Jul 302015
 
Jet Tempur Rafale

Jet Tempur Rafale

Prancis yakin memenangkan dua pesanan asing terhadap jet tempur Rafale pada awal tahun depan, sekaligus memperpanjang serentetan keberhasilan ekspor baru-baru ini, ujat sebuah sumber, Selasa.

Setelah gagal selama bertahun-tahun untuk memenangkan pesanan bagi pesawat perang mereka, Prancis kini telah menjual 24 Rafale ke Mesir dan Qatar dalam beberapa bulan terakhir dan sedang dalam pembicaraan untuk menyelesaikan penjualan 36 lainnya untuk India.

“Harusnya ada dua kontrak ekspor lainnya untuk Rafale pada awal tahun depan,” tidak termasuk India, kata sumber itu.

“Diskusi yang paling maju adalah dengan Malaysia dan UEA,” tambah sumber itu.

Dalam perkembangan selanjutnya, sumber mengatakan bahwa Perancis sedang bernegosiasi dengan India untuk menjadi pilihan pemasok pesawat lebih lanjut selain 36 Rafale yang telah disetuju untuk dibeli.

Pada bulan April, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan ia telah meminta agar 36 pesawat Rafale “siap terbang” untuk memodernisasi armada pesawat perang negaranya. Keputusan ini bergulir setelah tiga tahun berhadapan langsung dengan pemerintah Perancis dalam perundingan dengan produsen pesawat, Dassault.

India mengisyaratkan tentang pembelian lebih lanjut dengan kemungkinan hingga 126 pesawat dengan Dassault, Prancis.

image

PERSAINGAN
Banjir pesanan ekspor untuk Rafale telah menguncang pasar pertahanan global dan memberikan momentum segar kepada pesawat perang Perancis untuk menambah slot produksi.

Analis dan diplomat mengatakan nafsu membeli untuk jet juga meningkat sebagai akibat dari berkurangnya pengaruh Amerika Serikat di dunia Arab bersama dengan masalah keamanan yang lebih luas.

Namun, Dassault masih menghadapi persaingan ketat dari AS dan saingan Eropa.

Kuwait akan mengumumkan segera pesanan 28 Boeing F/A-18 E/F super Hornets, senilai $ 3 miliar ditambah kesepakatan yang akan membuat lini produksi jet Tersebut ‘berjalan baik ke 2019.

Malaysia, yang ingin mengganti armada jet tempur Rusia MiG-29 masih melihat Rafale, F / A-18, Saab Gripen Swedia dan Eurofighter Typhoon.

Keputusan Malaysia diharapkan terjadi tahun ini, namun eksekutif industri penerbangan telah memperingatkan bahwa masalah fiskal karena harga minyak dan komoditas yang lebih rendah dapat menyebabkan keterlambatan dalam menempatkan pesanan.

Indonesia, yang perlu mengganti F-5s AS yang sudah tua, dilaporkan akan mempelajari Rafale, Eurofighter dan Sukhoi Su-35 Rusia serta Gripen Swedia dan F-16 Lockheed Martin.

Eurofighter merupakan produksi dari konsorsium yang terdiri EADS, mewakili Jerman dan Spanyol, Italia Finmeccanica dan BAE Systems Inggris.

Reuters
(Reporting by Cyril Altmeyer; Writing by Tim Hepher; Editing by Michel Rose and Pravin Char)

  106 Responses to “Jet Tempur Rafale untuk Malaysia”

  1.  

    Kita punya berapa ya

  2.  

    Pak cik nambah pesawat, ada wang tak

  3.  

    Siji

  4.  

    tetap Su 35 prioritas RI, tambah Gripen buat patroli, mudah-mudahan

  5.  

    MALINGGGGGG…..MALINGGGG…

  6.  

    lnajutttttttttttttttt,,,smoga lncar aj psanannya untk NKRI,,,,,,

  7.  

    Indonesia mutlak akuisisi SU-35, Typhoon dan F16-Viper, T50-GE. Cukup sudah 4 variant fighter NKRI. Lainya jgn di pikirkan

  8.  

    lnjuttttttttttttttttttt,,,doai, ya,,,

  9.  

    malay seperti cm bisa akusisi tyhoon atau rafale,kalo rafale diakusisi tni udara dan ad perlu
    antdot(ini pespur lumayan gahar hantam tank dan lapis baja)moga auri siapin tyhoon atau su35 perimbangan kawasan(sedangkan singapore ada f15 sg,aussi f18superhornet belum datang f35)

    Royal Malaysian Air Force kyknya bicara saya suka-suka,suka pak cik hehehehehee(rafalenya harap.com)

    salam damai selalu:)

  10.  

    Memang makanan enak…aya2 wae..

  11.  

    Moga R-Han 750 sdh bisa buat pemadunya ya menimal 300KM lah,,,,

  12.  

    rafale memang menggerunkan, bukan bagi TNI-AU tapi bagi pilot TUDM mana-mana radarnya melayan ketibaan Su-35 TNI-AU datang dengan hi-speed…

    kedua pilot TUDM pon putar balik tak sanggup berhadapan head2head 2 su-35 tni kah..kah….kah….teruknya 👿

    eh pakcik, guna engine apa nantinya? engine kw ke, songlap ke?

  13.  

    siap-siap wilayah udara borneo di acak2 malon…!

  14.  

    Santai sajaa..ntar jg ditepuk kyk nyamuk..sama sukro anak buah mbah bowo yg tingginya 180cm dan bawa gada..

  15.  

    Kangenn mbah bowo..

  16.  

    Kira-kira pesawat tempur rafale bisa untuk menyerang gerombolan orang yg bersembunyi dikebun kelapa sawit tidak ya? Secara taktik pertempuran, pilot TUDM sudah pernah memiliki pengalaman bertempur melawan pejuang sulu yg bersembunyi dibalik rimbunan pohon kelapa sawit pada operasi militer tahun 2013 lalu dilahad datu, dengan pesawat serang F18 hornet. Sayang sekali bila pengalaman tempur yg sangat bagus ini, tidak bisa dicapai bila F18 hornet diganti dengan pesawat rafale besutan prancis. Secara pengalaman perang, ane kira belum pernah dengar pilot TNI-AU menyerang gerombolan pengacau keamanan (GPK) dengan pesawat mutakhir, karena umumnya pesawat kelas berat model F18 hornet, F16, Sukhoi dipakai untuk menyerang sasaran berujud material seperti pangkalan rudal, pangkalan udara atau pesawat lain, bukan untuk sasaran manusia. Untuk sasaran manusia dan benda padat TNI-AU pernah punya pesawat legendaris OV 10 Bronco, dan sekarang pesawat ini diganti oleh pesawat Super Tucano buatan Brazil …

  17.  

    Ayo tukang ngitung PHD ngitung kenapa Malaysia beli RAFALE yg harganya 2x SU35.

    Jgn jgn emang bnr sukhoi SUSAH

  18.  

    smoga malaysia secepatnya bisa punya rafale minimal 2 sk agar Indonesia buru² mengimbangi dgn pespur yg lebih mumpuni

  19.  

    Apakah kita mulai gerah dengan berita ini?

    •  

      @bung pulungan kalo gerah tidak,cuma untuk balance of power untuk asia tenggara kyk seperti nya perlu dilihat konteksnya.

      pengganti f5 belum pasti,nah kalo malaysia jd akusisi itu rafale,untuk angkatan udara bisa kita kalah dengan kawasan,negara kita boleh besar cuma payung udaranya sangat2 kurang banding sing,aussie,thailand,vietnam,malay,padahal siapa tahu luas laut wilayah paling luas diasia tenggara siapa(daratan cuma kalah dengan aussie)???

      jgn coba nandingin kawasan diluar asia tenggara(india,china,korsel,japan,paki)dengan taiwan alussita au agak jadul kita masih kalah dalam pespurnya mirage 2000,idf chungkuo,f16

      sesuai budget pemerintah/dephan untuk akusisinya ngk usah banyak 2-3tahun 1skadron dalam 10tahun bisa 4-5skadron lumayan bro sesuai krisis gombalisasi

      salam damai selalu met siang:)

      •  

        resiko punya negara lebar, susah cara menjaga kedaulatannya dan makan biaya mahal…om putin juga pernah bilang begitu

      •  

        Salam kenal bung bukek….saya juga berharap bahwa kita Sudah prepare ketika kita nanti “terpaksa”bersinggungan dengan ttetangga yang usil ini.paling tidak kita punya pespur atau antidot sendainya mereka jadi mengakuisisi rafale,

      •  

        Salam kenal bung bukek….saya juga berharap bahwa kita Sudah prepare ketika kita nanti “terpaksa”bersinggungan dengan ttetangga yang usil ini.paling tidak kita punya pespur atau antidot sendainya mereka jadi mengakuisisi rafale…jayalah nkri

  20.  

    Baguslah pak cik wilayah negaramu sudah terbelah untuk menghadapi LCS, dengan rafale negaramu akan cukup disegani, tapi biarkan kami Indonesia dengan wilayah 5x lipat lebih luas dengan pesawat yg jauh” lebih powerfull menjaga netralitas jangan bawa-bawa nama Indonesia ketika LCS meletus,, atau kami akan membumi hanguskan kalian.
    Kelak ketika benar kalian akuisisi rafale jangan sok jaguh main selonong mengacak-acak udara kami atau kami akan berburu belibis.. dengan pesawat yg sudah berjajar rapi dari sabang sampai merauke dari natuna hingga el tari
    Jangankan rafale kami siap menghadapi pesawat sekelas F22 dan F 35, bahkan tak gentar menghadapi pembom B2,,

  21.  

    MALaysiel beli rafale aja ribut, kita kan udah punya udh dari dulu, bahkan thn 2012 sudah jadi idola masyarakat Indonesia dengan ilmu hipnotisnya, kl mau dihipnotis sana temuin mas romi rafale

  22.  

    indonesia sih santai2 dulu sambil liat tetangga jadinya beli apa aja…… alon2 asal kelakon,,,,

  23.  

    Mending suruh malasia dulu pikirankan pesawat apa yg mo disewa nanti baru kita siapin antidotnya

  24.  

    pasti mama rika dalam hatinya gak seneng kalo perancis memakan kue penjualan import alutsista ke negara ke 3, peperangan hanya alat strategi, sesungguhnya adalah ekonomi…dosa mu banyak asu..

  25.  

    Alhamdulillah ga jadi sewa.. kita ga usah sirik.. pede dg kekuatan sendiri.. kl mau coba coba.monggoooooo.. nnt jg su 35 dateng dia panas dingin… kabuurr

  26.  

    puing pesawat mh370 sudah hillang ditemukan dipulau reunion,Benda yang diduga bagian pesawat picu spekulasi MH370(berupa sayap pesawat)

    Para pejabat transportasi Prancis mengatakan pihak berwenang menyelidiki benda yang tampak sebagai potongan pesawat terbang yang ditemukan di pantai La Reunion, Samudra Hindia.

    Penemuan itu sontak memunculkan spekulasi bahwa benda itu kemungkinan adalah bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang tanpa jejak dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014.
    Namun para pejabat mengingatkan masih terlalu dini untuk mengaitkan penemuan tersebut dengan MH370.
    Benda yang tampak sebagai bagian dari pesawat ditemukan oleh warga yang membersihkan pantai di Pulau La Reunion, wilayah Prancis.
    “Benda tertutupi oleh kerang-kerang, jadi sudah berada di air dalam waktu lama,” kata seorang saksi mata seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (29/07).

    Lebih dari setahun ini pencarian MH370 yang dipimpin Australia belum menemukan petunjuk mengenai keberadaan pesawat maupun 239 orang yang berada di dalamnya. Sebagian besar penumpang adalah warga negara Cina.
    Pencarian dipusatkan di wilayah Samudra Hindia bagian selatan setelah data satelit menunjukkan pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines tersebut berakhir di sana.

    salam selalu met siang:)

    •  

      itu pesawat di kabarkan menyelundupkan komponen penting pesawat sukro, liat aja tuh kenapa austriala yg pegang pimpinan pencarian….

      •  

        @bung jemplak biarin aja mau teori atau konspirasi yg penting itu ditemukan puing ama black boxnya(biarpun susah karena sudah 1,5tahun)masalah selaen warga negara laen,ada warga indonesia sebagai korbannya,nah keluarga ditinggalkan minimal tabah dan tidak sedih lage(coba kalo ada anggota keluarga hilang seperti ini,jgnkan sipil,org militer aja kalo kehilangan sahabat atau anggota keluarganya pasti sedih

        salam jemplak selalu bung:)

        •  

          iya saya tau kesedihan bagi keluarga korban, tp terkadang konspirasi tidak mempedulikan itu rahasia tetap harus dijaga walaupun warganya sendiri dikorbankan, perinsip intelejen.. kalo yg sering saya tonton biasanya ngomong gini” lebih baik mengorbankan 50jiwa dari pada mengorbankan seluruh jiwa yg ada di negeri” hal gila kalo WTC bener dijadikan konspirasi untuk melakukan kambing hitam dan invansi…masih tanda tanya?

        •  

          salam selalu bung jemplak

          teori konspirasi sampai kapanpun tidak terungkap(cm tuhan dan pelaku kalo belum meninggal tahu misinya+dalangnya)

          surat supersemar aja sampai sekarang asli ntah kemana(dihilangkan atau sengaja dihilangkan) hehehehehe

          salam selalu:)

  27.  

    Alaaah malon paling2 akhirnya cari pesawat tempur yang bisa disewa saja ……. !!!

  28.  

    haibat sekali malaysia….pengen beli rafaleh….tambah jaguh aja…., kita ga papa kaga beli kan jadi sole agent and distributor ….hehehe….test drive proven…laku jualann….

  29.  

    Dikasih gambar rafale aja malon dah seneng…

  30.  

    bkn kebalik bung???… warga WNI perbatasan justru mulai berpikiran gabung dgn malaysia…. 😀

  31.  

    malon punya rafale kita beli sniper aja….S300, pantsir S1, BUK-m2, orlekon sky shield dll…

  32.  

    Sepertinya akan sulit bagi Malaysia untuk membeli pesawat tempur bru sbg pengganti Mig 29 yg saat ini bermarkas di Kuantan Air Base ini dikarenakan keterbatasan anggaran, jdi menurut sy opsi yg paling realistis untuk Malaysia saat ini adlah mengupgrade Mig 29 atau menyewa pesawat tempur dri negara lain……
    1. Jika mengambil opsi pertama Malaysia tdak akan ksulitan dlm msalah pendanaan untuk biaya upgrade Mig 29 ke Mig 29 SMT(upgrade meliputi penambahan tanki bahan bkar dipunggung pesawat, radar aesa, avionics bru, mesin yg sdh dsempurnakan dll) ini disebabkan karena anjloknya mata uang Rubell Russia akan tetapi dgn mengambil opsi ini Malaysia tetap brurusan dgn masalah “klasik” sperti mahal dan langkanya sku cdang pesawat. Namun dgn opsi ini stdaknya Mig 29 upgrade Malaysia dpt brtahan 8-10 tahun kedpan yg artinya untk jangka panjang Malaysia tdk prlu memikirkan untk membeli pesawat tempur bru.
    2. jika mengambil opsi menyewa/leasing peswat tempur negara lain, sy ambil contoh Swedia yg menyewakan Gripen C/D untuk Republik Ceko (2006-2015) dengan harga sewa 20 Miliar Crona, sedangkan sewa perpanjangan (2016-2028) Republik Ceko hanya mengeluarkan dana sewa 16,8 Miliar crona, tentu untk jangka pendek opsi ini cukup menarik untuk Malaysia, dgn menjadikan Gripen sebagai “Stop Gap” sblum akhirnya Malaysia membeli pesawa tempur bru (jangka panjang)
    salam….

  33.  

    Eject kat hanggar dong pa cik kah kah kah

  34.  

    sama seperti kita kendala utama malaysia adalah dana,tp utk industri pendukung tot kita selangkah lebih maju dari mereka. kemungkinan pengganti mig 29 ini akan molor meningat tren ekonomi dunia

    •  

      SIAPA BILANG BEGITU BUNG ?…

      THN 2015 INI ANGGARAN MILITER Rp. 102 triliyun
      THN 2016 BESOK DINAIKAN MENJADI Rp. 120 Triliyun.

      KITA PUNYA CUKUP DANA & PEMBELIAN ALUTSISTA ITU MENGGUNAKAN “multi year budgeting” (anggaran thn jamak)….

      COBA KITA LIHAT BERSAMA THN DEPAN, ALUTSISTA APA SAJA YG AKAN DATANG & KONTRAK2 YG TELAH DISEPAKATI INDONESIA DGN NEGARA PEMASOK.

      SU-35 ADALAH SALAH SATUNYA DI DLM KONTARK2 ITU…

  35.  

    Malon mau beli pespur, kalau Indonesia mau buat pespur. Xixixi

  36.  

    semoga RI melanjutkan agenda tertunda aneksasi sabah dan serawak… amien ya rabb… ..

  37.  

    Heleh..

  38.  

    Rosmah turunnya pake ejection seat ya bung ??? ……

  39.  

    Selamat kepada-mu, Saudaraku, Pak Cik, Rafale TUDM memang cocok bersanding dengan F-16 Blok 60 Vyper atau Eurofigther TNI AU kelak, penempur-penempur modern yg akan menguasai udara di atas Laut Cina Selatan, yang membuat komunis Rusia menelan kekecewaan dan membuat pilot-pilot komunis karatan Cina terberak-berak di dalam kokpit pesawat mereka….

  40.  

    betul betul betul…

  41.  

    2016 ini MALON jadi sewa Rafale apa beli ?

  42.  

    sedarlah diri tahu di untung
    jiran sebelah lebih beruntung..
    salam nkri harga mati.

  43.  

    Aaak kak kak, ……. malon mengemis rafale ke perancis buat ditaruh di sabah, ………… ( emang bakalan dikasih ) …………. cian de lo !!!

  44.  

    setelah membaca komen aku sedar negaraku sahaja yang dibenci, tidak layak hidup dan harus dibunuh..sedangkan kami disini selalu membantu orang Indonesia mencari pekerjaan, mencari rezeki, sediakan sekolah dan menyantuni mereka dengan baik. ramai dari mereka yang sudah bahagia dan berjaya disini dan tidak mahu pulang lagi. kami sentiasa anggap kalian sebagai saudara tetapi saudara tidak pernah menyayangi kami.