Agu 232018
 

Jet tempur F-35A Amerika cium landasan pacu di Pangkalan Udara Eglin Β© NWF Daily News

JakartaGreater.com – Angkatan Udara AS (US. Air Force) menyebut bahwa “sebuah jet tempur siluman F-35A telah mendarat darurat dengan selamat di Pangkalan AU Eglin, akibat rusaknya roda pendarat bagian depan pesawat ketika berhenti dilandasan pacu”, seperti dilansir dari laman NWF Daily News.

Petugas pemadam kebakaran segera dikerahkan menuju ke tempat kejadian tersebut, sementara itu dilaporkan bahwa pilot F-35A tidak mengalami cidera.

Sementara itu Angkatan Udara AS tidak mengungkapkan secara rincian permasalahan F-35A selama penerbangan, termasuk penyebab kerusakan, mereka hanya mengungkap bahwa insiden terjadi pukul 12:50 waktu setempat pada 22 Agustus dan penyelidikan saat ini sedang berlangsung.

Hingga saat ini, tingkat kerusakan jet tempur generasi kelima F-35A belum ditentukan, tetapi benturan ke landasan pacu itu dapat merusak salah satu sensor paling mahal dan canggih di pesawat tersebut, termasuk radar AESA AN/APG-81 dan Electronic Optical Targeting System (EOTS).

Menurut Aviationist, untuk mendapatkan kemampuan siluman F-35, Amerika harus banyak menukar peralatan tersebut. Dan kecelakaan pada tanggal 22 Agustus mungkin berasal dari penggantian itu.

Dan dalam insiden tanggal 24 April lalu, F-35A AS lainnya jatuh di pangkalan militer AS yang berada di Prefektur Fukuoka, Jepang yang juga disebabkan ada masalah.

Menurut sumber Angkatan Udara Bela Diri Jepang (ASDF) mengatakan bahwa F-35A AS mendarat-darurat pada pukul 11.00 ??pagi waktu setempat dan tidak ada yang terluka. Pilot menghubungi kontrol lalu lintas udara dari pangkalan sesaat sebelum pendaratan darurat tersebut.

Meskipun militer Amerika Serikat tidak membuat klaim tentang insiden tersebut, tapi menurut ASDF, F-35 tersebut kemungkinan dalam perjalanan menuju pangkalan Korps Marinir AS di Prefektur Yamaguchi di sebelah Fukuoka.

Pada saat yang sama, sumber ASDF mengatakan bahwa jet tempur generasi kelima itu menabrak pesawat lainnya. Dan jika informasi ini dikonfirmasi, ini juga merupakan jet tempur F-35 kedua yang memiliki masalah “airframe” saat beroperasi di Jepang sejak akhir 2017.

Pada tanggal 5 Desember, selama penerbangan patroli dekat Okinawa, jet tempur F-35 Amerika dilucuti dari “shell”-nya. Insiden itu terjadi ketika pesawat tempur F-35A itu berpatroli lebih 100 km dari pangkalan udara Kadena di Okinawa.

Kejadian ini juga telah dikonfirmasi oleh Angkatan Udara AS dan mengatakan bahwa “shell” itu secara tak terduga lepas dari pesawat dengan ukuran sekitar 30 cm x 60 cm.

Masalahnya menjadi semakin tidak mungkin ketika pilot tidak menyadari ada masalah terkait fakta bahwa “airframe” F-35 dilengkapi dengan berbagai sensor canggih. Dan masalah itu hanya ditemukan ketika teknisi melakukan pekerjaan pemeliharaan setelah setiap penerbangan.

Bagikan:

  32 Responses to “Jet Tempur F-35A AS Cium Landasan Pacu”

  1.  

    ternyata emang beneran ada “bebek nungging” seperti itu

  2.  

    Satu2nya pesawat tempur di dunia Yg bisa berujud Syukur. Ewekewekewek

  3.  

    gak moncer gak efektif..

  4.  

    Pesawat andalan Ariev kok nyungsep.. apa lagi mau siap-siap dikawinin atau mau ambles bumi biar gak keditek RADAR.. hahahaha, katrok nih pesawat.. salesman LM pada ngumpet gak berani nongol..gak punya tanggung jawabnya… pesawat bobrok..

    •  

      Klo membandingkan ya Apple to Apple toh bung @TN, masa insiden F-35 vs insiden Su-27? Semestinya itu F-35 dengan Su-57 gitu lho… Klo belom ada ya sabar, istilahnya gak perlu dipaksaain toh.. πŸ˜† hihihihi

      •  

        Argumen yg sangat lemah.

        Lho Su57 masih beberapa gelintir dan masih uji coba.

        F35 udah ratusan unit dan sudah mengumpulkan ribuan jam terbang.

        Kalo soal kecelakaan di landasan itu (tergelincir, patah roda, pecah ban) nggak pandang bulu mau siluman apa kagak.

        Singkatnya sebelum F35 kecelakaan tergelincir, Sukhoi pun sudah memeloporinya.

        •  

          Nah, klo gitu gampang, tinggal copas linknya aja πŸ˜† hihihi

          “Kalo soal kecelakaan di landasan itu (tergelincir, patah roda, pecah ban) nggak pandang bulu mau siluman apa kagak”.

          Cuma yg jd masalah menurut hemat saya adalah F-35 adalah pesawat yg sempurna menurut produsennya, apalagi itu generasi kelima dan itu “masih baru” lho, generasi jet tempur terakhir dan termuda yg dimiliki AS, masa membandingkan dengan yang sudah tua teknologinya, sementara Rusia punya yg lebih muda dan baru dari itu ? wkwkwkwk, makanya saya bilang β€œsabar”… πŸ˜›

          yah begitulah menurut hemat saya agar lebih elok dan elegan aja sih, apalagi ditambah hitungan bung TN berdasarkan data real tentang total F-35 AS yang cium tanah vs jet terakhir Rusia yang cium tanah…

    •  

      Ukraina kan sudah pecah kongsi dengan Russia??? lagian kalau mau membandingkan dengan pespur barat / USA yang crash dan mengalami insiden juga tak kalah banyak…

      http://www.tribunnews.com/sains/2017/12/26/jet-tempur-f-15-c-patah-jadi-dua-saat-manuver-terbang

  5.  

    Jangan Senang Dulu dg SU-35 Siap2 aja Batal Nanti Curhatx Ke Indomiliter Sambil Mewek2, Ane Sedang Mempertimbangkan Minta Bantuan Atase US di Kedubes Utk Menghentikan SU-35, Sebab Ane Punya Kenyakinan Dg Ilmu Simian Line Double

  6.  

    Luar biasa santun banget sampai mau sujud syukur di tanah … πŸ˜€

  7.  

    Siapa bilang indonesia negara dgan rasa nasionalisme paling tinggi di dunia … nih buktinya kalau negara paman sam lebih hebat rasa nasionalismenya dari kita wkwkwk bhkan pswatnya pun rela cium bumi pertiwi hahaha

    •  

      Nah mumpung bung ben komen spt ini. Saya mau titip pertanyaan 1 aja. Sebenernya sejauh mana sih nasionalisme warga JKRGR ??? Saya ga tau asal muasal ada fans boy “A”, ada fans boy “B”, ada sales “A,B,C,D”, kesannya mlh menimbulkan perpecahan bkn persatuan. Kadang suka geli campur aneh baca komen nya. Malah ada yg komen mau menghentikan kebijakan pemerintah RI terkait pengadaan alutsista. Ntah bercanda atau tidak. Tp menurut saya “EGO” harusnya jgn sampai lbh besar dr “BIJI” nya.

      SALAM 73 TAHUN INDONESIA MERDEKA.

  8.  

    udah kayak timnas kalo abis nge-goolin terus aja sujud tanda syukur..
    mungkin itu f35 yg superior terhebat sekolong jagat mungkin salam hormat sama penciptanya

 Leave a Reply