Agu 072018
 

Pilot Angkatan Udara China dalam kokpit jet tempur J-16 © SCMP

JakartaGreater.com – Angkatan Udara China telah mengumumkan bahwa armada jet tempur Shenyang J-16, yang dikembangkan untuk “menargetkan Taiwan”, akan segera siap tempur, seperti dilansir dari laman South China Morning Post.

Angkatan Udara PLA mengatakan bahwa skuadron J-16 yang digambarkan sebagai jet tempur generasi 4,5 telah melakukan latihan tempur bersama dengan pesawat J-10, J-11B dan juga Su-30.

Shenyang J-16, jet tempur yang dibangun oleh China berdasarkan Sukhoi Su-30 Rusia, dan diperkenalkan sekitar tahun 2012 serta membuat debut resminya tahun lalu, pada parade ulang tahun militer ke-90 Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Mengutip seorang analis militer yang berbasis di Hong Kong, Song Zhongping, SCMP mengatakan bahwa jet tempur J-16 tidak dianggap siap tempur. Menurutnya, ini akan membutuhkan waktu untuk meningkatkan bukan hanya J-16 itu sendiri, tetapi juga bagaimana ia terintegrasi ke dalam keseluruhan sistem dan bagaimana ia akan bekerja dengan jet tempur lain serta mendukung pesawat dalam sebuah misi.

PLA mengklaim bahwa J-16 memiliki kemampuan besar untuk peperangan elektronik dengan antena array bertahap, radar kendali tembak dan sistem jamming. Jet tempur akan dilengkapi kanon 30 mm, 12 rudal udara-ke-udara, roket dan bom berpemandu satelit, termasuk rudal anti-kapal dan rudal anti-radiasi.

Menurut Kementerian Pertahanan China, Shenyang J-16 belum terlibat dalam misi di mana Angkatan Udara PLA secara teratur mengirimkan pesawat tempur, khususnya pembom strategis H-6K untuk berpatroli di sekitar Selat Taiwan untuk menunjukkan kemampuannya dalam membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial China.

SCMP mencatat bahwa pengamat militer mempercayai bahwa J-16 telah secara khusus dirancang untuk kampanye militer melawan Taiwan. Dan Taiwan terus meningkatkan pertahanannya untuk menangkis serangan udara dan laut.

Bagikan:

  One Response to “Jet Tempur J-16 China Siap Hadapi Taiwan”

  1.  

    Pespur KW aja songong. Tuh mesinnya dibenerin dulu. Hhhhhhhhhh

 Leave a Reply