Jun 302018
 

New Delhi, Jakartagreater.com – Jet tempur Su-30MKI India yang dibangun oleh HAL India jatuh saat Pre-Delivery Test Flight, dirilis Sputniknews.com, 27-6-2018.

Menurut polisi setempat, Jet itu lepas landas dari landasan HAL dekat Nasik dan jatuh di desa Wavi-Tushi, dekat kota Pimpalgaon Baswant, sekitar 25 km dari Nasik.

Pesawat Su-30MKI baru, jatuh di kota Nasik di India Selatan selama penerbangan uji pra-pengiriman pada Rabu pagi, 27-6-2018. Pesawat itu dibangun sendiri oleh perusahaan milik Hindustan Aeronautics Ltd. (HAL) di fasilitas Nasik. Seorang pejabat kementerian pertahanan mengatakan bahwa kedua pilot itu terlontar aman sebelum kecelakaan terjadi.

“Pesawat itu jatuh pada pukul 11:05 pagi dan Polisi menerima informasi tentang kecelakaan itu pada pukul 11:15 pagi,” kata seorang pejabat kementerian pertahanan kepada media.

Saat ini, Angkatan Udara India (IAF) memiliki sekitar 240 pesawat Su-30MKI. Itu telah dikontrak untuk 272 pesawat dari Rusia sebesar $ 12 miliar, sebagian besar diproduksi secara lokal oleh HAL di bawah lisensi.

Awal bulan ini, Jet tempur IAF Jaguar jatuh di distrik Mundra Kutch di Gujarat, sementara tahun lalu di bulan Mei 2018, dua pilot kehilangan nyawa ketika salah satu Jet garis depan pesawat tempur Sukhoi jatuh dekat perbatasan dengan China.