    mandi dulu

  42.  

    dhus tenan ki frans kedua
    kalo garuda dikroyok . kami siap bantu spt suriah

  43.  

    Naudzubillah Om putin, jangan sampe kayak suriah..bisa-bisa ISIS pada tumbuh subur di mari…

    Tapi saya yakin…kalo NKRI bisa bikin jet tempur aja..dan sukses, sonora,sonotan,upil dan dulu-dulurnya gak bakalan brani sama negara ini

    Salam kenal Om

  44.  

    Lagi pula, Negara-negara sekutu juga gak bakalan brani perang head2head oke angkstan daratnya lagi kalaupun terjadi perang..di timteng aja ngelwan milisi manusia asli aja pasukannya pada keok…apalagi dimari, milisinya pada setengah goib….URAT KAWAT, TULANG WESI…heheheh

  45.  

    bung waduh. gimana dengan saat SBY ke inggris di jamu dengan super mawahnya. diberi gelar juga. obama yang sohibnya aja gak sampe segitunya. masak gak ada artinya sama sekali. masak indonesia beli alutsista $100jt aja sampe segitunya. Ada perusahaan yng dah mau merumahkan pegawainya karena krisis eropa gak jadi drumahkan, malah banyak order dr kita. Jadi apa yang kita beli ???????

  46.  

    @waduh : jangan di judge dulu bung, diolah dulu info yang ada,kalo ragu di sanggah, asiknya tuh di sini , berdebat tapi santun bukan mencari siapa benar siapa salah.setau ane alutista strategis harus dirahasiakan.

    ane dapat info yang sangat gila bung, klo dibabar dimari ntar disangka hoax hoex dan saya gembira bukan main, info yang saya dapat saya cocokkan dimari banyak yg sesuai bung.

    pak Menhan juga pernah bilang kan TNI itu kuat, itu bukan asal ngomong bung.kalo ga salah Pak SBY juga pernah bilang kan , ” Siap Perang jika itu jalan terakhir”. ada salah satu sesepuh warjag juga bilang di keroyok 4 negara pun siap. semakin kuat dugaan ane klo info dari tmn ane itu bukan hoax.

 Leave a Reply