Apr 162017
 

Jet tempur generasi kelima, F-35 Angkatan Udara AS. (pixabay.com)

MOSKOW – Beberapa jet tempur multiperan F-35A Lightning II milik Angkatan Udara AS telah tiba di Inggris yang rencananya akan melakukan latihan bersama dengan pasukan NATO, menurut Departemen Pertahanan AS sebuah siaran pers pada hari Sabtu, seperti di lansir dari Sputnik News.

Pada hari Jumat, Pentagon mengumumkan tentang penyebaran jet tempur generasi kelima F-35A milik Angkatan Udara AS ke Eropa pada akhir pekan ini.

“Kehadiran dari F-35A mendukung prioritas saya untuk menyiapkan dan menempatkannya di Eropa… Pesawat ini, dan yang terpenting, para pria dan wanita yang mengoperasikannya, membentengi kapasitas dan kemampuan dari Aliansi NATO kami”, kata Jenderal Curtis M. Scaparrotti, Pimpinan Komando Sekutu Eropa dan NATO.

Pesawat tempur AS telah tiba untuk penyebaran di pangkalan militer Lakenheath, Angkatan Udara Inggris di Suffolk, Inggris Timur, menurut pernyataan itu.

Departemen Pertahanan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa jet tempur F-35A Lightning II tersebut dikirim ke Eropa untuk melakukan latihan bersama selama beberapa minggu sebagai bagian dari Jaminan Inisiatif Eropa (ERI). Pentagon mengatakan bahwa penyebaran itu merupakan “perkembangan alami” dari program F-35 dan akan memungkinkan untuk bisa menunjukkan kemampuan operasional dari jet tempur tersebut.

F-35 Lightning II adalah jet tempur generasi kelima, menggabungkan kemampuan siluman canggih dengan kecepatan dan kelincahan tempur, informasi sensor sepenuhnya menyatu dan memiliki kemampuan operasi dalam jaringan.

Terdapat tiga varian jet tempur F-35 yang diperkenalkan yaitu untuk Angkatan Udara (F-35 A), Angkatan Laut (F-35C) dan Korps Marinir (F-35B). Jet tempur F-35 akan dikerahkan ke Eropa secara permanen pada awal 2020-an.

Penciptaan Jaminan Inisiatif Eropa (ERI) diumumkan oleh Presiden AS Barack Obama pada tahun 2014 sebagai respon terhadap dugaan “ancaman Rusia”.

  5 Responses to “Jet Tempur F-35A Telah Mendarat di Inggris”

  1.  

    PERTAMAX

    •  

      Besok aja PETAMAXNYA udah tengah malem, waktunya tidur … gantian sy yg jaga

    •  

      f35 cuma buat tebar pesona doank……

      pesawat genduuuut……..!!!!!

      saya ga yakin f35 akan pede kalau ketemu sukhoi…….

      paling paling di adu sama sukhoi malon sial.

      sudah biasa peralatan malon sial yang di beli dari rusia selalu buat kelinci percobaan si Amer…..

  2.  

    Met ngeronda sob warjag…
    Waktunya begadang OL malming.
    Hehehe…edisi ngabisin kuota malam.

  3.  

    Indonesia harus mengakuisisi T50 Fak Pa untuk menghadapi F35 tetangga, tapi SU-35 aja masih diawang2 kabarnya sementara kawasan semakin panas!

 Leave a Reply