Mei 052015
 

image

Presiden Francois Hollande dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani menyaksikan penandatanganan kontrak jual beli 24 jet tempur Dassault Aviation, Rafale, senilai 6,3 miliar euro atau sekitar Rp 91 triliun.

Kontrak ini juga mencakup penjualan misil MBDA serta memberikan pelatihan kepada 36 pilot Qatar dan 100 teknisi oleh militer Prancis.

Kesepakatan jual beli ini diteken Senin, 4 Mei 2015, di Doha, ibu kota Qatar. Prancis juga akan memberikan pelatihan kepada sejumlah pejabat intelijen Qatar. “Ini sebuah pilihan yang bagus,” kata Hollande usai berbicara dengan Sheikh Tamim.

Eric Trappier, Direktur Utama Dassault, menerangkan, setelah Qatar menyusul Kuwait yagn kini sedang mengevaluasi kemampuan pesawat terbangnya. “Penjualan ke Qatar merupakan pertanda bagus bagi seluruh negara di kawasan Timur Tengah,” ucapnya

image

Kabar bagus lainnya buat Prancis, India sepakat membeli setengah dari jumlah awal pesawat Rafale yang dipesan dari Perancis, ungkap seorang sumber di Kementerian Luar Negeri India kepada Sputnik.

Pada tahun 2012, India mengumumkan rencana pembelian 126 jet Rafale dari Dassault Aviation. Menurut sumber Kementerian Pertahanan, India mengubah rencana pembelian awal, dan kini membeli langsung sekitar 60 pesawat dari Perancis.

Surat kabar Le Monde Perancis melaporkan, India berniat membeli 63 jet Rafale dengan nilai $ 7,7 miliar. Kesepakatan pembelian pesawat tempur Rafale diharapkan dibahas Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Prancis Francois Hollande selama tiga hari kunjungan Modi ke Prancis.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi meminta Prancis segera memberikan 36 jet Rafale secepat mungkin.

Pemerintah India menyampaikan keperluan Multirole Combat Aircraft untuk Angkatan Udara India, yang bisa terbang secepat mungkin.

Pesawat akan dikirimkan dalam jangka waktu secepatnya untuk Angkatan Bersenjata India, setelah diuji dan disetujui oleh India, dan dengan perawatan tanggung jawab Prancis. Modi dan Hollande juga akan menandatangani 17 perjanjian termasuk tentang energi nuklir.

Selain Qatar dan India, Mesir lebih dulu membeli jet tempur Rafale Prancis, satu bulan ke belakang.

Tempo.co dan SputnikNews.com

  138 Responses to “Jet Tempur Rafale “Menyalip di Tikungan””

  1.  

    hmmm …

  2.  

    tumben masih sepi… Gimana perkembangan penjualan Rafale di Asia tenggara yah?

  3.  

    Pertamax,,,
    Waah Rafale makin gencar aza nich

  4.  

    sik sepi

  5.  

    Semoga pemerintah tetap memilih su 35

  6.  

    Indonesia jadi beli apa nih? Asal Jgn F16 lah

  7.  

    Sepertinya berita ini akan membuat RI semakin bimbang. Semoga kebimbangan yang berbuah kemantapan tentang jenis dan jumlah pengadaan skadron modern.

  8.  

    timur tengah doyan rafale,,,,,,kita doyan nya ma su 35 ja lah sama typhoon, tapi pemerintah tak kunjung membelinya,,,,, hanya angan2 ja yg tinggi,,,banyak omongan dan janji2,,,

    •  

      Bisa saja sudah, tapi dengan rincian menjadi makhluk ghoib (tapi ingat list A1 pembelian alutsista dibuat oleh pemerintahan sebelumnya, pemerintahan sekarang hanya meneruskan).

    •  

      Ingat Bung, kalau sekedar beli mungkin sdh dilakukan sejak lama. Apa yang didapat dari pembelian itu yang “mahal” ,,, pasti alot nya luar biasa. Maklum amanat UU

    •  

      Mereka negara kaya dari minyak.Yang kerja asing mereka cukup onkang ongkang kaki saja ,tapi dapat duit banyak. Para Sheikh punya Harem buat mengumpulkan puluhan wanita cantik dari seluruh dunia.punya business jet . Jadi wajar saja mereka beli barang bagus,tidak ada keringat rakyat yang mereka keluarkan untuk dapat duit banyak.

  9.  

    Tunggu aja, 25 thn lagi ifx jadi…negara2 lain udah pake piring terbang hihihi….

  10.  

    Kayaknya pemerentah kita lebih senang beli alusista bekas….contohnya F-16 bekasnya ASU baru dipakai langsung nusep ! untung pilotnya selamat, kalau mau beli SU 35 mimpi sajalah nggak bakalan…

  11.  

    Nyaris ketipu judulnya, ane kira yang indonesia

  12.  

    Gmn nih kabar sukhoi SU-35 jangan2 udah di salip ditikungan istana…

  13.  

    Yang meraguin indonesia bs mandiri bikin pespur pada sinis2 bgt omongannya..
    ‘Gak apa2 gak mandiri, yg penting strooonnngg’
    Strong palamu itu…

    •  

      sebagai bagian dari bangsa ini, seyogyanya kita harus optimis bung……

      saya yakin 5 – 10 tahun kedepan, indonesia bisa mewujudkan kemandiriannya…..

    •  

      Ada optimisme, ada juga yang namanya mimpi. Kalau RI punya perencanaan yang berkesinambungan, platform dan midterm target yang jelas, dukungan finansial, pengembangan sumber daya manusia … bolehlah optimis. Tercapai atau tidak, itu masalah lain.

      Tapi, kalau mengatakan “5-10 tahun lagi Indonesia mandiri” tapi tidak “ngapa-ngapain”, itu namanya mimpi.

  14.  

    sok tau

  15.  

    Rafale bodo amat, mang gue pikirin, yg penting SU-35S & EF.Typhoon !!!
    ( tp br sampe level ” akan akan ” doang ), ……. ngarep.com !!!

  16.  

    Mahal pakei Bingit khan Brooo,.. Bagi dompet seorang laki laki. Hikz. Hikz.

  17.  

    wow, harga pembelian hampir sebesar anggaran pertahanan Indonesia, muahal sekali..lebih baik tetap SUKHOI-35S Super Flanker, dengan kekuatan 1 skadron, kemudian gpp kita ngeteng beberapa misalnya beli 4 unit Eurofighter Typhoon dalam rangka kita oprek jeroannya..untuk keperluan pengenalan mesin IFX

  18.  

    om bruang mau kasih nambah ++ lagi, asiiiikk

  19.  

    Kasian orang lain beli Indonesia hanya liatin saja. Yang ada hanya ” AKAN ” “RENCANA” “TERTARIK”.

    Hahhahaha kasian deh loeeee..

  20.  

    Rafale emang sip dah… Ambil aja ! Sekalian Typhoon dan SU-35 nya, gripen buang aja kelaut karena udah gagal total ! F22 Raptor udah lemes ngelihat Typhoon,Rafale,dan SU35 jalan bareng

  21.  

    sepertinya demikian

  22.  

    Timur Tengah dari dulu hanya jadi OBYEK buat produk2 BARAT, termasuk Alutsista..walaupun mrk KAYA kalau minyaknya diHISAP terus y lama2 habis jg..semoga kita tdk seperti mereka, jd KEMANDIRIIAN adalah syarat MUTLAK..saya YAKIN DENGAN adanya INDUSTRI STRATEGIS 5 tahun kedepan smua Alutsista untk smua matra bisa diPRODUKSI di dalam negeri..

    •  

      Ya ngak heran qatar. Alutsista nya klu bukan buatan amrika, perancis atau british. Ngak ada itu buatan china atau russia di air forcenya. Qatar juga pespur nya mirage 2000. Mereka sudah terbiasa dgn barang perancis.

  23.  

    WAJARLAH………Rafaele lakunya di Timur Tengah, Qatar menyusul Kuwait

    Tim-teng kan cuma bisa dagang kurma, minyak wangi..
    Indonesia masa beli rafaele, mending mengembangkan sendiri jet tempur kan udah ada M.O.U dgn Korsel buat KFX-IFX

    apalagi jika anggaran militer dpt terealisasi sampai 200 Triliyun/thn beberapa thn ke depan, dpt T.o.T, joint production..
    untuk 5 th ke depan beli aja dulu Su-35 1-2 skuadron utk menjaga kekosongan

  24.  

    Kalo ga ngerti militer,mnding loe diem aj.Gw cinta RI dan TNI,trmasuk brng goibnya.Yg hobi ngehujat RI,mndingan loe pke rok pink aj,mangkal sana !

  25.  

    raimu asu. raimu antek asing gk onok nasionalisme kupingmu rungokno jokowi ngomong ojo disumpel headseat thok ae. barang import hrs melakukan tot dan harus menggunakan bahan baku dlm negri minimal 40% perusahaan endi sing gelem nrimo syarat ngono

  26.  

    sebenarnya bukan begitu, ada sebuah game yang cantik antara india – prancis – rusia – jerman

    pada gak ngeh ya ?

  27.  

    IYA LAGI TAMASYA

  28.  

    QATAR BELINYA PAKET KOMPLIT, SUDAH TERMASUK RUDAL CANGGIH YANG BANYAK.
    JANGAN SAMAKAN DENGAN INDONESIA YANG SERBA “NYICIL”

  29.  

    Gileee mahaaaal banget tuuh hrg Raflee, 6,3M euro sama dg 6.300 jt Euro, utk 24 unit pesawat, berarti per pesawat harganya 262,5jt euro..weleeh kalau dlm US dollar 295jt per pesawat…meski “mencakup penjualan misil MBDA serta memberikan pelatihan kepada 36 pilot Qatar dan 100 teknisi oleh militer Prancis.” buat kita rasanya harga tsb sangat fantastiss

  30.  

    ITU PAKET KOMPLIT WAK JOOOOOO
    TERMASUK RUDAL

    JANGAN SAMAKAN DENGAN INDONESIA YANG BISANYA BELI CETENGAN

  31.  

    India beli rafale untuk ganti mig21 dan mig27 mereka. selain rafale, mereka juga upgrade pesawat mirage. su30mki mereka kan guna teknologi dari perancis dan israel. Wajar aja klu mereka pilih rafale kerana ada kesamaan.

  32.  

    Di sini udah gak bisa nyalip, udah dicoret, peserta tingal 2 :mrgreen:
    rawan embargo

  33.  

    Bung diego saya berharap anda sebagai adm di sini menertibkan yg berbicara seenak wudele dewe “yg menjurus kasar” apakah Rakyat Indonesia seperti ini kalau ngomong??? Ayolah diskusi yg baik jangan menggunakan kata kata yg kotor

  34.  

    Prihatin dengan tutur kata yang digunakan.

    Etika ke berbangsa, berbahasa dan bernegara perkembangnya apakah seperti ini yang diinginkan..?

    Menulis sama dengan yang diucapkan,

    Semoga tetap santun bertutur dan bijaksana..

    *Piyayi cilik yang tetap belajar dan belajar

  35.  

    Kalau ada yang bilang RAFALE pesawat jelek ,jelas tidak mengerti apa apa. Ini master piece Perancis. Tapi masalahnya Indonesia tidak punya kemampuan beli ,barang bagus mana ada yang murah. Untuk Indonesia cukuplah SU 35 murah tapi menakutkan tetangga.

    •  

      Sebenarnya bisa kalau mau. ikut mcm mesir. Loan dari bank perancis. Bayar dalam tempoh 10 tahun ansuran. Mesir ambik 24 rafale + 1 unit frigate fremm. Klu indonesia ya bisa ambil 16 + 2/3 unit frigate fremm. ini pandangan saya saja.

      •  

        Sebenarnya bisa Pak Cik,tapi Indonesia lebih butuh kemampuan buat pesawat sendiri makanya ada syarat harus mau transfer tehnologi,buat menyempurnakan IFX nanti.Kerjasama sama korea mirip seperti IPTN dan CASA Spanyol. Prototype pertama adalah hasil kerjasama seterusnya bebas mengembangkan sendiri.
        At the same time ,juga butuh pesawat untuk mengimbangi F35 ,Singapure dan Aussie ,pilihan yang pas dikantong cuma SU 35.

  36.  

    Indionesia tak tunggu dari tahun kemarin kok nggak deal deal ya.Kalo Indonesia mau beli rafale udah kesalip ama india mesir qatar kuwait terus mau dapat tahun berapa?

    •  

      kalau saya punya imajinasi sndiri bung@LG,… kita dapat nya setelah/berbarengan dengan negara2 tersebut di atas,…., knp,..? orang kalau di bayar upahnya kan setelah pekerjaannya selesai….. loh kok gitu? lah kita kan kemarin2 dah jadi team penentu alias penyicip masakan, ngapain coba mereka kemarin mau-maunya unjuk terbang di Halim,… kalo bukan buat mendapatkan rekomendasi kata Yes. setelah itu baru deh berita pembelian Rafale ramai terdengar…. Aneh bin ajaib kan>>>>. maaf cuma imajinasi saya aja loh bung,… hihihi…

      •  

        cuma saya juga masih bertanya2,… kira2 kita dpat barang yang sama atau malah hal lain yang cetar membahana…. hanya orang2 tertentu yang tau tuh,…hihihi…. maaf hanya opini ngawur.

  37.  

    qatar ibu kotanya apa yach?

  38.  

    lontong itukan dlu waktu pak harto pro ke NATO. sekarang zaman reformasi alutsista dari barat dan timur masuk semua ke indonesia

  39.  

    Ya beetul bng lucubanget mreka bele2in barang asing sampe brwntem kykgitu, ap mreka sales kl ya, di gambar animasi 3d lucu kliya. Indonesia punya r80 gak bkal kiamat, punya su35, rafal, tiphon, dll gak bkal sppower. Banyak cara menuju kemandirian bangsa….

  40.  

    maaf OOT, Lapor !!!
    dapet bocoran alus dri ndan Ngurah Rai

    ”kalo new sovre memang ada dan itu baru 50% pembuatannya dengan menggunaka hull Sigma class dengan armament rusia prancis dan beberapa komponen buatan NKRI”

    Laporan selesai πŸ˜‰

    Peace πŸ˜€

  41.  

    sepertinya demikian

  42.  

    Comenya Memang parahhh,,,, bikin males baca

  43.  

    Lho??… demokrasi opo ora??..bebas berpendapat to sam…sing penting ora nyacat pak mbokmu wae..ngono kok bingung..

  44.  

    Garuda pancasila akulah pendukungmu
    Patriot proklamasi sedia berkorban untukmu
    Pancasila dasar negara, rakyat adil makmur sentosa, pribadi bangsaku
    Ayo maju maju, ayo maju maju, ayo maju maju

    Ayo maju segenap bangsa indonesia dr pemerintah lembaga n rakyat .

    Indonesia luas lautan dan daratanya .
    Bukan kritik menghina tp kritik yg membangun .
    Pantas negara ini mudah di adu domba .

    Sang pemimpin pun pasti memikirkan bagaimana cara mensejahterakan rakyat dan mempertahankan kedaulatan NKRI .

    NKRI harga mati .

  45.  

    Rafale emang jos seperti yg pernah terlihat terbang dibromo

    •  

      klo gk salah sama Mirage juga ya bung ??? Oh ya bung ane mau nanya,,,, kapal destroyer kita ada di dimana bung ??? Daerah saja bung… Soalnya ane pernah lihat di google maps ada kapal mirip destroyer bersandar di naval base terbesar dan terlengkap di ASEAN

      •  

        Untuk homebasenya ada diselatan jawa, barat sumatra dan yg sering nongol ada didaerah timur, nah didaerah tsb kapal sering mondar mandir, karena topografi laut kita yg pas buat kapal besar hanya daerah tsb, kalau dijabar antara banten dan jabar, kalau pas ronda dijateng ada dinusakambangan, kalau dijatim rumahnya ujung jatim, kalau ronda dijatim sering dipapua,sumba,dan sulawesi, nah perlu diketahui juga sering kapal yg besar tsb ronda bareng lontong” yg isinya 50awak satu hal lagi kedatangan kapal US ke Indonesia ada maksud untuk mengendus lontong” nah pada saat mengendus itulah lontong” diistirahatkan sebagian yg lain tetep jaga, kalau tidak percaya datang saja ke Palu disitu markasnya, nah kembali lagi ke destro, kunjungi saja daerah” yg punya laut dalam, atau nunggu saja pas HUT tni pasti akan keluar tu kapal

        •  

          Wih mantap bgt… Pantes aja USA sampai bawa destroyer dengan laser segala… Makasih banyak ya bung Ilmunya, sgt bermanfaat… Makasih banyak bung, maaf klo ngrepotin.. πŸ˜‰

        •  

          wow ternyata kita sudah punya destro ya bung.. mantaps surantaps…, btw destro kita dari class apa ya dan kira2 jumlah nya ad berapa bung? maaf klo tanya nya agak detil, tks sblmya salam kenal ya bung panci…

          •  

            sudah lama kita punya destroyer kok cuma ada tambahan namanya biar keren. namanya itu “Destroyer Escort aka PKR”

          •  

            tapi bung alugro PKR bukan nya sedang dalam pembuatan, klo menurut bung BP diatas destro kita sdh ngider bolak balik, apa PKR sbtulnya semua sdh rebes dibikin kah bung??

          •  

            saya hanya bingung membayangkan destroyer sebesar sovremeny itu bisa tidak tertangkap kameranya google earth kok bung. apalagi sampai bisa mengelabui satelit militer. lain halnya kalau ks, mau satelit militer, mata dewa sampai matanya sauron pun sampai memicingkan mata juga kagak bakalan ketemu itu makhluk. kalau equipmentnya bu susi saja bisa melakukan identifikasi kapal di atas 20 ton apalagi makhluk 6000 ton ?

          •  

            Entah ane salah lihat atau bener (semoga aja bener) gambar dri google maps dri atas kyk ini

            https://laststandonzombieisland.files.wordpress.com/2012/04/10056058t2.jpg

          •  

            kalau tidak salah memang 1,5~2,5 tahun yang lalu ada muhibah dari armada pacific ke surabaya kok bung. kalau itu yang diakui punya kita ya nggak tahu saya. mayoritas di kita kadang2 bercandakan. mungkin mau ganti ktp kali. saya rasa dalam waktu dekat rusia akan mengupgrade kapal mereka. tetapi tidak dijual. mereka melakukan rearmament karena perubahan situasi di ukraina dan laut baltik.

          •  

            Bantingan dari bung alugro bikin saya lemes lagi… hehehe…mungkin bung bakul panci bisa bantu klarifikasi kah??

          •  

            Gambarnya Insya Allah minggu depan, sekalian ane buat artikel dan gambar pembanding..

          •  

            siap bung Pak Fa, ditunggu artikel nya…

          •  

            kalem bung rp pada saatnya kita akan punya destroyer sekelas dengan sovremeny bahkan dengan teknologi terkini. doa saya semoga di tahun 2019~2020 kita sudah punya.

          •  

            amien ya robbal alamin, setia menanti itu terwujud bung alugro…
            Salam NKRI bung

    •  

      ya jelas selain trial di halim kan memang trial di iwj bung.

  46.  

    Kapan nih Tender resmi pembelian pesawat baru pengganti F-5 dibuka? agar bisa liat aksi salip menyalip hingga tikungan terakhir para marketing produsen pesawat tempur dunia mempromosikan produk unggulannya

  47.  

    lontong setress gara2 su35 :mrgreen:

  48.  

    typhoon juga bagus bung, g kalah ama rafale

  49.  

    Dari pagi sengaja blm buka artikel ini krn pasti ada yg spt itu..sore sore pikiran udah santaii gini br buka artikel ini biar tetep berotak manusia..

    Rafale memang bagus..

  50.  

    Rafale mahal, tp kemampuan standar.
    SU 35 is the best!

  51.  

    pengganti f-5 kayanya memang sukhoi 35. tapi kemarin katanya kita butuh 4 skuadron baru, kalo 1 jadi jatah su-35 berarti ada 3 skuadron baru yang menyusul. belum lagi kalo kohanudnas jadi beli pesawat juga, bisa nambah lagi 3-4 skuadron selain yang tadi.

  52.  

    petinggi militer usa aja ngakuin , SU 35 salah satu yg terbaik , pada berbagai hal lebih baik dari fighter yg lain , intinya gak ada fighter yg sempurna , yg sempurna itu rokok

  53.  

    ayoooo bung lontong lanjutkan…!!!saya tao anda sedang /galao/frustasi/rada stress gara2 mikiriin bangsa ini yang ta jua menentukan alusista apa saja yang mo dibeli,dari mana asalnya,buat matra siapa !!!rasa lelah telah begitu menyelimuti ruang dan waktu dalam banyak hati warjager akibat menanti harapan/keinginan agar pemerintah segera mengambil pilihan dalam pengadaan alusista.tetapi saya berharap anda ta putus asa untuk menyerahkan diri pada roda jaman…!!!!

  54.  

    Says meyakini bahwa pemerintah Indonesia pasti membeli alutsista canggih namun tidak benar2 di blow up atau agak2 ditutupi, insyaAllah sy melihat niat itu dalam pemimpin kit a sekarang amin ya Allah.

  55.  

    Paket Rafale sudah Include Scorpene, Publish only Rafale (Kalau Jadi)…

  56.  

    Indonesia kebanyakan berkhayal…….