Jet Tempur Siluman T-50 Rusia Siap Diproduksi Massal

Perusahaan pembuat jet tempur Rusia, United Aircraft Corporation (UAC), bersiap untuk memproduksi jet tempur siluman generasi kelima, T-50.

Uji coba terakhir jet tempur yang juga dikenal dengan nama Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA) itu akan dilakukan pada tanggal 20 Juni 2016 di Komsomolsk-on-Amur, di timur Rusia.

Seorang sumber di UAC menjelaskan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan laporan awal untuk membuat kelompok pertama pesawat T-50 bagi Angkatan Udara Rusia. Dalam kelompok pertama itu, UAC akan memproduksi sebanyak 12 unit jet T-50.

“Jet sudah sepenuhnya memenuhi persyaratan kemampuan tempur militer untuk pesawat tempur generasi kelima,” kata sumber yang tak mau namanya disebutkan.

Sumber itu mengatakan bahwa T-50 telah dilihat sebagai satu unit tempur yang siap diproduksi massal untuk kepentingan Angkatan Udara Rusia.

Komandan Angkatan Udara Rusia, Viktor Bondarev, sempat mengatakan bahwa Angkatan Udara Rusia akan menerima jet T-50 mulai awal 2017 mendatang.

Sumber: Sindo News

Leave a Reply