Mar 302018
 

Jet tempur multiperan JF-17 buatan Pakistan. © Shimin Gu via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – China akan melakukan upgrade jet tempur JF-17 Angkatan Udara Pakistan dengan sistem radar kelas dunia yang secara substansial akan meningkatkan kemampuan tempur pesawat itu, menurut seorang peneliti radar China yang dilansir dari laman China News.

Hu Mingchun, pimpinan Institut Riset Teknologi Elektronik Nanjing di provinsi Jiangsu, mengatakan bahwa radar active phased array KLJ-7A akan memberikan JF-17 banyak keuntungan dalam pertempuran udara.

“Produk kami akan sangat memperluas jangkauan deteksi jet tempur ini, memberikannya pandangan yang jauh lebih lama yang akan membantu mendeteksi pesawat musuh sebelum mereka, dan ini sangatlah penting karena dalam pertempuran nyata jika Anda melihat pertama, Anda berpeluang menembak duluan”, kata Hu Mingchun.

Hu menambahkan bahwa radar AESA KLJ-7A itu mampu melacak lusinan target dan melibatkan beberapa dari mereka secara bersamaan. Radar juga memiliki kapasitas anti jamming yang cukup baik dan membuat pesawat mampu menjauh dari gangguan elektronika musuh.

Radar KLJ-7A dapat dipasang pada jet tempur ringan atau pun jet tempur menengah. Ini adalah salah satu yang terbaik di dunia dalam hal teknologi dan kemampuan, kata Hu.

Institut Riset Teknologi Elektronik Nanjing, adalah bagian dari raksasa pertahanan milik China Electronics Technology Group Corp, adalah pengembang radar militer terbesar dan terkuat di China. Produknya telah dijual ke lebih dari 20 negara di Afrika dan Asia.

Jet tempur JF-17 Thunder, juga dikenal sebagai jet tempur FC-1 di Cina, itu merupakan jet tempur multiperan ringan yang dikembangkan oleh Aviation Industry Corp of China dan Pakistan Aeronautical Complex.

Pesawat ini telah dikerahkan secara luas oleh Angkatan Udara Pakistan dan beberapa dilaporkan telah dibeli oleh Angkatan Udara Myanmar. Sementara Cina dan Pakistan tidak berusaha mencari pembeli baru.

Wu Peixin, analis industri dirgantara di Beijing, mengatakan bahwa peningkatan dengan jenis radar mutakhir tidak diragukan lagi akan bisa meningkatkan daya tarik jet tempur JF-17/FC-1 kepada calon pembeli dari negara-negara berkembang.

“Radal KLJ-7A akan memungkinkan JF-17 dan variannya untuk memiliki kemampuan bertarung yang lebih kuat namun dengan biaya yang wajar, memungkinkan itu untuk bersaing atau menghadapi jet tempur malah buatan Barat atau Rusia”, katanya.

Hu menyarankan bahwa China harus lebih mendorong dan memberikan lebih banyak dukungan kepada upaya para produsen alutsista China untuk mengekspor itu karena dengan demikian teknologi dan produk pertahanan negara akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menampilkan keunggulan mereka kepada pembeli dan juga untuk memverifikasi desain dan kemampuan demi peningkatan lebih lanjut.

Lembaga penelitian tersebut telah mempromosikan serangkaian radar generasi terbaru yang mampu untuk mendeteksi pesawat siluman tercanggih di dunia, F-22 Raptor AS.

Jenis-jenis radar baru ini, seperti YLC-8B, SLC-7 dan SLC-12, mengintegrasikan metode deteksi pemindaian mekanis tradisional dengan teknologi array aktif AESA dua-dimensi, sehingga mereka mampu menangani tidak hanya jet tempur siluman tapi juga pesawat tanpa awak, dan bahkan rudal jelajah atau balistik, menurut institut itu.

Semua jenis radar tersebut dapat dipasang pada kendaraan, katanya.

Hu mengatakan bahwa institut itu tidak hanya menjual radar tetapi juga menyediakan paket solusi pertahanan udara kepada klien dan membantu mereka dalam penelitian dan pengembangan kemampuan klien itu sendiri.

“Di masa lalu, radar kami masih tertinggal sehingga kami harus mengikuti aturan orang lain baik di pasar maupun di medan perang. Sekarang kami telah mulai berubah menjadi pemain terkemuka di bidang ini. Oleh karena itu, kami menjadi pembuat aturan dan membuat yang lain agar mengikuti aturan kami”, jelas Hu.

Bagikan :

  58 Responses to “Jet Tempur Pakistan Akan Peroleh Radar AESA KLJ-7A”

  1.  

    Ditunggu vs tejas

  2.  

    bam bam bole bam bam bole

  3.  

    Thunder kira-kira setara dengan F-16 Fighting Falcon Amerika, yang juga dalam pelayanan dengan angkatan udara Pakistan, tetapi Falcon dua kali lebih mahal dibandingkan Thunder, Singkatnya, JF-17 murah, kuat dan tidak mencoba untuk menemukan kelasnya Masalah yang lebih serius adalah bahwa mesin pesawat masih buatan Rusia, yang mempersulit rantai pasokan logistik. Setiap pengguna yang ingin jet tempur mereka dipelihara dengan baik harus menjaga hubungan baik dengan Kremlin

  4.  

    saya rasa jet tempur ini cukup bikin semua jet tempur di kelasnya akan berputar haluan jika bertemu di udara

  5.  

    berikut negara2 yang tertarik tp tdk jadi membeli Algeria , Argentina, Bangladesh, Qatar, Egypt, Iran ,Lebanon , Malaysia, Morocco ,
    Saudi Arabia Sri Lanka dan Uruguay karena Cepat Rusak Mesin Jetnya, Hardpoint cuma 7, kemampuan radar melacak terbatas dll sbgnya, Kecuali Malaysia Tertarik tp nggak ada duit

  6.  

    Argentina ga jadi karena ga ada rudal anti kapal,nigeria dah jdi,iran ingin j 10 hehe ,khan radar dah di upgrade dengan aesa bro

  7.  

    AESA pun ada KWnya??

    •  

      Ya dong usa bisa hrs bisa buatnya juga jika tdk radar aesa,drone tempur,pesawat siluman dll harganya seenaknya mencekik,dijualnya hanya pada sohib,dll sekrg drone mq,f 35 khan harfanya diturunkan dan dijual lebih luas ,coba jika ga ada kompetitor? Drone saja awalnya dihargai 40 juta dollar

      •  

        Apanya, orang tuh negara sukanya jiplak punya Rusia.. Sampai kapanpun China gak akan pernah melewati USA apalagi Rusia. SLAVA ROSSIYA !!!

        •  

          Kata sopo komputernya dah yg terbaik sadunia kok haha org belajar dan punya tekad kras ya ganjarannya maju pesat bukan pesimis mental org terjajah jika ga jualan senjata,alat berat,minyak dan gas priduk rusia apa yg kuasai dunia? Komputer,telekomunikasi,otomotif ???

          •  

            Komputer aja masih pake Windows, HP masih pake Android.

            Lebih baik Rusia, masih punya Kapersky, atau Sergey Brin yg punya Google pencipta Android itu asli produk Rusia. Lah China buat apa?? Sparepart aja udah bisa dipenuhi Ama India kok. Hhhhhhhhhh

        •  

          Aduh rusia minta tolong ke china jual minyak dan gas 20 th 400 m $ sebab kebarat diembargo,sukhoi jika tak dibeli th 89 mw bangkrut pabriknya jdi kepaksa jual 100 pesawat su 27.. Ya saling menguntungkan jimy

          •  

            Rusia gak bisa diembargo minyak & gasnya bro, krna eropa tetap butuh gas dr russia, krna tanpa gas orang2 eropa itu sudah macam udang dimusim dingin & tanpa gas rusia? Industri2 eropa tdk akan aktif, jk mrk menggunakan batu bara? Kemungkinan kabut diseluruh eropa yg hrganya batu bara jika sampai tempat tujuan akan mahal, untuk itu tetap lbh efesien & fraktis gas russia yg hanya tinggal dibuka kran pipa gas ke eropa, dengan demikian? yg bisa mengembargo eropa itu adalah rusia, bukan tdk mungkin china bisa diembargo senjatanya klu sudh melnggar sanksi

            Hahhaahaaaa

          •  

            ah masak…..emang lu kgk ngerti masalah euro-4…
            yg artinya dieropah itu gas emisi juga diukur, makannya biofuel hasil dari sawit indonesia itu sangat laris disono, krn menekan emisi gas buang.
            biofuel oke, minyak gas ogah.

            makan tuh pantat ruskiyah, gw sih pro indonesia lah yau….kekekeke

          •  

            & klu china diembargo senjatanyaa? Yg gembira pertama kali adalah india & india akan mmborong senjata russia lbh banyak dr china, tapi rusia kan mmbuka perdagangan kpd siapa saja yg mmbutuhkan armada prtahanan militer sesuai syarat yg diikuti pelanggan setia russia

            Hahhaahaaaa

  8.  

    di test dulu, klu bisa menjatuhkan f15, baru di beli…hhhhh…

  9.  

    Untuk RI cukup dr Eropa Barat dan Timur yg sudah teruji kehandalannya! Klu negara lain ingin memborong pesawat ini silahkan!he3

  10.  

    JF-17 Thunder Multirole Jet Fighter

    https://youtu.be/9Z2xvfpXbAU

  11.  

    Soal kw/copy dll keliataanya mereka (tiongkok) sudh meninggalkan paradigma lama tsb mereka jadi sekrg jdi pioner contoh railgun,hipersonic dari rudal sampai pesawat,radar sampai nyamukpun dpt dideteksi sejauh 1mil dll

    •  

      LOL pioneer…..railgun,rudal hipersonic LOLOLOLOL

      terima kasih atas hiburannya di pagi hari
      mungkin bung juga perlu membaca hasil2 penelitian dan uji coba tekno militer barat dlm kurun 65 thun terakhir, itupun yg sudah dibuka utk publik
      tetap sya salut utk usaha masif industrial espionage dlm bentuk serangan cyber dgn sasaran utama data2 strategis hasil2 penelitian orang lain, sudah ada hasilnya kan.
      namun dibalik kesuksesan ada pengorbanan, misalnya kredibilitas dan wibawa diplomasi anjlok di mata komunitas internasional.

      xaxaxa

      •  

        pionir itu artinya mesin kadalan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC),,,,,

        klo negara sono kembangin sistem PTEC (Pioneer Timing Electronic Control)…….kekekeeee

      •  

        Terserah ente hehe yg penting kapal perang pertama railgun china yg pertama gunakan,pesawat hipersonic th depan dia yg pertama gunakan bukan barat hihihi apalagi ??? Liat th depan bro ,buktinya panglima amerika dah minta dana buat kembangkan hipersonic yg ketinggalan dari rusia dan china

        •  

          makanya bung belajar yg banyak
          birokrasi di sistem demokrasi beda dengan otoriter
          makanya jgn suka nebar paranoid,
          Jagoan atau pendekar juga bisa nyewa preman utk nebar kisruh dipasar biar dia jadi tumpuan perlindungan para pedagang di pasar, tapi toh perlindungan kan ada biayanya.
          dulu tahun 80an China juga pro barat kan…

          •  

            Aduhhh demokrasi mr trump kayax cowboy masih bilang democrazy

          •  

            penerapan demokrasi berbeda tiap negara

            bukankah anda komen kritik di mari juga hasil dari demokrasi, kebebasan berpendapat yg ada di demokrasi Pancasila dgn basis musyawarah?

            bukannya china juga ngaku demokrasi karena ada unsur2 demokrasi pemilihan elit2 partai utk memilih Kaisar baru? tapi mbok ya yg berbeda pendapat jngn berakhir hilang bagai ditelan bumi gitu loh.

          •  

            China itu lucu, ngakunya Komunis tapi gak malu nyebut demokrasi. Ngakunya Komunis, ekonominya pake liberal kapitalis. Hhhhhhhhhh

        •  

          Buatan Rusia tetap lebih baik daripada China !!! SLAVA ROSSIYA !!!!

          •  

            *Cipok mesra foto Putin

          •  

            Hati hati, Bung Anu. Orangnya bentar lagi mau datang kesini. Kalo ketahuan FSB, kelar ente. Hhhhhhhhhh

          •  

            Dibidang apa? Komputer,otomotif,telekomunikasi? Mang yg kuasai dunia dibidang itu sopo rusia?

          •  

            Komputer tetap USA, otomotif ya Jepang, USA, Jerman, Italia, Prancis, UK.

            Rusia?? Pesawat luar angkasa, nuklir. Ups, mesin pespur juga. China kan pesen Saturn AL41 ya, Emangnya mesin punya J-20 gak kuat ya?? Hhhhhhhhhh

          •  

            sekarang fans boy cina butuh dicerahkan….xixixizzZ….
            setelah fans rusia dan sekutu yang sudah banyak kembali kejalan yang benar…!!!
            sudah saatnya kita memerdekakan akal dan nalar kita dari belengu paham atau doktrin yang menyesatkan….mungkin kedepan kita bisa melihat suatu masalah atau persoalan jauh lebih cerdas dan bijak….
            Bila semua masarakat bisa berpikir demikian maka bukan mustahil kita mampu membuat perubahan secara signifikan ……YANG BAIK DAN BENAR BUKANYA DATANG DARI TIMUR MAUPUN BARAT,,,MELAINKAN DARI DARI TUHAN YANG MAHA ESA….JADI AMBIL YANG BAIK BAIK DAN BUANG YANG BURUK….ENTAH DARI SIAPAPUN ATAU NEGARA APAPUN…!!!

          •  

            Gak bisa juga saranmu itu aming lee, krna piye kabare msh idiot juga

            Hahhaahaaaa

          •  

            dia engak separah kamu sakitnya haa,,,yang perlu diobati pertama yaa seharusnya orang yang tidak bisa lagi diselamatkan,,,berkarat akalnya terkena oksidasi paham ruang lingkup yang terkorosi nilai nilai…pendek kata ikut arus baik selagi punya akal sehat dan nurani…!!!
            mengapa salah harus dipertahankan…???
            bingungkan kamu…???

          •  

            Oops, piye kabare katanya mau jd supir, loe mungkin minat kalleeee

            Hahhaahaaaa

          •  

            sepertinya sy melewatkan beberapa kejadian besar

  12.  

    Super komputer china sekrg no 1 didunia,tpi aneh yaaa kok export utama china ke usa yg utama telekomunikasi,otomotif,komputer jdi defisit 375 m $ itu dari bidang itu om ,.. .. Nisan,volvo,ford,gm saham china bnyk disana om terutama volvo dah diakuisisi

    •  

      yg mana yg mendunia, keh keh keh…
      lha wong yg bikin super komputer yg sampai fetaflop itu adalah nvidia, mungkin ente salah baca berita, wan.

      •  

        China buat super komputer tercepat dunia melalui sunway taihu light berjumlah 204 sdang usa 143,jepang 43 data terbaru yax bukan 2 th lalu hihi

      •  

        Jika tak nguasai perdagangan dunia ga bakalan dia punya devisa 3,5 triliun $ blm termasuk yg dipinjam usa 1,2 t $ via obligasi,aple jago? Ya betul tpi diproduksi dimana? Gm,toyota dll dimana produknya?

      •  

        hihihi, hp cina aja masih pakai android, teknologi kunci yg udah dikunci oleh billionare yg ga bisa ditembu cinak…kekeke

        •  

          Yg penting 6 besar hp dunia 4 dari china om penjualan didunia bin 35% pasar dunia hihi yg penting fulusssss

        •  

          iya sih brow,,,siapa sih yg kgk pingin hp cina,,,,sudah murah,,,,kualitas standar…..
          ya otomatis banyak yg suka walau dalamnya juga tetap pakai andro, yg mana setiap pabrikan bayar royalti ke google.
          dan google bermarkas di amerika, yg mana nanti kena pajak oleh petugas pajak di amerika juga….

 Leave a Reply