May 212014
 

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2014/05/21/1036/ifxkfxtwinsyster_130416_bs.jpg?resize=532%2C346

Jakarta -Indonesia dan Korea Selatan sedang mengembangkan jet tempur. Program tersebut bernama Korea Fighter eXperiment/Indonesia Fighter eXperiment (KFX/IFX).

Untuk versi Indonesia diberi nama IFX. Untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat tempur generasi 4.5 ini, diperlukan waktu minimal 8 tahun. Program KFX/IFX atau pesawat tempur pesaing F-16 tersebut, dari pengembangan sampai meja produksi akan memakan waktu 8 tahun atau bisa diproduksi massal sesuai rencana pada tahun 2022.

Untuk buat pesawat terbang militer itu normal 8 tahun. Apalagi skala fighter kalau pesawat kecil biasa cuma 4 tahun. Produksinya 2022. Prototype harus terbang pada tahun 2020. Itu sudah terbang. Itu untuk 2 negara,” kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) Budi Santoso kepada detikFinance saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta seperti dikutip Rabu (21/5/2014).

Pesawat tempur IFX versi Indonesia akan dikembangkan dan diproduksi pada fasilitas PTDI di Bandung Jawa Barat. Pada tahun ini, akan memasuki masa Engineering and Manufacturing Development (EMD). Fase ini mundur 1 tahun dari jadwal.

Sebelum masa EMD, insinyur Indonesia mempelajari dan mempersiapkan kesiapan teknologi dan sumber daya manusia pesawat tempur.

“Seharusnya dimulai tahun 2013 tapi dimundurkan 1 tahun ke 2014 akibat adanya pergantian presiden di Korea Selatan,” sebutnya.

Budi menerangkan, teknologi pesawat KFX/IFX akan mengadopsi pesawat generasi 4.5 atau lebih unggul dari pesawat F16. Namun biaya pengembangan jauh lebih murah.

“Jadi pengin cari pesawat yang lebih canggih daripada F16 tapi target kita lebih murah daripada F16. Kira-kita seperti itu,” sbeutnya.

Prototype atau purwarupa IFX/KFX bisa mengangkasa mulai tahun 2020. Selanjutnya 2 tahun kemudian baru memasuki fase produksi massal. Budi menyebut bisa saja Indonesia melakukan pengembangan lanjutan karena pesawat harus disesuaikan dengan kondisi geografis dan ancaman terhadap Indonesia. Proses penyesuaian tersebut bisa memakan waktu 1 hingga 2 tahun.

“Semua Alutsista harus disesuaikan dengan kondisi negara sendiri. Apakah musuhnya, geografis atau kondisi lawannya. Apa yang terjadi di Korea kan berbeda dengan di Indonesia. Dia satu kontinen sedangkan negara kita dikelilingi lautan,” terangnya.

Budi menerangkan untuk memenuhi kebutuhan militer Indonesia, pesawat tempur pesaing F16 tersebut akan diproduksi sekitar 50 unit. Proses produksi dan pengiriman pesawat akan mulai berjalan sejak tahun 2022 hingga 2030. Alhasil program pengembangan pesawat tempur menghadapi pergantian pemerintahan berkali-kali

“Ini ganti presiden berkali-kali karena kita lihat selesai delivery terakhir pesawat itu mungkin 2030. Itu dari 2022 tapi kalau nambah lagi ya terus,” katanya. (finance.detik.com)

  278 Responses to “Jet Tempur Indonesia Diproduksi 2022”

  1. prrtmak kah?

  2. pertamaxkah?

  3. wuiiiih adminya lagi banyak bahan, langsung digeber semua

  4. ke tiga

  5. Ketiga ternyata…

    Semoga cepat jadi & bisa dipamerkan

  6. Izin baca kang

  7. kayaknya saya pernah ingat kalau salah satu sesepuh di sini pernah bilang kalau jangan kaget jika ifx kita terbang lebih dulu dari kfx.jadi saya nggak kaget dgn berita ini.

  8. ini ifx rasa f35 yah kalo ifx nano nano rasa dalam negri kapan mass production ?

  9. sepuluh besar kah…

  10. 10 besarkh ?

  11. HHHHHHMMMMMMM….

    Menggoda bgt nih project pengembangan pespur

    semoga dilancarkan deh

  12. Nyimak agan” sambil nyrutup es campur dipojokan

  13. crut crut…..

  14. maksud anda komen seperti itu apa bung?

  15. Nice artikel…!! Semoga lancar kedepanya dan segera terealisasi…majulah bangsaku..siap tinggal landas menuju bangsa yg maju..NKRI HARGA MATI..!!!

  16. Saya rasa kedepannya programnya akan mundur lagi,pihak korsel nanti memfokuskan diri terhadap “ulah korut” dan nanti korsel ikut terseret konflik jepang vs rrc,maaf …mohon dikoreksi.

  17. Para sesepuh pada gak nongol. Bung Diego apa kabar sudah laamaaa banget gak komen.

  18. Semoga lncr sesuai target awal

  19. Gak percaya 2022 mulai produksi massal. Aq lbih percaya 2022 selesai produksi massal bersama korsel.

    Saat bilang rencana beli sukhoi 35 eh ternyata sudah lunas. Hihihi

    • By the way… Itu foto psawatnya kok lbih mirip jin rafa ya bukan ifx yg sedang d kmbangkan bersama korsel. Poro sepuh mohon penjelasannya. Hehe

  20. Ijin Nyimak sambil duduk di balkon..

  21. Tahun 2022 ? Lho itu kan sudah mulai drama perang pasific babak pertama antara China VS Filiphina, malaysia dan vietnam. Kenapa baru diproduksi ?kalau berani naik pasti akan ditembak Flanker china yang berbasis di kapal induk. Ingat ya adek-adek sekalian, tahun 2022 China akan mengerahkan 4 Kapal Induknya, 144 Destyoyer, 800 fregate, 300 Kapal selam, 4 LHD, 144 LST, 400 kapal tanker. 7600 sepawat tempur berbasis darat. dan kurang lebih 1,8 Juta tentara akan membanjiri, vietnam, semenanjung, dan 4 pulau besar di filiphina.

    • Sinar terang akan bersinar di timur. Sang Naga yang agung sudah menunjukkan kekuasaannya. Sembah sujud kami untuk sang naga yang agung.

      • bowo duplikat naranaya

        xixixi

        • terus tertawalah, tertawalah sepuasnya sampai pada suatu saat nanti anda tertangkap PLA dan kepala anda terputus oleh ketajaman pedang PLAN yang melengkung indah.

          • @ mbah bowo…

            hiiii seremmmm..lah nanti saya jalannya bagaimana kalau tampa kepala..,,? mbah..?? ..
            ooppss….mbah jangan lupa minum obat cacing nya yahh..?
            nanti kalau PLA datang ,mbah tidak demam..

          • tambah viagra ben kuat bung oke,
            ayo ayo sate usus karo kikil e

          • he 7x tahun 81 tentara PLA maju menyerang Vietnam utk meringankan tekanan rejim Heng Samrin thd tentara Khmer Merah Pro Beijing…walhasil tentara PLA hanya maju 5 km, selama seminggu ofensif.. walau dgn segudang senjata dan manusia yg dikerahkan…Tentara Red China secara senjata mungkin skr sdh kuat tapi kualitas mereka belum terlalu terlatih utk perang laut secara masif…Lagipula saya percaya Indonesia satu2nya negara Asteng yg terlatih melakukan serangan gabungan ala blitzkrieg Jerman…Indonesia lebih combat proven…exercise terakhir Indonesia adalah selain serbuan ke Aceh di thn 2000 an..belum dihitung..pengalaman di Timor Timur…kan Indonesia g bobo jg skr latihan terus dan modernisasi cuma g pamer he5x..karakter tentara Indonesia adalah pendekar silat…sifat pendekar silat itu merendah dan menyembunyikan senjata pamungkas mereka, tdk ada pendekar silat yg memamerkan ajian pamungkas mereka kecuali terpaksa…

      • anda lebih takut sama china apa tuhan mbah?

      • Sembah sujud kok sama naga,sama ane aja ente sujudnya bowo.dasar mental babu.mending sisa umur ente di gunain dengan baik dan benar.daripada komen disini di sumpahin mulu.piis mbah…cepatan tobat ya.

      • mancla-mencle.kdanq membela&menqaqunqkan asu&skutu.skranq mnqaqunqkan cina.ujunq-ujunqnya menqhasut.aduh mbah,mau lu nomonq apapun,takkan mnyurutkan niat&tekad rakyat indonesia bwt membela&mempertahankan keutuhan NKRI.seujunq kukuku yq hitam,tiada rasa takut buat membela NKRI.CAMKAN ITU BOWO.NKRI HARQA MATI.

    • bowo dukun…?? 2022 anda sudah mati mbah..

      xixixi

    • Ya mereka py semua itu tp belon tentu semua d kerahkan. Jgn hnya meliharmt head to head antar negara.. Koalisi kekuatan lain jg akn ikut andil dlm peperangan global. Indonesia n think thank nya pasti sudah menyiapkan apa yg harus d lakukan jk konflik terjadi. Jgn selalu mliht rilis. Strategi d belakangnya yg perlu kt gali info nya dr pini sepuh warjags. Mnurut penerawangan sy beliau2 adalah think thank dlm hl strategi pertahanan bgsa indonesia. Hehe cmiiw

    • yg ane pikir malah bukan sbelum atau setelah 2022 mulainya drama itu. justru yg menggelayut dlm benak ane itu apa nggak bisa dipercepat IFX produk th 2020 gitu?

      • bener dek, tapi sebaiknya negera kita saja ngalah dengan China. Jangan sampai bermusuhan dengan China, bisa hancur negeri ini.

        • Ngko ngko…….kakaek ini antek2nnya PLAN ya….

        • DULU ANDA BERKOMEN SURUH MELAWAN CHINA, SEKARNG SURUH BERTEMAN AJA, KOK CANGKEME SAMPEAN MENCLA MENCLE MBAH.?????? DEK REMMAH BEKNA MBAH…?

        • Tapi saya gamau indonesia jadi bangsa pengecut gitu
          Okelah saya akui china emang powerful
          Tapi kita ga selemah itu ampe harus ngalah dan jadi bawahan
          Kita ga sendirian kok

          • Kita dengan siapa dek ? dengan USA dan Inggris kita tidak ada hubungan apa-apa, dengan Russia pun juga sama. KIta ini sendirian.

          • kita?
            kita seluruh rakyat indonesia siap membela tanah air.

          • sopo kondo awak e kene dewek an mbak bowo
            aku ra wedi aku jek nduwe Allah
            katakan aku mati yo mati syahid mergo mbelo negoro
            RAWE RAWE RANTAS MALANG MALANG PUTUNG
            Pantang bagi warga nagari ngayogyokarto menyerah begitu saja

          • Bolehlah semangat menggelora, begitupun China dengan armada lautnya yang besar, tentu juga tidak mundur dari Laut China selatan, dan ZEE natuna kita terpotong 9 garis mereka. Dan mereka akan meremukkan negeri yang berani angkat senjata melawan mereka.

          • Lebih baik mati terhomat
            dari pada hidup jadi pecundang kaya mbah bowo

        • piye to mbah, njenenengan itu opo dah pikun banget? pertanyaannya ke utara njawabnya kok ke selatan.

          • jo galak2 mas dab kui wong pun sepuh pun katah penyakitipun
            njenengan ingkang nem sing ngalah nggih mangke kegowo darah tinggi

          • Mbah ini cinta NKRI, makanya mbah mewanti2 hati2, awas dan waspada SANG NAGA YANG GAGAH PERKASA sedang mengintai, siap mencabik negeri ini.

          • jk cinta NKRI justru tdk akan membahasakan sujud sungkem ke ku-bilahi khan, mbah. di kadipaten2 nkri cukup byk tersedia obat manjur bikin naga tak mampu mendogakkan ekor sekalipun

    • Jiah…. nongol lagi mbah bowo ck ck ck….

      • mbah hanya mencerdaskan para rakkat pembaca agar tau bahaya awal tahun 2022

        • mencerdaskan apa menyesatkan?

          • kami memang ga punya banyak renjata canggih
            tapi kami punya senjata ampuh yang paling di takuti dunia
            yaitu jiwa nasionalisme yang ada dlam hati kami, kami g mau
            kalau harus tunduk sma orang luar lg udah cape di suruh2 terus.
            percuma senjata canggih & personil jutaan tp g ada rasa
            nasionalis di hati nya. . .itulah jati diri kita bangsa indonesia.
            salam hangat bah. . .

          • @ bung HQ, coment mbah bowo menyesatkan, mempropaganda, cuci otak, atau apalah istilahnya. mending ga usah ditanggepin bikin emosi aja…

          • Nbah dulu awalnya membenci china, tapi mbah setelah lihat youtub mbah gak berani lagi dengan CHina yang agung

          • mbah,pertanyaan saya di no.23 belum dijawab mbah.

          • Wkwkwkwkkwk mbah bowo habis minum topi lurus wkwkwkkwk

        • mbah bowo pro amerika apa cina sih…

        • ngomong opo kentut mbah? Dulu 2020 sekarang 2022 jadi mundurlah ramalan mbah bowo? Manusia satu ini tdk boleh d pegang omongannya dulu sama
          Ostrali katanya saudara jangan musuhan sekarang pilih dukung cina dgn alasan nonton d youtube sampe ngeri.. MakSute opo to mbah…

      • kui asline gelar e
        “Kyai senggol modhot amuk gawuk”

    • Mbah Bowo kembali berdongeng… ayo Mbah, di teruskan dongeng nya bagus nie.. dongeng pengantar PUP.. 🙂

    • ayo mbah!teruskan dongeng dongeng mbah yang memuakkan!

    • aliran sesat detected!!!!

    • Mbah bawok…eh salah sorry,mbah bowo maksudnya… :mrgreen:
      Nggak usah,mrediksi thn 2022,kejauhan.mrediksi togel aja mbah super jackpot
      lumayan tuh bat mbangkrutin sonora,ntar duitnya bawa di mari buat ngebeli kodok,laler ma kura kura dari papabear…

      Asal tau aja ya mbah,kepruk-ngepruk adalah jalan terakhir buat yg suka usil,siapapun itu.sonora sonotan,mamarika,naga,dll.karna NKRI harga mati!

      Gak papa mbah,profokasi global.tapi ingat mbah ya…jangan sesekali membuat profokasi yg berbau sara di dalam negri!
      ss2 pasti minta tumbal.

    • Klo sang Naga brani nyenggol Indonesia bakal tak jadikn barongsai mbah… piye mbah setuju? Piiiiiis mbah salam knal dri putu barumu..hehe

  22. isu downgrade itu gimana?

  23. sbg bangsa yg memp kemauan keras tuk mandiri……memang di butuhkan kesabaran yg penuh….tp jgn smp terlena….kondisi regional cpat berubah…..shg NKRI buth alutsista yg siap dgunakan sewaktu2…..ambil dl yg canggih skrg….technology sambil brjalan…..NKRI aman dn terjaga…harga diri bangsa tegak bersama. NKRI harga mati…

  24. Wah… Mbah bowo ternyata berjiwa inlander nampaknya,sisa2 peninggalan kolonial.

  25. opo..mas

  26. Wah BELI dulu deh SU35, Rafale dan Eurofighternya. Programnya berhasil atau tdk saja kita belum tau.

    kalau 2022 ternyata pesawatnya mencong seperti layangan sengit gimana? dan tiba tiba sonotan sonora dan upil sudah menari nari di angkasa??

    • Baca dl artikel2 d warjag jika d rangkai dr clue 2 itu. Maka info itu menjadi jelas bahwa yg d rencanakan aka. Dan bahkan sdh terjadi. Jgn pesimis kawan.

  27. ibarat bayi, merangkak dulu baru berjalan, lari deh… buat pesawat ga segampang itu bung, masih mending kita bisa buat sendiri, mudah”an kita bisa ngembangin lagi mungkin sampe generasi 10++++++, CMIIW

  28. Jadi, IFX rasa F-35 akan diproduksi di PTDI.
    Nah, LFX nantinya yg rasa PAK-FA juga akan diproduksi di PTDI, ya?
    Jika IFX sudah ada, apakah EF Typhoon dan Rafale akan pensiun?
    Bagaimana dgn T-50, akan bersanding dgn LFX?

  29. ni puisi say copas khusus buat mbah bowo

    Semangat Pejuangku
    Karya; Imron Rosadi

    Bunga yang gugur,
    Diantara kembang yang layu,
    Ditengah medan tempur,
    Berseling peluru yang menderu.

    Wajah bengismu tak pernah gentar,
    Biar granat terus menggelegar,
    Kau tegar terus bersandar,
    Pada senapangmu yang hampir pudar.

    Gempur terus gempur,
    Jangan hiraukan walau tersurkur,
    Biar mati kita dikubur,
    Asal Indonesia menjadi makmur,

  30. Tak ada kekuatan absolud didunia ini,sebesar apapun kekuatan china, tdk lebih besar dari dunia. Semua saling tergantung, visi china dan indonesia sama yaitu menyongsong abad asia. Jika indonesia diserang apa dunia tdk bereaksi?tuh peralatan perang tdk akan berguna tanpa bbm.coba lihat palestine ,mereka mampu menghadapi perang berlarut dgn israel yg memiliki sejata canggih dan lengkap.semua ada yg ngatur kalau tdk sdh habis dunia ini.dimana kejahatan tiran beradu dgn tiran yg lain.

  31. tnang aja bung @wehrmaceth (susah amat nicknya hehe)
    yang komen di sni bukan anak tk qo, g gmpang di provokasi udah pda punya pendirian masing masing. .
    salam hangat bung. . .

    • Salam hangat juga bung kujang, cuma ngingetin 😀

      • Bung MJ….anda inget kalo lagi marah atau merasa di atas angin omongan kita gak kekontrol kan?itu tujuan mbah bowo…sy takut ada warjager yg mengetahui sesuatu yg urgent kepancing marah ngeliat komen mbah bowo yg ngelantur gitu… 😀

      • @wehrmacht : telat baca nih saya , pendapat anda ada benarnya bung…bulan lalu bikin statement A, sekarang statement B…akhirnya komentar mengenai artikel diatas melenceng ke china malah…ga usah digubris, beliau ini kalau diladeni lebih menjengkelkan daripada hoaxer lho 🙂 salam

      • Wah iya juga nih bung Wehmarcht… mudah-mudahan jangan ada yang keluar dari kotak pandora yang disimpen rapat-rapat yah….

  32. Berarti mbah bowo ini sejenis…………….

  33. istilahnya mancing di air comberan bung… aslinya sih beliau agen Asu .

  34. Pingin aku mempunyai mbah mbah seperti mbaw bowo ini, orangnya rada gila dan penakut ,biar ku jadika patok mercusuar di tanjung datuk supaya nakutin malatsia yg mau serobot tanah NKRI tercinta soalnya orang paranoidnya..dan bisa juga di buat latihan tembak tni di natuna tapi nembaknya pakai rudal tni yg versi terbaru, tq

  35. Setuju! @bung wehrmacht dan sahabat2 semuanya :
    Kedepan, …bagi yang ngetrol dan bagi yang komennya bersifat ngelantur bin ngoyo2 bagaimana klo kita diamkan saja karena tujuan utama mereka di forum ini :
    1. Membuat kekacauan.
    2. Menciptakan jiwa pesimistis.
    3. Argumen debat kusir…semakin kita tanggapi mereka akan semakin senang…
    4. Memperkeruh keadaan, kondisi, instabilitas dan mendegrasi nasionalisme kita.
    4. Dll. IMHO

  36. Maaf ane warga baru di JKGR, salam kenal buat sesepuh semua di warjag ini.
    Salam kenal buat mbah bowo…

  37. dalam sejarah tak pernah China menang perang melawan Indonesia,itu seperti yg saya baca dlm sejarah… maaf kalau saya keliru,tapi yg jelas China akan tetap memandang berbeda Indonesia daripada negara lain contoh nya Malaysia,khusus buat Malaysia kalau sampai terjadi konplik dgn China maka Malaysia tak akan bisa berbuat banyak mengingat ekonomi nya sudah di control oleh warga China yg sampai saat ini tak ada status bumiputra di Malaysia,dan juga tentu dalam conplik ini Indonesia bisa saja hanya menjadi wasit tapi harus wasit dgn segala persenjataan yg kuat agar wasit tak di leceh kan oleh pemain….. ini cuma analisis saya secara pribadi sebagai orang awam tanpa sangkut paut dgn segala kegiatan intelijen…. trima kasih admin atas sedikit ruangan utk saya numpang berceloteh

    • Setuju bung kilik panji. salam kenal dari arek Gorontalo

    • Bisa menjelaskan invasi mongol yang menghancurkan singosari ?

      • terus tembok china dibikin untuk apa, mbah ? tahan persia atau eropa atau amerika?
        tidak ada yang bisa ngelawan pasukan berkuda mongol jaman dulu mbah (the great atila)

      • coba anda jelaskan menurut versi anda, penasaran mode on 😀

      • salah kamu bowo! mana ada invasi mongol menghancurkan singosari?nonsens itu.yang benar adalah singosari dihancurkan kediri di bawah pimpinan jayakatwang.kemudian pasukan mongol datang tapi singosari wes kadung hancur.kemudian R wijaya hasut pasukan mongol untuk menghancurkan kediri yang di anggap pengganti singosari.berhasil.tapi mongol mongol kemudian mabuk mabukan merayakan kemenangan.saat lagi teler, di sikat R wijaya.sebagian ada yang mampus.sebagian lintang pukang melarikan diri.makanya kamu jangan suka mabuk BOWO.ayo belaajar lagi kamu.weleh weleh weleh ha ha ha

      • mbah bowo ketok longor’e wes…..

      • Di Surabaya Barat Daya ada daerah namanya Bangkingan asal kata dari Bangkai. Itu daerah tempat tentara mongol dihabisi oleh R. Wijaya padahal kita tahu tentara Mongol pada jaman itu paling canggih dan tentaranya banyak. Jangan meremehkan Indonesia Mbah! ojo nggugah macan turu

    • Karena cina menyerang nusantara dengan fisik bukan dengan akal beda dengan belanda, mereka menggunakan politik devide et empera untuk menghancurkan kerajaan-kerajaan di indonesia, mereka adu domba antara anak dengan bapak, keponakan dengan paman, saudara dengan saudara, negara bagian atau adipati dengan kerajaan atau antar sesama kerajaan di nusantara.

      Oleh karena itu, harap jaga persatuan dan kesatuan, jangan terpancing hasutan atau propaganda, pertebal rasa cinta tanah air dan jangan lupa selalu berdoa agar para pemimpin dan rakyat indonesia selalu dalam kesatuan dan persatuan.

      Amien.

  38. Bung jalo itu pesawat yg kerjasama dgn korea, KFX /IFX.
    Bagaimana dgn LFX, rancangan lapan, apaka mengudara pada 2022 juga atau lebih awal? Mesinnya apakah tot dr ruskie
    Mohon pencerahannya bung sesepuh?

    • LFX itu tetap menjadi bagian dari study untuk pengembangan berikutnya. Mengutip artikel diatas silahkan maknai.

      Budi menyebut bisa saja Indonesia melakukan pengembangan lanjutan karena pesawat harus disesuaikan dengan kondisi geografis dan ancaman terhadap Indonesia. Proses penyesuaian tersebut bisa memakan waktu 1 hingga 2 tahun.

      “Semua Alutsista harus disesuaikan dengan kondisi negara sendiri. Apakah musuhnya, geografis atau kondisi lawannya. Apa yang terjadi di Korea kan berbeda dengan di Indonesia. Dia satu kontinen sedangkan negara kita dikelilingi lautan,” terangnya.

      Di artikel2 sebelumnya sudah pernah saya bahas, bahwa KFX/IFX itu mengikuti kondisi geografis dan ancaman di Korea. Sukhoi kita aja itu belum masuk dalam kondisi kita. Nanti kalau ilmu sudah ada kita kembangkan dengan masalah dalam negeri. Kajian sudah ada, pernah saya tulis sedikit di artikel2 sebelumnya. Kajian itu untuk pengembangan berikutnya, nah kajian LFX mungkin bisa dimasukin juga. Kita sudah bikin kajian termasuk kalau mau impor dari negara mana yg mudah, seperti enggine, dll.

      Untuk LFX sudah punya kajian, kalau pemerintah bisa mungkin 2020 Insyallah sudah bisa. Yg penting anggaran dan tenaga cocok sesuai proposal (termasuk mendatangkan ahli kita di luar negeri). Kalau dilihat kita bisa cepat, tapi yg gen 4.5 dulu, sebelum melangkah ke gen seterusnya. Kenapa kita ikut Korea, karena anggaran kita belum bisa untuk meakukan RnD di dalam negeri.

      Tapi tim disana sudah menguasai hampir 80% teknologi pesawat tempur. dari 400-an core tinggal 22% lagi, ini termasuk siluman. Itu yg jadi engineer utama yg dikirim kesana namanya sudah tak asing di dunia penerbangan Internasional, beliau banyak ikut proyek2 pembangunan negara asing. Lalu teknisi2 Korea ada juga anak bangsa asli Indonesia, beliau2 membantu Korea karena faktor kerja disana. Kemarin saya sempat chating dengan beliau dan beberapa teman yg tersebar diberbagai negara, dan beliau2 mengatakan kalau pemerintah mengajak mereka membangun dalam negeri tenaga mereka siap, tapi ingat mereka itu sudah pada berkeluarga. “Curiosity” itu tidak menjamin di dalam negeri kita, 😀

      • Bung, jalo mantap semoga sukses.
        Ngemeng tenaga ahli, pt di dulu iptn ketika dulu digoyang imf khan pd nyebar tuh ahli pesawat, itu pada kemana semua?
        Dan mereka merupakan aset indonesia, mrk awalnya juga yg didik iptn melalui progrsm habibie, syng seksli jika blm atau tidsk di manfaatkan untuk kepentingan negara indonesia

        • Sekitar ribuan tenaga kerja kita di bidang pesawat tersebar seperti di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Arab, Jepang, Korea, Tunisia, ataupun negara-negara lainnya.

        • Habibie dulu mengelompokkan BUMN strategis dalam satu grup yaitu BPIS (Badan Pengelola Industri Strategis) agar efisien dan efektif, sayang dibubarkan.

          Untuk SDM, Habibie ada STAID (Science and Technology for Industrial Development) di mana mengeluarkan beasiswa bagi lulusan SLTA utk belajar di luar negeri dan lulusannya ditempatkan di BPPT dan industri strategis (IPTN, PAL, Pindad, dll).

          Sebenarnya kita sudah bisa memetik buah dari biji2 yg ditanam Habibie dan rakyat Indonesia tsb.

          Kalau pun para lulusan tsb tersebar dan terserak di seluruh dunia bahkan di tempat strategis milik negara lain krn suasana politik di sini waktu itu, kita ambil positifnya saja bahwa mersedasdng mengembangkan ilmunya agar lebih hebat lagi, sehingga kita dpt memetik blebih baik

      • Saya dengar dari desas desus katanya ada beberapa engineer Indonesia yg bekerja di boeing dan katanya sangat hebat sekali. Bahkan org boeing pun mengakuinya.

        Kenapa ga di tarik saja buat program ifx ini??

        Bukanya boeing yg buat F18 hornet?

        • Iya bener sekali, banyak di Boeing, di LM, di Airbus, di KAI, dll. Banyak yg menjadi senior Engineer, tapi liha dulu kasus Pak DI membawa Ricky Elson itu bisa menjadi contoh. Banyak artikel tentang perjuangan beliau dimari, mungkin bisa digambarkan.

          • Betul Bung Jalo,
            jika political Will Pemerintah Good terhadap Ahli2 pasti mereka akan pulang untuk membangun indonesia.
            tenaga ahli indonesia yg benyak menyebar di luar akan sia-sia kembali ke indonesia jika tidak ada penempatan yg sesuai atau dibiarkan begitu saja seperti kasus Bung RICK yg ahli dalam mobil listrik.
            ini yg mesti di hilangkan birokrasi yg bertele2 dan yg menghambat kemajuan bangsa.

            Clearence Government Sangat dinanti2kan rakyat indonesia.
            jika anggota dewan dan pemerinta side untuk membangun bangsa. Bangsa yg besar bakalan Bangun dari Tidurnya.

            Majulah Indonesia

  39. Tidak apa – apa Pesawat Tempur KFX / IFX dibuat tahun 2022….Ini lebih baik …Demi Generasi Penerus dan Keturunan Indonesia….Biar Kedepan Bisa Mandiri Alutsista yg Canggih dan MOdern…

  40. apakah sudah di pertimbangkan dgn interpensinya luar,? mengingat
    proyek ini sangat kental sekali dgn barat.

  41. tapi beritanya lebih ke masalah teknis teknologinya

  42. Banyak sesepuh warjag lg sibuk “camping” di situbondo . Jadi belom bisa merspon comment kita2. Hehe tunggu sesepuh kmbali pulang.

  43. Saya kok jadi seneng liat komen mbah bowo yg mencoba katakanlah (menakuti) para penyimak forum ini.
    Saya jadi brtanya apa maksutnya mbah bowo yg agak mencla mencle omonganya. Terang saja jadi penyedap bagi saya krna mbah bowo ini kok sllu pesimis,dan terkesan membuyarkan nasionalisme bagi yg msh brdarah muda. Sya nyimak lagi di pojokan. Heee slm NKRI.

  44. Benar bung , salah besar kalo kita takut sama china , ingat indonesia itu rakyatnya militan bung , jangan salah secanggih apapun kekuatan mereka jika mereka mau menguasai indonesia , rakyat pasti mendukung untuk ngelawan tuh naga silluman lewatin dlu komandan kancil

  45. setuju juga dah,bung wermak..

  46. Mbah Bowo ini celotehnya ambil positifnya aja…(apa ada ya positifnya?)

  47. Wow.. di sini ada yang lebih menarik dari isi kontennya . yaitu Mbah bowo.. applause mbah. sungkem dulu..

  48. kurangin atu mas HQ, tuh si mbah bowo.. wkwkwkwkwk

  49. Setuju bung wehr.. Tapi semua warjager dimari dah kebal ocehan bowo kok. Biarin aja dia kerja,jangan diladenin.kalo gak gitu makan apa dia nanti..

  50. Bijimane dengan tawaran dasault, dalam satu tahun LFX udh jd prototipe?

  51. buat 2 type atau 1 type bung gue. utk produksi nya,,

  52. Mbah bowo agen ganda. Spesialis penggiring opini…

    • Mbah bukan agen, mbah menyadari china tidak akan bisa dikalahkan oleh negeri manapun selama-lamanya.
      Hidup damai ternyata lebih enak, yang penting perut kenyang, pegang uang pensiun yang banyak. Mbah akan menyendiri saja, biar masalah perang pemuda-pemuda yang mengurusi.

      • mbah dari jaman majapahit juga ga ada sejarahnya China kuasain Nusantara.
        hehehe…. jadi ga usah takut jumlah ga akan berarti tanpa strategi.

      • bosen liat kau mbah, kata kata lo cuman itu itu aja, kagak ada yang laen.

      • mbah bukan agen..berarti mbah pengecer dong,klo gtu mbah pedagang asongan ya hehe

      • kata siapa mbah,,,Taiwan aja dari dulu g berani di senggol,,,beraninya cuma bacot doang seperti mbah,,,kalo mau liat yg berani tuh negara Japon,jerman,,, sejarah membuktikan,,,,,cina cuma bisa jd maling dokumen negara lain,,,mongol itu beda kultur dan budaya dengan cina,,,belajar dunk sejarah,,,makanya cina paranoid dengan mongol takut jaman jenghis khan terulang lagi,,dan juga mbah mikir g andaikata china dikucilkan baik secara ekonomi maupun secara politik oleh negara2 di dunia,,belum lg kalo seluruh warga cina di usir,,,teori sosiologi masih berlaku mbah,,,bagaimana pun mandirinya suatu negara pasti hidupnya masih membutuhkan negara lain,,,maaf agak emosian,,,salam mbah

  53. Bowo itu antek aus, dia berusaha mengarahkan warga warjag untuk memusuhi cina dengan segala cara, pertama dengan menjelekkan cina sekarang meng agungkan cina, tujuan akhir bowo adalah kita bangsa Indonesia memusuhi cina dan masuk ke blok barat
    ” bowo kami rakyat indonesia tidak bermusuhan dengan cina” kami tak mau perang ikut-ikutan di LCS melawan cina, untuk apa tidakada gunanya orang kami tidak dirugikan kok, TAPI bila cina berani mencaplok sejengkal tanah kami, kami seluruh rakyat Indonesia akan mati matian melawan.

    • yakin, sanggup melawan tentara PLA yang berjuta-juta jumlahnya ?

      Pepatah kuno :
      ” Damai itu indah, pulanglah, letakkan senjata, hiduplah normal”

      • inlander mode wkwkwk gimana mbah ada bisikan apalagi dari dari dedemit lcs? kalo jadwal perangnya berubah anda dosa lo mbah, dlu katanya perang ditahun 2030 sekarang berubah lagi jadi 2020, lalu perangnya itu sehari 2 kali ato 3 kali mbah

      • pepatah ngawur itu.masih saya tunggu lho jawabannya di no.23

      • Mbah dukun”eh mbah bowo..katanya dl diskusi sama bung satrio gk akan muncul lg di sini. Kok nongol lg tambah ngompol lg.
        Tp gk apa2 kok mbah, baca komen mbah bowo lumayan buat senam perut..ngakak sambil berdoa biar ora ketularan gendeng.

      • Cuekin aja mbah bowo.. biarkan dia asma dgn koment2nya.. Ibarat kita sudah tau orang gila tp kita masih mengganggu dan menertawakan karna tingkahnya . Justru yg gila kita yg waras.

      • wo, bowo…HANYA ada 2 (dua) hal yang MUSTAHIL di INDONESIA…ngerokok di Pom Bensin dan pake sendal di dalam Masjid…selain itu INDONESIA pasti BISA….cam kan itu!!

  54. Kalo ada yang satu ini, diskusinya jadi rusak. nggak ada manfaat sama sekali. lucu tidak, apalagi mendidik.. jauh!
    Tolong BANDD aja bung admin.

  55. Berlomba2 komentar pertamax,siji, 10 beaar 5 besar.bukan komentar atas artikel yg telah dibaca.kenapa ga sekalian top 1 top booster? Heuheuheu
    mohon donk komentar masalah artikel bukan koment ga penting.

  56. jadi ingat Cluenya Bung@PS ,
    jangan kaget,jika IFX kita terbang lebih dulu dari KFX 😀

    salam hangat Bung@Satrio, Jalo,PS,yayan,Gue,Diego .& semua warjagers

  57. Menurut saya nih mbah bowo dan teman-teman warjager, Menang lawan China LEBIH GAMPANG daripada lawan amrik tuh. Kalo ntar kita perang lawan CHina mah kita minta bantuan TIBET sama suku UIGHUR di XINJIANG ajah, selundupin senjata lewat India, sama Kyrgistan. Beberapa korban militer ato sipil ras kuning suku Han, yah paling-paling pemerintah komunis gak bakal bertahan lama habis itu. hehe

    • belajarlah dari vietnam yang meskipun jago melawan amerika tetapi merengek-rengek meminta genjatan senjata saat china menginvasi mereka tahun 1979

      • wah sekarang terbalik ya mbah!,wong chino pada babak-belur kabur keluar Vietnam buntut kisruh sengketa/klaim di lautan…gmana tuh penjelasannya mbah?

      • lah tadi mbah merengek-rengek minta di hormati dan dihargai.
        mbah gila hormat ya? atau mbah ada harganya?.
        mbah… mbah… maaf kan saya mbah saya menghargai dan menghormati orang tua seperti mbah tapi mbok yah pikiran mbah itu lebih bijaksana dan arif jgn lebay kaya abg alay..
        capcai deeehhh… 😀

  58. Kayaknya misi mbah bowo kena nih, semua koment ngarah ke dia, sampe sampe diskusinya lari dari topik.

    • abisnya bosen Bung,komennya gapernah bermutu selalu roaganda ga jelas… maklum sih,namanya juga orang bayaran hehe

    • IFX atau KFX atau apalah namanya hanya akan jadi sasaran tembak dari missile china dari ratusan destoyer mereka yang akan mengepung Rapat LCS.

    • Bung MP119.. itu salah satu metodenya.. mengatakan hal yang sama berkali..
      Our brains works in a funy way.. high end technology but easily manipulated..
      Ini metode soft brainwashing… jangan di tanggapi.. semakin kita agitated, semakin kita aware of the content.. dan isinya di ulang2.. seperti rewrite source code terhadap software.. dia masukin virus sama otak kita.. dengan membacanya, tanpa kita sadari virusnya menjangkiti otak kita.. kiga ga bakal nyadar..
      Sudahi topik tentang mbah bowo… case closed.. kalo dia bikin comment, skip it.. jangan dibaca.. scroll down aja.. sekali lagi, jangan tergoda untuk membacanya…!!!

  59. Kalau ada mbah Bowo mantap bakal ramai dgn celotehan bersahut sahutan.Lumayan jd terhibur bacanya 😀

  60. Bentar – bentar, ini mbahas mbah bowo apa IFX ??? Kok melencengnya 180 derajat dari artikelnya ??? 😀

  61. klo amerika bijak,cb biarin jepang mengembangkan industri militer mereka..lupakan dulu perjanjian pasca PD2,beri jepang kebebasan utk menciptakan senjata2 mutakhir versi mereka..saya yakin china bakal terkencing kencing,krn trauma sejarah takut terulang kembali,bgmn jepang negara kecil bs menindas china yg menjadikan wanita china sbg pemuas nafsu serdadu jepang dan pria china menjadi pekerja paksa pemerintah jepang..china yg menurut si bowo sang naga,cm dianggap jepang cacing kremi hehe

    • JEPANG pada perang dunia kedua saat menginvasi China hanya menguasai Kota kota pesisir di China, sedangkan kekuatan CHINA masih utuh di pedalaman.

    • Setuju
      Sebenarnya amerika saking paranoid dan trauma sama jepang
      Sampai bikin perjanjian pembatasan kekuatan militer jepang
      Dimata amerika jepang itu negara yang tidak boleh dibiarkan bangkit
      Gakebayang “nightmare” yang bakal dialami china kalo jepang berhasil bangkit

  62. NGERI………………… NGERI…………… POKOKNYA NGERI
    dengan setengah kekuatan armada lautnya saja PLAN dapat dengan mudah melibas armada ke 7 USA yang berbasis di pasific, dan setengah armada lainnya menghajar seluruh negara asean+australia.

    maka dengan itulah mbah akhirnya menyadari bahwa China tidak akan bisa terkalahkan selama-lamanya.

    • Gaada negara yang berkuasa selamanya sekuat apapun itu negara pasti
      Ada saatnya bakal hancur
      Inget aja keruntuhan bangsa romawi,majapahit,dan bangsa besar lainnya
      Yang pada masanya dianggap tidak akan terkalahkan
      Ujung ujungnya buyar juga

    • Antek2 Barat detected, dibayar brapa si mbah?
      Wkwk mau pemilu aktif kembali ya mbah..

  63. Selamat malam para warjager…

    Marilah kita sama2 berdiskusi yang baik dan santun dalam forum ini, agar pengetahuan kita tentang dunia militer bisa semakin bertambah. adapun person atau komen2 yang tidak membangun, jangan terlalu diladenin. person atau komen yang seperti ini hanya akan memenuhi halaman forum dengan komen yang tidak bermutu, yang akan berdampak pada ketidak-nyamanan kita dalam berdiskusi.

    Salam

  64. Kalau memang berita ini valid…mantabbbb !!!
    Mohon pencerahan dari zezepuh

  65. dari dua di antara kerjasama yng lain yang bisa saya tngkap adlh kemungki.an pengembangan ggerbong maut dan icbm..
    rekan2 ad yg mau memberikan pencerahan…

  66. artikel yang bagus, bs menumbuhkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, tp sayang pesan dr artikel ini jd kacau gara2 mbah bowo… salam hangat para warjager maaf nyampah…

  67. Udah udah.bowo nggak usah diladenin,ntar tambah ngawur ini diskusi.biarkanlah si bowo menggonggong kafilah berlalu.

  68. tadi ane coba profiling mbah bowo ini. sepertinya just another forumer. mungkin ada background sakit hati. tapi anyway, dari dulu emang paling susah menghadapi bangsa sendiri 🙁

    • Kalo mau lengkap minta sama bu

      Dia mah bukan forumer bung @flores warga lama dulu bareng di banned sama neng oke_lah :mrgreen:
      Ngga usah susah hati. Cuman liat yang baru baru ini kadang lucu. Liat kewiraan dan cara penyampaian pendapatnya aja. Mungkin kalo beneran perang mau direkrut tuh sama sesepuh. Kalo ane dulu dapet 3 peluru tajam nilainya 27 :mrgreen:
      Sniper gitu loh
      Tapi bukan sama sesepuh, menwa waktu kuliah dulu

      • he he he ok bung freaxout. hampir sempurna sebenarnya argumen2x mbah ini untuk didapuk sebagai ‘yang punya gawe’. tapi masih ada saja kekurang konsistennya sana2x sini, jadi ya sekedar aktivis internet saja 🙂

    • emang sih disini dulu ada yang sakit hati dan teriak2 di lapak sebelah karena kena stempel bung diego. malah mau bikin blog tandingan segala xiixixixixxi piiiissss

  69. Bung freaxout…he he he register 22 kyk hutan lindung aja :mrgreen:

    • Kalo mau lengkap minta sama bung @java indonesia di bawah , dari satrioleak loh nyangkut pilpres kok. Saya cuman nebak2 aja. Kalo mau minta harus nunjukin id asli soalnya. Tatut ane nanti ada den karung :mrgreen:

    • Kita harus hati2 dengan orang2 seperti mbah bowo ini bung wehrmacht…
      Aku takut ini semacam soft brainwashing.. semakin kita terbawa emosi oleh artikelnya, semakin bacaannya meracuni otak kita tanpa kita sadari..
      Semacam soft hypnosis.. mbah bowo kayaknya ahli psikologi juga.. semakin kita terbawa emosi, semakin kita aware ama mbah, semakin kita aware sama isinya.. semakin teracuni kita, tanpa kita sadari..
      Jadi himbauan buat temen2 warjager, apabila ada koment dari mbah bowo, skip it.. ga usah di baca..
      Dont ask too many question.. just do it.. trust me..
      Saya serasa kenal dengan metode ini, cuma lupa lagi sumbernya..

      • Ane gak setuju tuh ama bung ucav, menurut ane mbah bowo ini semacam dukun cabul yang mencoba mencabuli pikiran warjag ..mudah2 an gak ada yg kena ….he…..he….wkwkwk..lah omongannya aja ngalor ngidul…salam bung

      • Not hurt to take precautions.. mending waspada daripada celaka..
        Lagian dibaca jga ga ada manfaatnya.. malah mengaburkan topik diskusi kita.. liat aja dari komentar teratas sampai kebawah.. 80% ngobrolin c embah..
        Mending kita gunakan otak kita untuk memproses something useful..
        And jangan underestimate soft hypnosis..
        Iklan di tv juga salah salah satu bentuk soft hypnosis.. dan efeknya luar biasa..

  70. secara anggaran militer amerika jauh lbh gde dr china,kapal induk amerika ada 11,kapal induk china cm satu dah itu cm segede kapal roro,mending buatan china,kan eks rusia..blm lg armada udara jauh lbh kuat dan canggih pswt tmpur amerika drpd china..teknologi luar angkasa jg china jauh tertinggal..dan yg sdh menjadi rahasia umum produk china itu cm kw 2,kwalitasnya mmg ga bgs..hampir semua produk china sebenarnya tdk memenuhi standard internasional,mereka lbh mementingkan harga murah agar mudah diterima pasar,kreatifitas sm skali ga ada,krn mereka lbh terbiasa menjiplak produk asing,makanya ga heran klo bli produk china usia pakainya pendek dan klo rusak ya buang,gmna mau perang br skali nembak dah pd macet smua hehe

  71. mbah bowo kpan matinya yaa..

  72. “Menurut sy mbah bowo adl.org yg mengerti strategi militer dari sun tzu,jomini,frederic the great,clausewitz hingga mc namara.”

    Sanjungan yang terlalu tinggi

    Ahli militer, ahli strategi atau ahli popok sekalipun hura urus

    Mesem mbah nek dirasani… ojo mecucu wae…. 😀

  73. mbah terlalu banyak minum obat urat madu,,,

  74. mungkin saja teknologi pesawat dengan pilot manusia berhenti di gen 5…. gen 6 seterusnya unmanned (UAV) ….. tapi tetap pesawat dengan pilot masih dipergunakan… lagipula DI dan beberapa kampus dalam negeri juga sedang berlomba 2 membuat dan terus mengembangkan UAV

  75. Warjager harus tau bahwa cara menghormati orang tua macam simbah adalah tidak memotong, menimpali, menyela, membantah apalagi menghina. Biarkan saja, dan budaya kita mengajarkan jangan sebut nama. Jadi kalau ada simbah jangan menyela, membantah dan sebut nama. Biarkan.. Jgn dikomentari.

  76. Ijin nyimak…yg pasti NKRI tetap No.1 dan maju terus TNI

  77. Yang ane heran masih aja ada yg ngladenin bowo.
    Biarin aja knapa sih…

  78. Terimakasih agan @jalo peneranganya dari artikel diatas.
    terus terang saya lbh greget LFX dri pda IFX. Slm NKRI

    • Terima kasih bung Nganggita semar, intinya masih ada harapan untuk meneruskan LFX. Sekarang disimpan dulu bahan kajiannya, nanti kalau sudah adailmunya tinggal kembangkan atau menyempurnakan bahan kajiannya. 😀

  79. Mo serep ilmu kanuragan eeh ngomongin mbah bewok…Pantesan Para Sesepuh g koment dimari…jd g mood nie…

  80. @ mbah bowo. Tenang mbah, biar orang mau bilang apa, saya akan mendukungmu sampe akhir. Mendukung untuk d’bakar rakyat NKRI Bumi Pertiwi. Tinggal pilih, mau jdi bowo guling bakar ? Atau bowo kecap pedas manis ? 8-P saya juga dah siapkan tanah 1×1 mter buat makam (jdi mbah d’lipat), bisa pilih sndiri tipenya, cikutra ? Jeruk purut ? Jngan lpa pesan skarang mbah, hari senin harga naik. Salam buat sesepuh warjag smua, khususon @bung HQ, Numpang nebeng bung…

  81. mbah bowo juga pengecut nyuruh orang perang mbah bowo sendiri ga berani pakai alasan udah tua, mbah bilang umur mbah 65, dikampung bapak saya banyak tuh orang yg udah tua,bahkan ada nenek umur 90an masih berjuang buat cari makan mereka masih kuat bawa beban berat ,berjalan jauh,nyangkul sawah, artinya mereka masih mampu untuk ikut perang. jendral sudirman yg cuma satu paru2 fisiknya lemah (pasti lebih lemah dari mbah bowo)masih ikut perang
    di palestin bocah2 dgn batu berani melawan tentara zionis

  82. IFX rasa indonesia gimana nih pake 1mesin atau 2 mesin ??? Trus bakal di cangkok ToT EF atau RF ? Atau malah dua2 nya #hehe

  83. Begitu mbah bowo masuk, diskusi alutsista jadi gak fokus lagi hehehe…semua jadi nurutin komen simbah…misi mbah bowo sukses…yg lain ayoooo kembali ke laptop….hehehe….

  84. di wikipedia pesawat sukhoi kita jumlahnya sudah 23 pesawat lhohttp://id.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Udara..
    kemarin di http://www.deagel.com/fullframe.aspx?map=02 sudah ada 22 pesawat. kapan ya datangnya yang lainnya. weh tidak diliput media. kaum hoax yang taunya cuma 16 pesawat padahalk udah 23 pesawat.

  85. Waduh kena spam Mbah Bowo, ‘alat uji’ kesabaraan. Apapun komentarnya, NKRI harga mati. Salut Kemhan,DI, bpk2 disekitarnya, model pipeline -maaf klo salah-, untuk tujuan kemandirian

 Leave a Reply