Jet Tempur F-5 Mendarat Darurat di Halim

46
111
Pesawat F-5 Tiger TNI AU
Pesawat F-5 Tiger TNI AU

Pesawat tempur berjenis F5 milik TNI AU mendarat darurat di Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat yang digunakan dalam kegiatan latihan itu mengalami gangguan teknis.

“Jadi yang ada hari ini ada kegiatan latihan namanya Tangkis Petir. Misinya CAP (Combat Air Patrol) menggunakan pesawat tempur F5. Dia kembali ke Halim sekitar jam 09.00 WIB tadi dan dilihat ada yang malfungsi, yakni hidrolik kurang,” ujar Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi, Selasa (18/11/2014).

Akibat pendaratan yang diprioritaskan ini, jadwal penerbangan pesawat reguler di Halim sempat mengalami keterlambatan sekitar 20 menit.

“Karena harus prioritas landing jadi men-delay pesawat reguler kurang lebih 20 menit. Pesawat itu (F5) diprioritaskan dalam landing seperti karena rodanya kurang angin, kemudian ditarik masuk ke parkir ramp,” jelasnya.

Saat ini, kata Hadi, jadwal penerbangan reguler sudah kembali normal dan tidak mengalami gangguan. Pihaknya juga masih menilik lebih dalam terkait gangguan hidrolik yang terjadi di pesawat tempur F5 tersebut.(Detik.com).

46 KOMENTAR

  1. Selamat siang warjager.

    Nama latihannya keren ya “TANGKIS PETIR”.
    Padahal petirnya australi belom nyampek hehgee. ” f 35 lightning”. Apa jgn2 udh nyampe secara sembunyi?

    Tapi kasian ya macan kita udah tua tetep digas poll terus. Gantian sama yg sayap delta gitu lo pak. Apa yg ada TVC nya,

  2. wah wah wah masih untuk tidak berakibat fatal, jangan mempermainkan nyawa prajurit/pilot TNI, sayangilah nyawa prajurit dgn tidak berlaku ceroboh menggunakan pespur jadul.
    Semoga menjadi pelajaran berharga bagi para petinggi TNI dan cepat ditindak lanjuti dengan pengadaan pesawat pengganti f-5 tiger ini, dengan SU-35SI !!!

  3. Beritanya dari Det*k dot com mas..
    nunggu klarifikasi dulu..janggal kl hydraulic kurang..(kurang apa ga jelas).apalagi ban kurang angin?kan sudah terbang kok kurang angin bannya.
    tanya sesepuh dulu, umur pesawat ditinjau dari awal tahun pembuatan atau jam terbang?
    mungkin nanti kesimpulan dari sesepuh kalo worthy .. GO AHEAD!

    tiup menyannya..
    tiup menyannya..

    mohon sesepuh hadir untuk meluruskan masalah