Dec 182016
 


Dalam sebuah wawancara dengan CCTV, pakar militer China mengatakan bahwa jet tempur siluman Cina dapat memberikan pengaruh yang lebih besar daripada F-22 Raptor milik Amerika.

Li Li lebih lanjut mengatakan bahwa meskipun F-22 Raptor Amerika adalah pesawat tempur generasi kelima yang pertama ditugaskan di angkatan udara, namun kinerjanya tidak memuaskan. Dia mengatakan bahwa pesawat tempur J-20 China dan T-50 Rusia kemungkinan akan berhasil mematahkan dominasi Barat dan bahwa J-20 China bisa memiliki pengaruh yang lebih signifikan daripada rekan-rekan Baratnya.

Pejabat Cina mempertahankan bahwa jet tempur J-20 akan eksklusif untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Meskipun spesifikasi lengkap dari pesawat tempur Cina belum diketahui publik, namun beberapa pengamat berharap bahwa J-20 akan dapat benar-benar siluman, mampu menghindari radar dari F-22 Raptor, yang dikembangkan untuk Angkatan Udara AS. Pesawat tempur siluman F-22 ini diharapkan bakal dikerahkan di Pasifik oleh Amerika Serikat (sebelah utara Australia).

Awal bulan lalu, wakil editor majalah militer Rusia “Arsenal of the Fatherland”, Dmitry Drozdenko mengatakan bahwa jet tempur siluman J-20 China juga dikatakan memiliki kemiripan dengan sebuah prototipe eksperimental untuk jet tempur generasi kelima yang diproduksi oleh MiG Aircraft Corporation, Rusia.

“Menurut pendapat saya, mesinnya didasarkan pada MiG 1.44 Rusia. Pesawat yang diciptakan untuk bersaing dengan PAK FA pada tahap desain awal, dan melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2000. Pesawat Cina ini sangat mirip. Meskipun belum diumumkan secara resmi, namun jet tempur J-20 menggunakan mesin AL-31F kami, yang dikembangkan oleh Salut, dan dibeli China seharga setengah miliar dolar”, ungkapnya.

MiG Aircraft Corporation mulai merancang pesawat Multirole Tactical Fighter generasi kelima pada tahun 1983, dalam menanggapi upaya AS yang mengembangkan Advanced Tactical Fighter, yang akhirnya terwujud sebagai F-22 Raptor.

Drozdenko bukan analis pertama yang mencatat kesamaan antara MiG 1.44 dengan Chengdu J-20.


Membandingkan kedua prototipe generasi kelima, Defense Aviation melihat “kesamaan yang mengejutkan antara J-20 Cina dan MiG 1.44 Rusia yang dibatalkan”. Sebagai pesawat tempur siluman, J-20 China tidak dioptimalkan untuk pertempuran sebagaimana MiG 1.44 dirancang pada awalnya, tetapi kedua pesawat “memiliki gaya yang mirip terutama konfigurasi canard sayap delta dan bagian ekor berbentuk V yang berada dekat mesin”, tulis analis Cavin Dsouza.

Sumber: Sputniknews

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  28 Responses to “Jet Tempur Siluman J-20 China Tantang Supremasi F-22 Raptor”

  1. 1

  2. kagak kreatif ini negeri jutaaan Kw bisay cma jiplak mulu para insinyury kgak punya ide , kagak kreatif , terus pede lagi pesawat abal” J20 mampu ngalahin raptor, klw pak fa gw percaya

    • perasaan dulu ada yang buat artikel kalo desain mig yang gak jadi itu dibeli negara kaya sdm di selatan, lha kok jadi cungkok???

    • walaupun copy paste yg mereka hasilkan tp jg mmbuat was2 musuh.
      apakah negaramu pnya?
      apakah negaramu bs copy paste?
      apakah negaramu sudah pnya insinyur berarti negaramu sudah mencipta pesawat tempur?
      mana ada……….. so jgn lah menghina pnya org klo anda gak sehebat mereka.

  3. Tenang,… MIG 35 dan Solo Bandung…

  4. Duel J-20 vs F-22 kemungkinan akan terjadi di Langit Indonesia krn pertahanan udara kita byk bolongx tdk ada S-400, Satelit Pengintai & SU-35 jd kalian cuma menyaksikan kembang api (ledakan rudal rudal dr J-20 & F-20)

  5. bangsa yg punya kelebihan dibidang dagang dan ulet. pemimpin negeri yg punya inisiatif, kreatif,kerja keras dan melakukan segala macam cara untuk kemandirian negrinya. mereka adlh negeri yg merdeka dan bebas melakukan apapun untuk negrinya. berani menolak hegemoni asing. tp kekurangannya mereka serakah dan kurang toleransi dg tetangganya. itulah china dari sudut pandang orang awam.

  6. jangan terjebak istilah kecanggihan blablabla..dari sales pespur j20,f22,T50… esensi pespur itu ya wahana pesawat jet pembawa peluru misil lewat udara dikarenakan jalur darat laut tdk efisien. jd letak kecanggihan pespur itu pd mesin cepat dan irit, kapasitas muatan, misil cerdas, dan terpenting buatan lokal alias mandiri. yg lain cm pelengkap. kendaraan apapun kunci kemandiriannya ada pd mesinnya. makanya china berani keluar bnyk uang bkin msin. wjar, negara punya cita2 maju.. gmn indo?

  7. Buktikan dulu (spt Fighter Rusia/AS di Suriah & Irak), selama blm battle proven status nya masih diragukan. Yg copy an SU27 nya aja dipecundangi Gripen C Thailand.

  8. Klaim yang overestimated dari Cina, pengembangan J-20 mentok di mesin yang masih pake AL31F (dipakai Su-27). Sukhoi T-50 yg pake mesin AL-41F1 (lebih hebat dari AL-31F) saja masih dirasakan oleh pabrikannya belum ideal.

    Kita akui memang Cina terlalu percaya diri, J-20 sudah masuk tugas untuk menjaga perbatasan India dengan Cina. Cina berharap J-20 punya efek gentar thd India. Cina sengaja pamer ke India yang masih belum maksimal mengembangkan pesawat tempur gen 4, Tejas.

    Salam

    • Betul. Apalah artinya avionik cerdas dan casing siluman kalo nggak didukung mesin yang mumpuni.

      • Y..itu lah,bung.mereka ampe rela ngeluarin duit setengah miliar US dollar hanya untuk mengobok-obok mesin saturn.berarti mereka punya kelemahan di bidang mesin & mereka sadari itu.bagaimana dengan kita?????

        • Indonesia sadar juga, kita bukan hanya kesulitan tapi memang tidak mampu membuat mesin pesawat…. jadi kita putuskan bikin sarana perawatan dan impor mesin saja dari Amerika, Korsel, atau Europe.
          Ini juga bentuk kesadaran, bagaimana menurut sampeyan…..

  9. dalam hal teknologi militer dan peralatan tempur adalah hal yg lumpar bagi negara produsen untuk membesar2kan kemampuannya…ini penting karena menyangkut 3 aspek utama, yaitu sebagai efek pisikologi yaitu efek penggetar kedua efek ekonomi sebagai bagian dari usaha dagang supaya orang2 pada beli dan ke tiga supaya negara bersangkutan dianggap hebat,maju moderen dan terdepan dalam hal teknologi,…ketiga aspek ini lumrah aja. tapi harus kembali lagi pada faktanya, sekarang coba sebutkan dari berbagai jenis pespur produksi china mana pesawat yg pernah terlibat perang langsung?? mana?? kmudian dasi semua pespur cina mana pespur yg orisinil design china?? mana?? semua copy paste, singkatnya KW…nah semua udah tau kalo yg namanya kwalitas KW itu bagai mana dan berikutnya cina sendiri dalam hal pespur masih sangat mengandalkan keluarga sukhoi sebagai tulang punggung utamanya, liat aja buktinya masih tetep aja borong SU 35 rusky…nah kalo emang J20 nya mumpuni kenapa china harun beli SU 35 dalam jumlah banyak yg notabene nya pespur yg masih generasi 4+,…sedangkan china sendiri pesawat dan heli serangnya jg doyan jatoh media aja yg gak boleh meliputnya karena ketat dan kerasnya china terhadap informasi ttg kegagalan seperti ini..tapi kita ttp lah mengapresiasi kiinginan china untuk mandiri..karena mereka kerja keras untuk maju dan berani membelanjakan uangnya untuk research.

  10. Heemm… Saya akui klu Negara China Negara yg bisa Mandiri dgn segala Alutsista nya dan bisa bikin Pesawat Tempur sendiri…, Tapi Sayang nya Negara ini terlalu Sombong…, karena Semua Alutsista nya Sama sekali Belum Battle Proven dan blm pernah di pakai Perang..

  11. dlm kondisi wajar mencuri dan berbohong itu dilarang krn dosa. dlm kondisi/konteks tertentu bhng, mencuri itu boleh bahkan diwajibkn. hanya saja lepas itu saya sarankan lngsung mhon ampun pd Tuhan jika takut dosa. pntg klo udah mandiri jngan diulangi lg krn sudah taubatan nasuha.xixixixi.. hukum fikih itu fleksibel masbro.. para pahlawan dulu jg nyuri senjata dari banker jepang gmn hukumnya?? sementara ini ilmunya brandal lokajaya dipake buat menguasai teknologi bro mengingat kita minim anggaran, katanya.. pdhal gak ada 3 %PDb untuk melindungi 97%PDB yg terancam negara agresor tamak sewaktu2, hnya krn negara lemah.. apakah kita menunggu kehilangan semuanya? mnj bangsa budak asing di negrinya sendiri? dri sudut pndang ini kita harus obyektif menilai cina bgus dlm program kmandiriannya. tentu boleh kita tiru, dengan sdikit modifikasi tentunya agar penguasa asing tdk tau/tdk nyinyir melihat kita mandiri.

  12. China terlalu percaya diri dengan alutistanya.
    Saya rasa product China hanya memiliki reability pendek dan teknologinya belum teruji di lapangan, terlebih lagi head to head dalam kondisi perang sesungguhnya dengan pespur sekelas heavy fighter gen 4++ ataupun gen 5.
    Meskipun copy paste dari product Rusia, bukan jaminan made in China sama seperti aslinya.
    Intinya adalah made in China adalah “Kurang Terprcaya.”

  13. ya amppuun kagak sadar diri banget cina aneh ini, barang jiplakan, hasil KW semua sdh merasa bs gimbangi raptor… ckckckck..
    mesin aja masih mengharapkan mesin su35 tuk dijiplak.

  14. kesalahan terbesar para pengambil keputusan di negara ini dalam konteks penguasaan teknologi adlah tdk punya visi misi jelas dlm jngka wkt tertentu. hanya berkutat soal masalah battle proven…?? itukan trik kemasan negara maju agar dagangannya yg super mahal stabil dan laku plus menghalangi negara miskin/berkembang menciptakan teknologi tandingan. dimana mana siapapun pembuatnya, berapapun harganya, bentuknya pisau ya pisau, senapan ya senapan, kalo bisa dipakai, bisa terbang, berfungsi baik, apalagi praktis ekonomis itu namanya ya paling battle proven.. duit cekak ngarep mandiri dg tampilan produk bintang 5, mana realistis??? ti guyu pitik lah…

  15. Indonesia Kita lbh baik lht fakta & kenyataan aja…

    Terlalu bnyk komen” yg se’olah” men’jelek”kan & me’rendah’kan, apa bisa merubah Indonesia Kita jd bisa lbh baik dr negara” lain yg sdh bisa ber’buat , melaku’kan & merealisasi’kan…???

    Jd lbh baik biasa’kan utk punya hati & pikiran yg positive aja…

    Pertanyaan’x :
    ~ sampai kpn Indonesia Kita ter’gantung pd alutsista LN…???
    ~ sampai kpn Indonesia Kita tunduk-merunduk dgn Amrik ( emabargo + F-16 bekas )…???
    ~ sampai kpn Indonesia Kita hanya jd pasar mesin mobil Jepang ( yg pelit ksh teknologi utk pembuatan blok mesin )…???
    ~ sampai kpn Indonesia Kita cuma jd pasar” brg produksi LN ( China & etc )…???

    Merdekaaa…!!!

    • @air’manisi : Dari zaman Firaun masih pakai sarung, Indonesia memang bukan negara pencipta alutista yang dengan teonologi terbaik.
      Semuanya berasal melalui pengembangan program ToT mas bro.
      Anoa, SS / SPR, Korvet / Frigat, CN / IFX, Roket dan sebagainya.
      Intinya TNI / POLRI harus Import dahulu dan mendapatkan lisensi dari product alutista tersebut lalu di produksi sendiri dan di eeksport.
      Btw mobil SMK ataupun yang sebelumnya adalah hasil ToT juga.
      Dahulu ada mobil Mazda MR Series, yang singkatan dari Mobil Rakyat, Lalu ada Timor, semuanya lisensi dari negara luar.
      Mengenai Indonesia menjadi pasar negara luar adalah “Pilihan.”
      Apakah anda sanggup menjalankan politik “Isolasi”???
      Contohnya, Ponsel, Laptop, komponen PC dan sebagainya dari negara mana yang anda gunakan?
      Tidak usah munafik, terlebih lagi sudah berjalanya pasar bebas di Indonesia.
      Oleh sebab itu Warga Negara Indonesia harus pandai dalam menyikapi segala sesuatunya.
      Pada kenyataannya banyak tenaga ahli Indonesia yang lebih rela bekerja untuk perusahaan luar negri dan ada di antara mereka adalah penemu dari sekian banyak teknologi dunia.
      Contohnya LED, Teknologi LED oleh brands luar negri ternyata adalah WNI yang bekerja untuk perusahaan luar negri.
      Perusahaan tersebut memiliki 40 persen loyalti dari LED di seluruh dunia.
      Btw ide anda bagus dan baik, hanya saja cara mengungkapkannya kurang tepat.

      Salam…

    • benar sekali bung manisi… indo hanya jagonya menjelek2an & menghina produk negara lain… sperti negara indo hebat saja dalam menciptakan sesuatu produk… f 22 raptor juga itu cacat produksi.. tetapi U.S selalu menutupinya… namanya produk buatan itu identik dengan pencurian ilmu, pengcopy dll.. itu hal yg wajar yg penting negara bs cepat maju & mandiri… U.S, USSR & sekutu pd wktu PD2 juga mencuri ilmu & copy alutsista dr jerman… para ilmuan & orang2 pintar indo sudah pd kabur & pindah kewarganegaraan dr indo ke WN negara lain yg dapat jaminan, tunjangan & dihargai… drpd di indo yg selalu disalahkan, dihina, dipojoki, tidak dihargai & terlalu rasis… makanya jngan salahkan orang2 indo yg pintar pd pindah karena pemerintah & warganegaranya juga tdak menghargai & menjaganya…

  16. F22-raptor, utara australia..indonesia sudah prepare?

    • su35, program mef kan bagian prepare?? siap bertahan tanpa menyerang macam timnas kita terlalu permisif menganggap tdk ada bahaya. lawan dpt dikontrol dg keyakinan kuat dan semangat juang 45 gpp pasingnya semrawut pntg smangat aj. endingnya nangis marah kcewa gwangnya dirogol lawan dan kalah. akhirnya sadar bahwa lawan lbh siap dan banyak amunisinya. sadar tiada guna krn wkt habis tdk bs diulang, terlanjur sipadan ligitan dan timor tmur hilang dari genggaman tangan. demikian akhir cerita. sekian trmksh. TAMAT. :))

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)