Agu 072019
 

Jet Tempur Su-57 Rusia. (@ Russian MoD)

Moskow – Jakartagreater.com, Percakapan ini muncul secara tak terduga. Seorang teman, setelah mendengar pesan dari Wakil Perdana Menteri Rusia, Yuri Borisov bahwa Kementerian Pertahanan memesan 76 pesawat tempur Su-57, bibirnya berubah menjadi tidak senang.

“Mereka menciptakannya selama sepuluh tahun dan hanya 76 yang dipesan?!”

– Berapa banyak yang Anda butuhkan? Saya bertanya.

– Nah, sekitar 200, misalnya, seperti orang Amerika memiliki F-22 Raptor …

“Mengapa kita sangat membutuhkannya hari ini?” Aku keberatan. – Apa yang kita miliki – kompetisi, perlombaan senjata? Apakah Anda ingat berapa anggaran yang dimiliki Pentagon? $ 750 miliar. Militer kita memiliki sekitar 60 miliar, jika disetujui. Mengapa kita mengejar mereka? Menghancurkan ekonomi Anda ?!

“Agar tidak ketinggalan dalam penciptaan pesawat tempur generasi kelima, latih pilot,” jawab kawan itu. – Sudah, Cina dan Chengdu J-20 mereka menginjak kaki kita. Mereka membawa 2 dari mereka ke pertempuran. Dan kita memiliki “Mesin” kombatan pertama dari generasi kelima, seperti yang dijanjikan, dalam jumlah 15 unit akan muncul dalam unit hanya pada akhir tahun.

Kami memiliki dialog panjang. Menceritakan kembali sepenuhnya tidaklah masuk akal. Namun hal utama masih perlu disampaikan. Lagipula, pertanyaan mengapa kita membeli begitu sedikit pesawat generasi kelima untuk pasukan adalah menarik tidak hanya untuk teman saya.

Pertanyaan serupa muncul di lingkungan publik. Mari kita coba mencari tahu apa yang lebih penting bagi tentara kita – jumlah pesawat tempur atau kualitas mereka, karakteristik taktis dan teknis mereka yang melebihi kinerja yang sama dari pesawat lawan potensial dan mitra strategis kita. F-22 dan J-20 yang sama.

“Cina” mirip dengan MiG-1.44
Pada awalnya, “Chengdu” (Chengdu J-20) juga tidak terwakili secara luas di ketentaraan. Menurut sumber terbuka, hanya 9 prototipe dan 20 sampel pra-produksi dirilis. Pada saat yang sama, mereka semua terbang menggunakan mesin AL-31FN buatan Rusia. Orang Cina telah menciptakan mesin mereka selama beberapa tahun sekarang.

Dan ketika mereka melakukan apa yang akan terjadi, pertanyaannya terbuka. Saya tidak berbicara tentang fakta bahwa dalam banyak hal, setidaknya dalam penampilan, “Cina” sangat mirip dengan generasi kelima MiG-1.44 Jet dalam negeri, yang belum meninggalkan proses pengujian, karena kurangnya dana dalam 90 tahun abad terakhir perlu untuk memilih 1 opsi dari 2 kemungkinan.

Pasak ditempatkan di pesawat Sukhoi. Dia memiliki sarana, dan basis teknologi yang diperbarui, dan keberhasilan dalam produksi dan pasokan untuk ekspor dan kepada pasukan asli Su-30 dan modifikasinya, kemudian Su-35. Diyakini bahwa Sukhoi, yang memiliki pengalaman luar biasa dan tradisi luar biasa dalam menciptakan pesawat terbaik di dunia, akan mengatasi tugas ini. Dan “alat itu” berhasil.

Selusin Jet tempur PAK FA (sistem penerbangan garis depan yang menjanjikan) T-50, secara resmi bernama Su-57, telah terbang di bandara uji coba di Zhukovsky, Akhtubinsk, Lipetsk, Feodosiya selama 10 tahun.

Tautan “57” bahkan telah melakukan perjalanan ke Suriah, di mana Menurut informasi dari Kementerian Pertahanan, pihaknya berhasil menggunakan Rudal jelajah taktis-operasional yang menjanjikan. Dan setiap keberangkatan dari mesin-mesin ini, yang diujicobakan oleh pilot uji Sukhoi yang terhormat dan pilot tempur tentara, juga merupakan tes pengoperasian peralatan udara yang baru.

Di papan atas, Su-57, misalnya, pusat komputer pusat terbaru, kecerdasan buatan nyata, yang membebaskan pilot dari banyak operasi rutin seperti mencari dan mengenali target paling berbahaya dan memberikan target target pada mereka, menawarkan solusi paling optimal untuk masalah menggunakan senjata dan pertahanan pesawat, pergantian terbaik untuk menyerang, dan juga mengontrol operasi semua sistem dan kompleks mesin.

Locator, sistem navigasi dan komunikasi, peralatan listrik, mesin, dan banyak lagi. Itu membuat pilot memiliki waktu yang berguna untuk mengendalikan mesin dan memutuskan penggunaan senjata.

Keunikan Su-57

Ngomong-ngomong, elemen terpenting dari peralatan elektronik on-board dari Su-57 – radar, atau radar, seperti yang mereka katakan dalam bahasa sehari-hari, adalah unik. Secara radikal berbeda dari radar udara dalam arti tradisional.

Elemen radar AFAR X-band (Antena Aktif Bertahap) terletak tidak hanya di bagian depan badan pesawat, tetapi di sisi pesawat dan bahkan di kaus kaki sayap yang dibelokkan. Benar, ada L-band AFAR. Ini memungkinkan Anda untuk melihat ruang, baik udara dan darat, selama ratusan kilometer.

Tidak ada radar seperti itu pada pesawat tempur multi-fungsi generasi kelima – baik pada F-22, maupun pada F-35, maupun pada J-20. Dan hukum pertempuran udara diketahui: pertama saya melihat – pertama saya menembak, kemudian saya menang. Anda dapat berbicara tentang keunggulan Su-57 dibandingkan rekan-rekannya untuk waktu yang lama.

Tetapi orang tidak dapat tidak mengingat vektor dorong yang tidak dapat dihindari pada mesinnya, yang membuat PAK FA super manoeuvrable, mampu berputar di satu tempat di langit, seperti akrobat udara, melakukan jungkir balik, terbang dengan lunas maju, berhenti di satu tempat (!) Atau meluncur di udara dari atas ke bawah seperti pemain slalom dengan puncak salju tertinggi.

Siapa pun yang pernah ke pameran internasional MAKS di Zhukovsky dekat Moskow dapat melihat semua ini dan tidak akan pernah bisa melupakannya.

Kemampuan seperti itu dibutuhkan oleh Sushka kami, dan setiap pesawat tempur Sukhoi yang dilengkapi dengan nosel serba putar, termasuk Su-35, dapat melakukan ini agar tidak mengejutkan penonton pada demonstrasi demonstrasi keterampilan terbang. Ini adalah elemen penting dari pertempuran udara.

Ketika satu pesawat tempur tiba-tiba “menghentikan” penerbangannya dan dengan diam-diam “meluncur” ke bawah seperti kereta luncur dari bukit, tandanya selama beberapa detik atau sepersekian detik menghilang dari layar lokasi musuh, dan karenanya dari pemandangan misil-misilnya. Dan itu memungkinkan mobil kami untuk melarikan diri dari benturan dengan manuver yang elegan. Lumpuhkan punyamu.

Keuntungan ini tidak memiliki pesawat generasi kelima tunggal. Bahkan F-22 dan F-35 yang dipuji dan dipromosikan. Raptor memiliki vektor dorong yang dikendalikan pada mesin. Tetapi hanya secara vertikal. Saya tidak berpikir perlu untuk membandingkan semua sudut rotasi dari nosel dorong vektor dan vertikal.

Poin lainnya adalah kecepatan pesawat. Di Su-57 itu adalah Mach 2,45, dalam penerbangan non-paksa – Mach 2. Ini adalah 2600 km / jam. F-22 – Mach 2,25 (2410 km / jam), jelajah – Mach 1,82 (1982 km / jam).

Benar, orang Amerika dapat membawa amunisi 370 kg lebih banyak dari Su-57 kami. Dia 10,370 kg, kita 10.000 kg. Tetapi sekali lagi, pada “dua puluh detik” semua Rudal dan bom ditempatkan pada suspensi, di “Sukhoi” beberapa dari mereka mungkin berada di dalam pesawat, yang meningkatkan kerahasiaannya untuk radar musuh.

Diperlukan dan Cukup

Tapi mari kita berhenti pada daftar kelebihan dan kelebihan pesawat tempur multi-fungsi generasi kelima kami. Meskipun cerita tentang mereka, tentu saja, penting untuk menekankan bahwa 10 tahun pengujian dan peningkatan PAK FA tidak sia-sia. Setiap tahun ia menerima lebih banyak dan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan rekan-rekan asingnya.

Hal utama yang dicari oleh para perancang pesawat, dan bersama para pengujinya, adalah menciptakan produk pertempuran digital berkualitas tinggi dan sangat cerdas (maafkan saya untuk kata seperti itu), yang akan membantu pilot kami untuk muncul sebagai pemenang dalam setiap pertempuran dengan pertempuran musuh yang paling terlatih dalam kendaraan tempur paling modern dan menjanjikan – hari ini dan besok.

Tetapi pertanyaannya adalah – dengan siapa sebenarnya? Saya pikir pertemuan hipotetis dalam pertempuran udara Su-57 dan F-22 hampir tidak mungkin. Itu bisa terjadi hanya selama perang antara Rusia dan Amerika Serikat, dan itu, dalam pandangan pribadi saya, tidak terlalu realistis, karena dapat menyebabkan kematian umat manusia.

Dua negara dengan kemampuan Rudal nuklir terbesar di dunia, bahkan dengan hubungan yang sangat tegang di antara mereka, tidak mungkin berperang satu sama lain. Kepemimpinan kedua negara tidak dan tidak dapat memiliki orang yang benar-benar tidak bertanggung jawab. Saya yakin akan hal ini.

Dan pengalaman Suriah menunjukkan: begitu Su-35 kami mendekati dari Barat Sungai Eufrat ke tepi sungai ini, F-22, bertubi-tubi di udara di atas tepi kiri, cobalah untuk segera berangkat ke markas mereka.

Dan ini bukan masalah pengecut. Saya hanya tidak ingin memberikan musuh potensial dengan informasi taktis tambahan dan informasi tentang desain pesawat. Hal serupa terjadi di udara di atas Laut Hitam dan Baltik, ketika Sukhoi Su-30 atau Su-35 kami terbang untuk mencegat pengintai Amerika. Mereka pergi dari dosa.

Mengapa aku melakukan ini? Dan fakta bahwa jika perang “besar” belum terlihat, seperti yang saya katakan kepada teman saya, lalu mengapa bergairah? Untuk berhenti, secara sederhana, Su-35 multi-fungsi mereka dengan 2 nilai tambah yang sangat kompetitif dibandingkan dengan pesawat tempur asing terbaik?

Tidak masuk akal untuk bersaing, siapa yang memiliki lebih banyak pesawat generasi kelima? Tidak, kita harus dengan tenang, tanpa memandang perlombaan senjata, tanpa berpartisipasi di dalamnya, melakukan pekerjaan kita. Memiliki yang diperlukan dan mencukupi.

15 Su-57 pada akhir tahun ini untuk pengiriman ke pasukan – solusi normal. Kita tidak hanya membutuhkan pesawat terbang, tetapi juga pilot yang fasih di dalamnya. Mereka mengambil langkah berurutan dari Yak-130 ke MiG-29, Su-27, Su-30, Su-34 dan Su-35, dan Asam kemudian dapat ditransfer ke Su-57. Atau saya salah?.

Dirilis TASS, 6-08-2019.
LITOVKIN Victor.
Military observer TASS.

Bagikan: