Jet Tempur AS Jatuh di Dekat Pangkalan Militer Okinawa

Jet tempur Amerika Serikat (AS) dilaporkan jatuh di dekat pesisir timur Okinawa, Jepang, pada Kamis (22/09/2016).

Jet tempur milik Korps Marinir AS, Armada AV-8B Harrier II itu, jatuh tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Kadena dan jatuh sekitar 153 kilometer dari Hedo Cape atau 150 km sebelah timur dari prefektur Kunigami, yang berada di utara Okinawa.

Pilot pesawat nahas tersebut berhasil melontarkan diri sebelum jet itu menghantam laut. Penjaga pesisir Jepang mendapatkan laporan bahwa satu orang sudah diselamatkan dari lokasi kecelakaan oleh satu tim dari Angkatan Udara AS.

Sementara penyebab jatuhnya pesawat hingga saat ini belum diketahui. Pemerintah ataupun militer AS sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan terkait insiden tersebut.

“Penyebab kecelakaan masih diselidiki,” demikian bunyi pernyataan Pasukan Ekspedisi Marinir Jepang, dikutip dari CNN.

AV-8B Harrier II adalah pesawat tempur AS yang dirancang pada 1970-an. Pesawat bermesin tunggal yang mampu lepas landas dan mendarat vertikal atau pendek.

AV-8B Harrier II juga merupakan jenis pesawat dengan kursi tunggal. Namun, versi latihan dari armada ini memiliki dua tempat duduk

Kokpit AV-8B Harrier II sepenuhnya terintegrasi untuk siang dan malam pengoperasian dan dilengkapi dengan head-up dan kepala di bawah display, peta digital, sistem navigasi inersia (INS) dan throttle hand -on dan sistem tongkat (HOTAS). AV-8B Harrier II mampu menyebarkan berbagai sistem senjata, termasuk rudal udara ke udara AMRAAM dan rudal Sparrow, rudal udara ke darat AGM-65 Maverick, rudal anti-kapal Harpoon dan rudal Eagle Sea, meriam 25mm , dan berbagai bom dan roket.

Tinggalkan komentar