Jet Tempur Siluman Su-57 Terbang Tanpa Kanopi

Jakartagreater – Pesawat tempur Sukhoi Su-57, sebelumnya dikenal sebagai ‘PAK FA’ atau T-50, adalah pesawat tempur generasi kelima yang dapat bermanuver super dengan karakteristik siluman yang dilengkapi sistem avionik serta persenjataan Rusia terbaru.

Jet Su-57 secara resmi memasuki produksi massal pada 2019, dengan Pasukan Dirgantara Rusia akan menerima setidaknya 76 pesawat Su-57 sebelum 2028, dirilis Sputniknews.com, pada Sabtu 10-10-2020.

Media AS telah mencatat “beberapa penerbangan yang sangat tidak biasa” yang ditampilkan dalam video yang baru dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Video tersebut didedikasikan untuk peringatan 100 tahun berdirinya Pusat Tes Penerbangan Negara Bagian Chkalov yang legendaris, mencakup beberapa detik rekaman Su-57 yang terbang tanpa kanopi.

“Karena terkadang Anda hanya perlu menjelajah tanpa perisai yang melindungi Anda dari kedinginan sampai beku,” kontributor Mekanika Populer Kyle Mizokami menduga, menambahkan bahwa penerbangan bebas kanopi mungkin adalah tes yang dimaksudkan “untuk memastikan tidak ada masalah tak terduga saat terbang pesawat jika kanopi itu tiba-tiba lepas. ”

Mizokami memperkirakan bahwa dilihat dari klip tersebut, pilot Su-57 “tampaknya mengenakan jaket yang sangat berat atau setelan penerbangan sebagai alat perlindungan.”

Situs online Drive, dengan bercanda menjuluki Su-57 yang bebas kanopi sebagai “versi cabriolet” dari jet, dan juga percaya bahwa pilot penguji itu “mengenakan setelan penerbangan pelindung non-standar” selama penerbangan.

Militer AS tidak lagi terlibat dalam pengujian penerbangan jet sans-canopy, meskipun beberapa sekutunya telah diketahui menguji terbang pesawat militer tanpa lapisan pelindung Plexiglas..

Pada tahun 1988, pilot uji BAE Systems Keith Hartley terbang dengan jet serang Tornado bebas kanopi dengan kecepatan 500 knot, dengan uji coba dilakukan 6 tahun setelah Tornado benar-benar mulai beroperasi. Tidak jelas dari video yang dirilis oleh militer Rusia, kapan penerbangan tanpa kanopi Su-57 berlangsung.

Situasi darurat di mana kanopi lepas dari jet di tengah penerbangan tidak diketahui. Tahun lalu, sepasang pilot Israel terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah kanopi F-15 mereka tiba-tiba lepas pada ketinggian 30.000 kaki.

Pada Juli 2017, seorang pilot Angkatan Udara AS mendaratkan pesawat pendukung udara jarak dekat A-10 Warthog setelah kanopinya lepas dan roda pendaratannya gagal dirilis.

Sharing

Satu pemikiran pada “Jet Tempur Siluman Su-57 Terbang Tanpa Kanopi”

Tinggalkan komentar