Aug 042019
 

Jet tempur Su-30SM. (@ Konstantin Tyurpeko – commons.wikimedia)

Moskow – Jakartagreater.com – Resimen tempur Distrik Militer Barat Rusia akan menerima satu batch Jet tempur Su-30 SM yang dilengkapi dengan mesin modern, yang merupakan pesanan Kementerian Pertahanan Rusia, dirilis situs Kementerian Pertahanan Rusia, 31-07-2019.

Jet Jet tempur yang sudah dimodernisasi itu direncanakan dikirim pada tahun 2021. Pesawat baru Su-30 SM akan dilengkapi dengan mesin AL-41F-1C paling modern.  Sampai saat ini, mesin tersebut dipasang pada pesawat produksi Gen 4 ++, Su-35S.

Pesawat tempur multi-peran Su-30SM highly maneuverabl dikembangkan oleh Biro Desain Sukhoi dan tersedia secara komersial di Irkutsk Aviation Plant, cabang dari Irkut Corporation.

Jet tempur Su-30SM twin fighter memiliki kemampuan manuver yang super, dilengkapi dengan radar antena Array bertahap, mesin dikendalikan vektor dorong, dan ekor horizontal depan. Pesawat ini mampu mengoperasikan senjata modern presisi tinggi dari kelas Rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Mesin AL-41F-1C yang diproduksi oleh UEC-UMPO PJSC yang berbasis di Ufa adalah mesin dual-loop turbojet generasi 4 ++ dengan Afterburner dan vektor dorong yang dikontrol, modernisasi mendalam dari mesin AL-31F. Mesin ini memiliki regulator terintegrasi digital; kinerja mesin yang ditingkatkan melalui penggunaan kompresor tekanan rendah dengan peningkatan aliran udara, serta turbin baru dengan sistem pendingin blade yang lebih efisien.

Dari pendahulunya, mesin dibedakan oleh peningkatan umur dan daya dorong 14,5 ton. AL-41F-1C memungkinkan pesawat untuk mengembangkan kecepatan supersonik tanpa menggunakan Afterburner.