Jet Tempur MiG-35 Kini Menjalani Uji Terbang

Rusia MiG 35 Flight

Jet tempur multiperan MiG-35 buatan Rusia. © Dmitry Terekhov via wikimedia.org

JakartaGreater.com – United Aircraft Corporation telah menyelesaikan uji coba pabrik jet tempur multiperan generasi berikutnya MiG-35, seperti dilansir dari laman TASS di hari Jumat.

“Pengujian pabrik jet tempur multiperan MiG-35 yang diproduksi untuk kepentingan Kementerian Pertahanan Rusia telah selesai. Sertifikat untuk penyelesaian uji coba telah ditandatangani pada bulan Desember 2017”, menurut keterangan perusahaan.

Selama pengujian, para spesialis MiG memeriksa peralatan radio-elektronik yang ada di pesawat tempur, sistem navigasi dan pencitraan, radar, mesin dan juga sistem pesawat lainnya. Pekerjaan tersebut sudah dilakukan sepanjang 2017 dengan bantuan pilot uji dari Kementerian Pertahanan Rusia.

“Dengan potensi tempur, ruang lingkup dan efisiensi misinya, dan perbandingan harga dan kualitasnya, MiG-35 saat ini merupakan pesawat tempur yang sempurna untuk di gunakan beroperasi dalam konflik bersenjata intensitas tinggi”, menurut CEO MiG, Ilya Tarasenko.

“Jet tempur MiG-35 memungkinkan untuk menggunakan seluruh jajaran persenjataan Rusia dan asing yang ada saat ini maupun yang akan datang, termasuk persenjataan yang dirancang untuk jet tempur berat”, Tarasenko menambahkan.

MiG-35 adalah jet tempur multiperan generasi 4,5 yang dikembangkan berbasis pada jet tempur MiG-29K/KUB dan MiG-29M/M2 yang telah diproduksi secara massal.

Uji penerbangan jet tempur MiG-35 telah dimulai pada tanggal 26 Januari 2018 dan presentasi internasional pesawat tersebut juga diadakan di daerah Moskow pada hari berikutnya.

Program persenjataan negara Rusia sampai tahun 2020 telah menetapkan pengiriman jet tempur MiG-35 ke Angkatan Udara Rusia.  Seperti yang dikatakan Presiden United Aircraft Corporation, Yuri Slyusar disela-sela forum investasi Rusia dihari Kamis, sebuah kontrak untuk pengiriman jet tempur MiG-35 kepada Angkatan Udara Rusia dapat ditandatangani tahun ini.

Leave a Reply