May 042016
 

Pada lima tahun mendatang, Indonesia akan mengandalkan pertahanan udara kepada pesawat tempur hasil kerja sama dengan Korea Selatan, KFX/IFX.

“Iya masa depan. Kita harus bisa buat pesawat lah, masa beli terus,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di area Istana Negara, Jakarta, Selasa (03/05).

Pada bulan Januari 2016, Indonesia dan Korea Selatan telah menandatangani perjanjian senilai 1,3 miliar dolar AS untuk pengembangan jet tempur baru. Berdasarkan perjanjian antara Korea Aerospace Industries (KAI) dan Kementerian Pertahanan itu, Indonesia akan menanam sekitar 1,6 triliun won, atau sekitar Rp 13 triliun, dalam program Korea-Indonesia Fighter Experimental (KFX/IFX).

Ryamizard mengatakan bahwa Indonesia dan Korea Selatan masih mematangkan seluruh konsep pesawat yang direncanakan agar dapat mengakomodasi kemampuan siluman.

Menteri Pertahanan menjelaskan bahwa untuk menjaga keamanan udara dan perbatasan Indonesia saat ini, pemerintah akan membeli delapan unit jet tempur Sukhoi Su-35 asal Rusia. Namun, Ia tidak menampik jika Indonesia dapat membeli arsenal udara dari negara produsen jet tempur lainnya.

Antara

Bagikan Artikel :

  76 Responses to “Jet Tempur KFX/IFX Hadir 5 Tahun Mendatang”

  1. entahlah………

    • Pikiranmu cupet, apa yang ada di depanmu kamu anggap sesuatu yang enggak bisa membuatmu menjadi lebih baik apapun itu… tambah satu aja orang kayak kamu… negeri ini dalam masalah

    • gak pernah lihat apa tukang kunci dipinggir2 jalan, apakah mereka musti datang kepada pembuat gembok untuk bisa membuka gembok tersebut?? intinya dimana mau mempelajari dan mau trial and error lama2 juga akan bisa menemukan sesuatu yang baru.

    • Numpang lapak ya bung.

      5 tahun lagi masih tahap produksi. pertanyaanya PT DI mampu tidak produksi 5 unit pertahun. Supaya jumlah ifx pesanan TNI AU cepat terpenuhi.

      • Bung is a hell,,,
        Tentu bisa bung,,,jika PTDI sudah berhasil melewati beberapa tes, dan lulus,,,
        Ada hal2 yg harus diketahui dulu untuk mampu atau tidaknya PTDI memproduksi 5 pespur pertahun, seperti fasilitas perlengkapan yg memadai, anggaran yg cukup dan tidak terlambat, material cukup dan SDM yg mumpuni,,tentu itu bisa bung,,,
        Tapi sebelum itu semua, masih ada tahap PTDI harus sudah mampu membangun beberapa prototipe untuk bahan pengujian dari yg sederhana sampai ke tahap pengujian pertempuran, ini yg butuh waktu lama,,,
        Jadi waktu 5 tahun untuk sampai ke tahap produksi adalah waktu yg sangat cepat,,,jika bisa, PTDI bisa masuk jadi rekor perusahaan penerbangan terbaik didunia,,,

    • Carin

      Di menit keberapa ada ente itu ada dalam video zombi.

      • @ ngopekin koreng

        lah…itu tampilan aye di awal 2 detik ke 1

        indonesia dan rakyat pintar maju bersama carin…
        guyon sambil mencerdas kan.

        ha ha ha
        peace

    • @carin yang baik hati….saya tidak banyak mengomentari. Coba renungkan kalimat yang sedikit ini. “SEMUA TEKNOLOGI YANG ADA DI DUNIA INI ADALAH HASIL KERJA ORANG-ORANG YANG BERPIKIRAN OPTIMIS/PENUH KEYAKINAN.”

      • @ murai batu yang ganteng dan gagah perkasa dan tajir..dan soleh dan si senengin banyak wanita.
        coba renungkan juga kalimat yang sedikit ini…
        “semangkin banyak orang pintar teknologi ,maka semangkin cepatlah dunia ini hancur.”
        makanya harus di selingi lelucon,…agar dunia ini tetap berputar..
        tul kan….

        makanya,,orang stres..sok kuasa,..sok pintar,banyak hutang,orang gila …dll di larang baca ketikan aye…santai aja x

        ha ha ha
        peace
        NKRI …STROOONGGG

      • Iiiih carin, kmu nggemesin banget… Minta fotonya dong… Kya’ nya kmu cantik deh….

      • Setuju bung @murai batu, apa jadinya klo Alexander Graham Bell menyerah setelah berkali-kali gagal… Mungkin kita belum bisa Telponan,SMSan,WAan, BBMan sprti skrg ini… Ingat kegagalan Itu adalah keberhasilan yang tertunda… Baru gagal sekali coba lagi jangan pantang menyerah… Klo mau jadi orang sukses ya ga gampang, harus bnyk berjuang… Kristalisasi Keringat klo kata “Tukul”… Begitu juga Negara, klo mau Maju harus berjuang, harus bnyk pengorbanan… *_*

    • @Carin , hahaha Terus menurut anda kita harus diam gitu? enggak belajar sedikit pun?? …
      kalau mau mandiri ya harus belajar sedikit demi sedikit .. masih mending dapet ilmu dari pada cuman beli pesawat dan bengong waktu kena embargo

      • @ kit

        #Terus menurut anda kita harus diam gitu? enggak belajar sedikit pun?? …#

        dengan ketikan kamu itu..maka itu hanya untuk alasan “menutupi kekurangan/kelemahan anda”…hayooo jujur….kamu malas dan oon kan..??..:))

        selain kita harus dan wajb belajar……yang lebih penting ….!..tuh tarik pulang orang2 indonesia yg pintar dari luar negeri

        ha ha ha
        peace

  2. Lanjutkan General….

  3. bolak blik crta x

  4. wow 5 tahun ? lama ya hehe…
    tapi harga yg pantas untuk kemandirian alutsista ,Semoga bisa sesuai ekspetasi

  5. Dari awal gue udah yakinklo KFX/IFX bisa produksi dalam waktu dekat.

    • Saya lebih suka pada orang2 yang selalu berpikiran OPTIMIS seperti bung Ruskye@xixixi…..semua tekhonogi secanggih apapun awalnya dari riset dasar para ilmuan. Nah ilmuan2 ini adalah contoh orang2 yang selalu OPTIMIS.orang2 optimis akan lebih beruntung dan dapat mengikuti perkembangan jaman. Sedangkan orang2 yang PESIMIS akan tergerus oleh kemajuan jaman. …

      • Optimis harus bung @murai batu, tp harus ada dasar. Kalo tak berdasar itu namanya bukan optimis tapi ” Berani Bhabi “.? Lihatlah hewan Bhabi hutan yg asal berani nyeruduk, tdk perduli barang lunak atau keras main seruduk aja. Ternyata yg diseruduk batang pohon besar. Puyeng pala berby kawan.

        Petinggi Korsel mengatakan 2019 prototype bisa dibuat. Pertanyaannya kok bisa secepat itu.? Ya cepat donk, wong tinggal mindahkan teknologi F35 ke KFX/IFX (short cut). Itulah knp mereka sangat optimis. Setelah itu uji kelayakan 3 tahun.
        Kalo Korsel yg pemimpin proyeknya begitu optimis, mengapa RI yg tinggal mengekor saja harus pesimis.?
        Kalo toh meleset 1 atau 2 tahun atau bahkan 3 sampai 4 tahun meleset itu normal utk pemain baru seperti Korsel dan RI. Tejas aja butuh bertahun tahun masih jg blom final. Maka kita wajib optimis, seperti optimisnya pak Habibie pada saat beliau merancang N250 yg pada saat itu dapat cibiran dari sejawat menterinya maupun dari sebagian rakyat RI. Seperti optimisnya pemerintah RI pada saat memutuskan akan membeli satelit PALAPA pertama kalinya utk menyatukan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dng SKSD nya, walaupun banyak ditentang di dalam negeri. Namun hasilnya bukan hanya Sabang sampai Merauke bahkan negara Asean pun ikut numpang kawan

        Jangan terlalu banyak makan bubur agar hidup kita tdk dipenuhi sifat pesimis (kok bubur lagi yaa.?). Kita sudah bisa buat kapal LPD walaupun blom bisa buat sekelas Mistral. Kita sudah bisa buat R-Han walaupun blom secanggih THAAD. Tapi kita pasti bisa membuat itu semua kawan …..(edisi BuburBuruk_UntukKesehatan.com)

    • sebenernya persiapan kemandirian pespur jiga bikan hal yg baru2 ini juga,persiapanya sdh lama…pemilihan korea sbg mitra juga bukan gambling,saya lbh percaya kita mampu membuatnya meskipun jangan dulu berfikir nantinya akan langsung bisa buat ifx sekelas gen 5…

    • Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan lawatan Presiden Joko Widodo ke Rusia pada pertengahan Mei akan menyaksikan kesepakatan pembelian pesawat tempur Sukhoi SU-35.

      Ryamizard ditemui di area Istana Negara, Jakarta pada Selasa sore mengatakan, Indonesia akan membeli delapan pesawat tempur generasi 4,5 itu.

      Indonesia berencana membeli pesawat tempur Sukhoi dari Rusia setelah sebelumnya memiliki 24 unit Sukhoi 27/30 dari Rusia.

      Presiden akan melakukan lawatan ke Korea Selatan dan Rusia pada 16-20 Mei mendatang.

      Jokowi akan menghadiri Russia-ASEAN Summit di Sochi yang membahas kerja sama regional ASEAN dengan Rusia.

      Selain itu, menurut anggota Komisi I DPR, Salim Mengga, menyatakan pembelian pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia untuk mengimbangi kekuatan pertahanan udara nasional.

      Editor: Suryanto

      COPYRIGHT © ANTARA 2016

      ni yang nglindur siape ya bung ……
      mohon pencerahannya …..

  6. judul sm isi ga singkron

  7. Semoga lancar dan tidak ada kendala yg berarti.. Aamiin..

  8. solusi jangka panjang untuk menjaga kedaulatan indonesia tetaplah kfx/ifx. berharap pemerintah mempunyai komitmen jangka panjang thd proyek ini

  9. @orang baru makanya sering2 mampir dimari supaya anda bisa mengikuti artikel, perkembangan militer nkri maupun komen2 dari warjag( komen yang bermutu loh) he hehhehehe salam warjag

  10. Bung stephanus…. tolong comment nya

  11. saya akan terus menunggu 🙂 hehehe saya bangga mengapa ?? karena insinyur indonesia juga terlibat dalam pembuatan seperti design dan lainya…… ini mengapa korea selatan ngebet banget kerjasama dengan indonesia, karena indonesia cukup berkompeten dalam membuat pesawat.

    • Septian@betul bung korea berpikir bangsa kita sebenarnya kreatif banget. Contoh aja,pt pal yang sebagai murid dari korea malah menang tender waktu pengadaan kapal perang pilipin padahal korea juga ikut to tendernya.heehehee.
      Salam kenal warga jkgr dari warga baru yang awam tentang militer dan alutsista

      • Lha KFX/IFX ini kan awalnya mau dibuat single engine. Namun insinyur Indonesia bersikeras ini pesawat harus double engine, sesuai kebutuhan TNI AU karena geografis Indonesia yang luas diperlukan pesawat dengan daya jangkau yang jauh. Dan pada akhirnya disepakati desain dengan mesin ganda.

  12. Artikelnya muter-muter di situ saja. Pernyataam RR, lalu dielaborasi menjadi artikel pendek tentang IFX/KFX lalu digoreng. Tidak dalam.

  13. lama juga ya

  14. Futuristik elegan disign nya.,
    Ngiler pengen liat rilisnya hehe.,

  15. Percuma coment, wong kita gk langsung bilang ke orng yng bersangkutan. Pikirkanlah baik-baik. Misal coment langsung ama mentrinya/ajudannya. Dan kalo coment yang bermutu aja.

  16. Kita tunggu 5th lg….sabar menanti…

    Sukses ya say…..selamat belajaaaaarrrr PT.DI…

  17. Silahkan di buat yg lama asalkan hasil nya sedap sedap gitu dehhh masa udah lama hasil nya kaya F-35 wkwkwk jangan sampe dehhh

  18. sy penggemar berat KFX/IFX/F-33, tp sy nggak ada poster resmi KFX/IFX yg di rilis pihak KAI & DI kayak poster PAKFA

    • @tukang tebak
      Belum saatnya dibuat poster resmi KFX. Daripada poster dibuat sekarang nanti malah anda kecewa karena ternyata bentuk pesawat jadinya lebih sangar dibanding yg di gambar.
      PAKFA itu kan pesawatnya sudah ada dan sudah terbang, tak masalah dibuat posternya. Adapun gambar KFX yang sering kita lihat itu belum tentu seperti itu prototypenya nanti. Mungkin desain yang sesungguhnya belum boleh diekspos, masih rahasia. Lagipula dalam pembuatan prototype pesawat sudah lumrah terjadi perubahan desain.
      Sebagai contoh, N-250 desain awalnya memakai ekor Low Tail (mirip CN-235. Atau lebih mirip desain N-245 sekarang). Namun dalam perjalanan prosesnya, desain mengalami perubahan dengan ekor T-tail. Dan kemudian kita bisa lihat sosoknya pada prototype Gatotkaca dan Krincingwesi.
      N-219 pun sempat mengalami perubahan desain. Hal itu lumrah saja demi meraih performa yang maksimal.

  19. sy penggemar berat KFX/IFX/F-33, tp sayang nggak ada poster resmi KFX/IFX yg di rilis pihak KAI & DI kayak poster PAKFA

  20. PT. DI hrus memanfaatkan jgn smpe tender di rebut SWASTA.
    Maaf berbicara real…smoga insinyur yg studi banyak jebolan seperti IR.H. BJ HABIBIE.
    salam dirgantara

  21. Nyimak..

  22. kadang melihat coment² disini yg bilang kok lama,kapan dikirim dll….kadang sebelum memberi tanggapan mikir dulu donk.bikin pesawat bukan kaya bikin kerupuk yg tinggal digoreng jadi,banyak sekali tahapan²,persiapan dan perhitunganya….meleset sedikit atau tdk sesuai y kayak F-35 pesawat mahal tp banyak kekurangan dan kerusakan disana sini.#berfikirlah lebih cerdas dan secara logika. -salam ifx-

  23. saya pernh cakap dn ksh ulsan kat blog ni bahwasanya indo nak ambil tu peswat juang su35 cuma 8 atau 10 units,tpi rakan2 indo tak percaya.saya pnh ambil sumber kat website rusia bahwa indo cuma mahukan 8 smpai 10 units bukn 18 units kata cakap.dan skrng amerika syarikat ada pendkatan untk indo supaya ambil peswat juang f16 viper terbaharu,apkh indo nak dptkn sukhoi atau f16 terbharu yg mna peswat f16 viper ni,dikabarkan akan memiliki system avionic yang lebih canggih dan ada radar AESA terbaharu iaitu APG-83 SABR yang lebih canggih dari APG-80 yang digunakan di pesawat tempur F-16 E/F Block 60 UEA.dn kos untuk maintennce lbih murah 30% dn sperpart pswt juang ni tak sush sngat…

    • @TMB, sebenarnya TNIAU ingin ambil SU35 18 units tp amerika melobi mentri pertahanan pesawat juang f-16. Dan saya asumsikan Indonesia akan mengakusisi SU-35 10 unit full armed dan F-16 viper 8 unit. sebagai penguat asumsi saya Indonesia membeli AIM-120C7 AMRAAM & AIM-9X-2 rudal Sidewinder, dua rudal ini akan di pasangkan di f-16 viper! bukan untuk f-16 hibah!

  24. Semoga lancar dan gk melenceng ke mn2 program ifk ny….

  25. Mesin dari mamarika (mungkin sama dng gripen), sebagian besar/mayoritas komponen dari mamarika, kalau ingin lancar baik-baiklah dgn mamarika begitu kata menhan korea, KFX sdh oke dgn syarat pesanan F35, mungkin IFX jika ingin lancar seperti KFX harus pakai syarat pesanan F16V. xixixi. ngawur.com

  26. Saya kok Bingung , ketika ada berita Indonesia butuh 5tahun untuk pesawat IFX , banyak warjager yang bilang uuuuh kelamaan , saat IFX diproduksi negara lain sudah memakai gen-5 atau 6…

    weleh…weleh apa ga nyadar nya , kalau dulu kalian….

    butuh waktu 1 sd 2 tahun hanya untuk menghapal warna dan menulis ( di TK )
    butuh waktu 1 – 3 tahun untuk belajar baca tulis dengan lancar ( Kelas 1 sampai 2 SD )
    butuh waktu 6 tahun untuk menguasai matematika – sejarah – dan bahasa Indonesia dengan baik ( Lulus SD )
    butuh waktu 3 tahun untuk belajar IPA – BIOLOGI – FISIKA dan Bahasa Inggeris ( Lulus SMA )
    Butuh waktu 3 tahun untuk menguasai IPA – FISIKA – BIOLOGI – Rumus matematika dll ( lulus SMA )
    Butuh waktu 4 – 5 tahun untuk mengejar SI tehnik komputer / Rumus Algoritma ( PTS / PTN )

    coba kamu hitung berapa tahun yang kalian butuhkan hanya untuk belajar / pengenalan saja..tak kurang dari 15 tahun kan ? Dan lihat Amerika dengan F35 yang membutuhkan waktu lebih dari 10thn hanya untuk sebuah pesawat tambun nan rewel .

  27. Itu Msh lama, msh bnyk hambatan dan tantangan di dpn mata dlm wktu dekat trtama mslah perebutan laut kaya minyak dan gas di lcs, jd prcepat pengadaan 8 unit su 35 dan f 16 fighting falcon viper dulu. Salam.

  28. Waduuhh…dalam 5 tahun mendatang….kira2 tekhnologi pesawat amerika ama ruskiy itu kecanggihan avioniknya gmn ya ato senjata mereka….dan ifx pd ssat itu mengusung tekhnologi generasi sekarng….pucingg pikir….tolong dong pencerahannya dalam wktu 5 tahun mendtng itu ifx adaptasi tekhnologinya gmn….?????????

  29. saat saya mulai kenal teknologi optic, semua rekan kerja berpendapat kabel tembaga akan tamat riwayatnya dalam dunia telekomunikasi …. alkisah 20thn dari masa itu sampai sekarangpun kabel tembaga masih seliweran disana sini ,,, jadi saya optimis IFX akan terbang dan adaptasi teknologi pasti telah difikirkan jauh kedepan….salam.

  30. yg penting indonesia mengusai ilmu+bisa membuat pwst tmpur dulu.mslh radar ato apalah yg menyangkut teknologi kunci kita serahkan pada anak” bngsa. sya yakin mreka mampu…!!! indonesia gudangnya org pinter kx…

  31. ogah.. males gua. biar 1 juta x di terangin, si carin juga gak bakal ma terima. dia ngerti. tapi, dia kan gitu orangnya. biasalah.
    dia baru mau akuin kalau Tu pesawat udh jadi trus dia make sendiri. AU minjam dari dia. . jadi biarin aj deh tu pesawat jadi dulu. kan malah udah di percepat tu taon produksinya. ini tahun 2016, 5 tahun lagi kekuatan udara di serahkan pada KFX. kan bagus itu.
    terus yang kurang apa lagi sih?
    soal Sukhoi,tenang ajalah. dia di beli 8 unit lengkap ma isinya. yang bilang sukhoi gak di tambah lagi siapa sih???

    1.lanud-lanud kita udah pada di kembangkan 1 tingkat dan ada permintaan pembuatan lanud baru.
    2.pesawat yang tua akan di remajakan, di ganti dengan yang baru. hitung aja berapa pesawat tempur yang tua.
    3.squadron patroli dan buru sergap kurang. sekarang di tambah. maka akan ada pembelian pesawat tempur baru untuk mengisinya. makanya di bilang ada yang dari inggris dan swedia. itu wajar, bukan hal yang wow.
    4. teknologi russia sekelas sukhoi dan lain-lain yang jelas perlu. buat si ausie spy mikir-mikir. itu teknologi gak dia kenal. dia gak tahu kempuannya. pasti dia mikir buat jgn gegabah.
    5. ini semua bertahap, sampe 2024-2030.
    sabar nape???
    WONG BUAT KAPAL KKP KELAS 1 SEHARGA 250 MILLIAR SE-UNITNYA DI BELI SEBANYAK 30 UNIT AJA SANGGUP( RP. 75 TRILIUN LOH ITU) SELAMA 4 TAHUN. NAH, APA LAGI INI BUAT ALAT MILITER, ANGGARAN SEKTOR MANA SIH YANG TERTINGGI? NYANTAI AJA.
    GAK USAH TAKUT. PENGUATAN PERTAHANAN DI LAKUKAN SECARA BERKALA. FOKUS PADA INDUSTRI DALAM NEGERI DAN ALIH TEKNOLOGI.
    JANGANKAN SUKHOI, S-400 AJA DI TAWARIN BUAT KITA.. KITA AJA YANG KIKIR MAU MINTA TOT Dan pengurangan Harga. jadi itu barang terus di ulur-ulur babak akusisinya. kenapa kita pelit, ya karena yang mau di remajakan itu bejibun boookkk..
    3 mantra semua minta. makanya akusisinya alot, lama, berbelit-belit. intinya kita maunya murah. titik.
    Nyantai aja, tiap tahun ada kejutan-kejutan baru koq.
    SOAL F-16 V.. itu juga sama kyk yang di atas.
    soal f-16 yang dulu kualitasnya gak bagus… mungkin ada sebagian di sininyang tahu. tapi, mending diam aja. saya no coment… bisa jontor bibir klo terlalu cerewet.

    • Soal F16 hibah itu :

      Ditawarkan oleh US hibah F 16 blok 25 tetapi dengan syarat mau terima “as it is” atau dalam bahasa Indonesianya ” seperti apa adanya “. Jadi tidak heran ada retak atau lainnya.

      Trus karena kita mau upgrade itu pesawat ke mesin blok 52 tidak bisa karena bentuk air frame nya ada beda. Blok 25 tak bisa pakai mesin blok 52 karena tidak cukup tempatnya alias air frame blok 25 terlalu sempit ( tidak memadai) untuk memuat mesin blok 52.

      Jadi dipakailah mesin untuk blok 32 (mesin baru) dan juga avionik blok 32.

      Mesin baru 24 atau 28 unit dan avioniknya itu tidak gratis. Biaya pasangnya juga tidak gratis. Biaya testing pesawat juga tidak gratis. Biaya kirim pesawat ke RI juga tidak gratis. Biaya untuk gaji pilot US yang mengantar F16 juga tidak gratis. Tiket pesawat untuk pulang ke US juga tidak gratis. Biaya pelatihan di US buat para pilot RI untuk menerbangkan F16 juga tidak gratis.

      Jadi muncullah biaya USD 750 juta itu.

      Itu tidak mahal sebab biaya upgrade USD 750 juta untuk 24 pespur plus 4 + 2 pespur cadangan. Alias 750 dibagi 30 = USD 2,5 juta per unit.

      BAYANGKAN USD 2,5 JUTA PER UNIT PESPUR ADALAH BIAYA YANG SANGAT MURAH UNTUK MENDAPATKAN 1 UNIT PESPUR MEDIUM MULTIROLE.

      USD 2,5 juta JANGAN DIBANDINGKAN KUALITASNYA dengan pespur baru seharga USD 75-100 juta.

      JELAS KALAH SECARA KUALITAS.

      Tapi itu hanya untuk sementara saja.

  32. @ B.stepanus

    yee..si abang baru muncul…sedangkan sebentar lagi aku mo temuan sama si embah dan si om..
    ampunnn bang sumpah…baru 4 kali masa di bilang 1 juta x…..korupsi yah…?
    tuh kan kemarin avatarnya di tanganmu ada jam merk ROLEX DIAMOND,sekarang hilang…kemana hayoo..,dibanting yah..?

    HA HA HA.
    peace

  33. Bung @B.stepanus
    Mau tanya dong bung.
    Mesinnya KFX kemungkinan besar jadi pakai yg mana? Eurojet apa GE??
    Maaf bung saya sangan penasaran sama hal yg satu ini soalnya menurut saya ini salah satu bagian yg vital, mohon dijawab.. Hhe”
    Terima kasih…

  34. belom di putuskan. gak menutup kemungkinan ada lobi dari GE kepada militer korea selatan. tapi, sebagian besar di DAPA korsel berharap dengan Mesin eropa. tenaga lebih besar. penting dalam upaya menghindar dari missile AAM dan melakukan dog fight bila terpaksa.

  35. Gara-gara list A1 ini yg bikin galau para wjgr, ekspestasi jadi setinggi angkasa ttg belanja alutsista RI. Ketika ada berita “biasa” seperti ini, semua jd berontak dan kecewa.
    Udah, kita percayakan saja sama pemerintah.

  36. sukhoi 35

  37. semoga ntar di setengah perjalanan ada stop over … ganti jadi twin engine … khusus dibikin buat ane pribadi … engine nya pun penuh kejutan … siluman camo hitam super doff …. xixixi

  38. Tes tes cek sound cek sound hehe

 Leave a Reply