Jul 172019
 

Jet tempur Kfir F-21 (foto : Youtube IAI)

Saab Swedia menawarkan jet tempur Gripen kepada Angkatan Udara Kolombia yang ingin menggantikan armada jet tempur Kfir buatan Israel yang sudah menua.

Kolombia sedang mencari pesawat tempur canggih multi-peran. Menurut laporan Jane’s, Saab menawari Kolombia 12 jet tempur Gripen E satu kursi dan tiga Gripen F dua kursi.

Sedangkan perusahaan Israel Aerospace Industries (IAI) menawarkan jet tempur Kfir Next-Generation (NG) yang ditingkatkan, menurut Jane, kompetisi lain untuk menggantikan Kfir Blok 60 yang saat ini diterbangkan oleh Kolombia termasuk jet tempur F-16 Block 70 buatan Lockheed Martin dan Eurofighter Typhoon, seperti dilansir Jerusalem Post.

Diproduksi di Divisi Lahav dari Grup Pesawat Militer di Israel, Kfir dibangun berdasarkan pada pesawat tempur Mirage 5 Prancis, yang ditolak Paris untuk dijual ke Israel karena embargo senjata yang diberlakukan oleh pemerintah Charles de Gaulle setelah Perang Enam Hari 1967 .

Jet tempur buatan Israel, Kfir memiliki sejarah operasional yang singkat dengan Angkatan Udara Israel, memasuki layanan pada tahun 1975 dan ditarik dari layanan pada akhir 1990-an, hanya sekitar 20 tahun kemudian.

Namun demikian, Kfir telah dijual ke Angkatan Udara Sri Lanka, Kolombia dan Ekuador. Pesawat-pesawat juga digunakan oleh ATAC, sebuah perusahaan sipil Amerika yang menyediakan jasa latih dan uji coba musuh untuk Angkatan Laut AS.

Didesain sebagai jet tempur supersonik multi-peran yang serbaguna, segala cuaca, Kfir dapat terbang pada ketinggian 30.000 meter dengan kecepatan maksimum 2.285 km / jam dan jangkauan 1.300 km. Ini memiliki berat lepas landas maksimum 14.600 kg, dan dapat membawa beberapa rudal udara ke udara dan udara ke permukaan, bom dan amunisi lainnya.

Kolombia pertama kali membeli Kfir dari IAI pada tahun 1989, dan pesawat banyak digunakan selama operasi kontra-pemberontakan terhadap militan Kolombia.

Pada November 2013, dua Kfir Angkatan Udara Kolombia mencegat pembom Tupolev Tu-160 Rusia yang telah memasuki wilayah udara Kolombia dari Venezuela. Jet Rusia lepas landas dari Bandara Simón Bolivar Venezuela dan terbang ke ibukota Nikaragua Managua ketika mereka menyeberang ke wilayah udara Kolombia di atas Kepulauan San Andres Providencia di Laut Karibia.

Pada 2017, IAI memutakhirkan 22 jet tempur Kfir Angkatan Udara Kolombia, menyesuaikannya dengan jangkauan senjata dan sensor yang diperluas serta nomor model baru.

Upacara, yang berlangsung di pangkalan udara CACOM1 di Palanquero, Kolombia, dihadiri oleh tim manajemen IAI, perwakilan Kementerian Pertahanan Nasional Kolombia, komandan Angkatan Udara Kolombia, dan staf Kedutaan Besar Israel di Kolombia.

“Proyek ini sangat penting bagi angkatan udara Kolombia, dan merupakan contoh hebat dari kolaborasi lama kami dengan IAI, termasuk integrasi penting dari fitur-fitur utama yang menantang,” Jenderal Carlos Eduardo Bueno, komandan angkatan udara Kolombia, mengatakan di waktu. “Kombinasi radar, komunikasi, dan teknologi canggih telah menjadikan skuadron Kfir sebagai pemimpinnya.”

Meurut CEO IAI Joseph Weiss bahwa jet tempur Kfir Kolombia ditingkatkan dengan avionik canggih, senjata canggih dan sistem perlindungan diri, kemampuan pengisian bahan bakar udara dan fitur lainnya, “menjadikan Kfir salah satu mesin perang udara paling efisien di dunia.”

 Posted by on Juli 17, 2019

  One Response to “Jet Tempur Kfir Israel Bersaing dengan Gripen di Kolombia”

  1.  

    Bukankah itu sejenis minuman untuk meningkatkan stamina …susu kambing****