Jet Tempur Yunani dan Turki Dogfight Singkat

34
172

F-16C-HAF

Menurut media Yunani, jet tempur Yunani dan Turki terlibat dalam pertempuran udara singkat di atas Laut Aegean setelah pesawat Turki melanggar wilayah udara Yunani “beberapa kali.”

Langit yang mengelilingi pulau-pulau yang di sengketakan di Laut Aegean sering menjadi insiden pertempuran udara antara HAF (Angkatan Udara Yunani) dan TuAF (Angkatan Udara Turki).

Yunani mengklaim 10 mil ruang udara di sekitar barisan pulau-pulau Yunani di sepanjang pantai barat Turki, bagian yang sangat dekat dengan daratan, sementara Turki hanya mengakui enam mil (yaitu sejauh wilayah perairan Yunani, dan diakui oleh satu sama lain).

Meskipun otoritas Yunani sering melaporkan penerbangan militer tidak sah di atas pulau-pulau Yunani, sebagian besar perseteruan dan dugaan pelanggaran terjadi dalam radius empat mil antara batas wilayah perairan (diakui oleh kedua belah pihak) dan radius 10 mil yang diklaim Athena sebagai wilayah udara kedaulatannya (sementara Ankara menganggap sebagai wilayah udara internasional).

Insiden terbaru tersebut terjadi pada 29 Desember. Menurut Ekathimerini.com, jet tempur Yunani dan Turki terlibat dalam pertempuran udara singkat di atas Laut Aegean setelah enam pesawat Turki yang mengapit dua pesawat CN-235 yang tidak dalam formasi, melanggar ruang udara Yunani sembilan kali.

Tidak jelas di mana pelanggaran udara itu terjadi, tetapi menurut media Yunani jet tempur Turki dikejar oleh pesawat buru sergap Yunani.

hqdefault

Di masa lalu beberapa dogfight yang terjadi berakhir tragis. Pada Juni 1992 Mirage F1 Yunani jatuh setelah terlibat duel udara dengan F-16 Turki. Pada bulan Februari 1995, sebuah F-16 Turki jatuh setelah dicegat oleh Mirage F1 Yunani. Pada Oktober 1996, Mirage 2000 Yunani menembakkan rudal Magic II dan menembak jatuh sebuah F-16D Turki yang telah melanggar wilayah udara Yunani.

Pada tanggal 23 Mei 2006, dua F-16 Yunani dicegat F-4 Phantom dan dua F-16Turki, pertempuran udara selanjutnya mengakibatkan tabrakan di udara antara F-16 Turki dan F-16 Yunani. Akibat insiden ini pilot Yunani tewas dan pilot Turki berhasil keluar dengan selamat.

The-aviationist

34 KOMENTAR

    • #, pertempuran udara selanjutnya mengakibatkan tabrakan di udara antara F-16 Turki dan F-16 Yunani. Akibat insiden ini pilot Yunani tewas dan pilot Turki berhasil keluar dengan selamat.#

      f 16 vs f 16
      masa jeruk makan jeruk…? kenapa peluru dan rudal tidak ber fungsi..?
      jadi ditabrakin saja..

      • sedikit penjelasan. bukan tidak berfungsi masing masing rudal bung cari,akan tetapi lebih dr pertarungan jrk dekat..tentu dibutuhkan skill sang pilot dalam hal manuverability menghindar dlm kuncian radar dan juga jarak tembk .dlm hal ini rudal bvr biasanya tidak digunakan.machine gun yg ada dipesawat biasanya bwrperan aktif bila benar benar terjepit.masalahna siapa duluan yg mengeluarkan tembakan nah itulah dijadikan dasar …..bila salah langkah maka bisa disebut insiden internasional.
        persis kejadian kri kita menabrakkan diri ke lambung kd baung milik meley saat ambalat 2005,krn prajurit kesal peritnah tembak tk kunjung datang…dan di lapangan meley melakukakn provokasi terus.
        hasil kapal meley rusak lambung kri kita tergores… cb dicari kisahnya d google…
        semoga membantu menambahi. salam
        BFB

  1. Yunani dengan turki ibarat Indonesia dan Malaysia masalah perbatasan mereka masih tumpang tindih sampai sekarang .Sudah berkali kali terjadi dogfight di perbatasan yang masing masing merasa itu dalam wilayah mereka …Sudah sekian lama sejak Yunani terpuruk karena krisis baru berani lagi mereka menantang Turki….

  2. Biasanya dogfight tidak berakibat luas,ini semacam unjuk kehebatan,gagah gagahan,bila terjadi insiden tidak meluas harus perang antar dua negara
    Seperti indonesia sama malon,si malon kalau di tantang TNI AU selalu gak mau seribu alasan dia lontarkan
    Jempol TNI AU