Jul 032015
 

image

BRICS yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan sepertinya belum akan memperluas jaringannya, namun Indonesia memiliki prospek cerah untuk menjadi anggota BRICS di masa depan, demikian disampaikan Menurut Direktur Eksekutif Komite Penelitian Nasional BRICS Georgy Toloraya, Rabu (1/7).

“Menurut saya, BRICS bukan sekedar asosiasi negara, namun persatuan masyarakat, dan ia belum memiliki perwakilan dari masyarakat Islam,” kata Toloraya. “Jadi, jika kami memperluas jaringan BRICS, Indonesia akan menjadi kandidat utama dari segi wilayah, sumber daya, dan populasi. Faktor religius juga memainkan peran penting dalam hal ini,” tambah Toloraya.

Namun, sang pakar menyebutkan bahwa saat ini belum ada rencana untuk mengembangkan BRICS. “Kelompok ini masih sangat muda, dan ekspansi malah mungkin membuat seluruh struktur terpecah, karena masih ada beberapa perbedaan pendapat antarnegara. Namun, cepat atau lambat, isu ekspansi akan berkembang, dan Indonesia akan menjadi kandidat pertama yang diajak bergabung,” kata Toloraya.

Indonesia.RBTH.com

Bagikan Artikel :

  100 Responses to “Jika BRICS Lakukan Ekspansi, Indonesia Kandidat Pertama”

  1. Tinggalkan ASU , Rapatkan Barisan ke Timur.

    • independent lebih baik bung, semua dirangkul, negeri ini secara tidak langsung mengajari bangsa lain di seluruh dunia bagaimana berteman, meski sering di kecewakan, tapi nyatanya negeri ini masih tetap ada sampai detik ini, cara kita berteman juga yg akan membuat negeri ini akan terus ada sampai kapanpun..

      • Betul, independent memang sangat bagus.
        Jika ingin menjdi negara non Blok kita harus kuat, jika tidak kita akan terus di obok obok, ditekan oleh yg kuat krna kita masih lemah.
        Dulu Soekarno menyerukan non blok, bukan berrti kita bener2 nonblok kita dulu lebih berat kekiri.
        Hingga kita mnjadi negara yg disegani dkawasan, klo negra kuat diplomasi pun akan semakin lancar.

        Lihat sekeliling kita sekarang Pangkalan Militer semua.

      • Knapa saya sangat benci Amerika dan Orde baru?
        Saya sendiri juga tidak tahu!
        Yg saya tau saya Pengangum Soekarno, dan saya mengagumi Russian, bahkan sampe sekarang masih bisa saya nikmati peninggalan Soekarno dan kebaikan Russia (dulu soviet).

    • Dunia Butuh penyeimbang.
      Tingkah Asu semakin lama semakin tak terkendali.

      • Independen akan membuat kita seperti berdiri di dua perahu yg arahnya berbeda… lama” terjebur sendiri…

        Jika kita kuat dan makmur tidak masalah… klau keadaan kita begini,justru membuat kita terjepit…

        • Bener sekali Bung, dan sebenernya sejak Orde Baru bahkan hingga sekarang campur tangan asu masi terasa di negeri ini.

        • Ilustrasi anda kurang tepat bung..independen itu berarti bebas berteman dengan siapa saja tanpa terikat/menggantungkan diri secara ekslusif kepada kelompok tertentu. Itu jelas jauh berbeda dengan yang anda ilustrasikan seperti berdiri di dua perahu 😀

    • Gak usah ikut2an urusi aja fakir miskin Dan anak terlantar.

    • Michael Buriyev (Wakil Ketua Parlemen Rusia) dalam bukunya yang terbaru menyatakan:
      Dunia sedang menuju menjadi 5 negara besar: Rusia, Cina, Khilafah Islam, Konfederasi Dua Amerika, dan India jika India bisa bebas dari cengkraman Islam yang mengurungnya (Pakistan, Bangladesh, Kasmir, Afganistan). (www.hizb-ut-tahrir.info: 18/06/09).

      KOMENTAR: Allahumma ‘ajjil lana nushrataka bi qiyamiha, waj’alna mimman nala busyra Rasulika….

  2. Absen dulu

  3. Test,gabung indonesia

  4. hjjgg

  5. Maaf. Ada yg blok situs seblah krn apa ya?

  6. nomer lima saya claim..!!!

  7. Brics

  8. brik…brik…roger, tunggu saja kelanjutannya

  9. bangun aliansi,bangun jaringan untuk perekonomian,militer,dan sosial budaya,many friends with little enemy

  10. Go BRICSI

  11. Kita non block namun kepentingan negeri sendiri harus no 1, Gabung brics boleh namun juga harus berimbang dengan yg dari aliansi barat, nah seperti kita jadi anggota ASEAN namun juga jadi anggota MSG, pemerintah juga haru jeli, kalau brics menguntungkan dengan penggunaaan mata uang sendiri okelah, namun juga harus tetep waspada jika kelak terjadi kecemburuan dari sekutu. Perkuat dulu atau terlanjur kuat nih hahaha, yg penting no 1 adalah kepentingan nasional tanpa pandang bulu, bedakan kawan dan bedakan lawan

  12. Persiapkan

  13. Kalau jadi indonesia bergabung maka BRICSI akan menjadi aliansi terkuat di dunia mengalahkan nato.

  14. Kata temenku yg kerja di brunai darussalam orang2 dinegara itu bilang:kalaupun kami mengaku serumpun itu untuk indonesia,.karene mereka negara damai,.
    Pertanyaanya kenapa tidak dgn malay,.???

  15. Wah mf bung2 semua saya salah masuk artikel nih,.!!

  16. ini adalah sinyal bhw, kalo Indonesia mengajukan diri untuk menjadi anggota baru BRICS, pasti diterima !

  17. okelah kalau menguntungkan !

    Indonesia ibarat JKT48 ! Yang ngidol banyak bener…

  18. BRICSI biar tetangga kebakaran jenggot

  19. Gabung gk gbung BRICS, tetep aja ntr mbacanya BRICS.. soalnya klu indonesia masuk jdinya BRIICS
    hehe..

  20. kita juga buat bung namanya MINT(Mexico,Indonesia,Nigeria,Turkey).

  21. ketika kita hanya merangkul satu sisi kekuatan berarti kita sudah menjadi bagian dari 2 sisi yang salaing berpacu mencapai akhir peradaban manusia, dengan merangkul keduanya sama artinya kita terus dijalan yang baik, susah memang banyak konskwensinya tapi inilah kita seharusnya sebagai bangsa yang lain dari yg ada… NKRI akan selalu ada sampai kapanpun… dengan atau tanpa pertumpahan darah lagi…

  22. Knapa ekonomi kita mudah di dikte..? Solusi : DEDOLARISASI (yakin presiden berani senasib dg mu’amar kadhafi, tp nasib kadhafi tak akan terjadi disini…)

  23. Matio ae

  24. Betul bung pakfa,si ikan cucut besi jga pernah melintasi surabaya di satu senja.he he he biar kaum resmiyah teriak2 mabok

  25. Saya nggak mau indonesia tergantung ama dollar.

  26. Yakin pada mau Indonesia masuk BRICS disitu ada china loh gak takut nanti 10 juta Warga RRC masuk kesini terus mengusur pekerja kita..BUMN ngambil kredit ke China saja banyak yg mengkritik disisi lain kita sudah muak kepada pengaruh US
    kenapa Indonesia gak gabung saja ma negara2 Islam utk bangun kekuatan ekonomi yg baru kan Kita negara dengan mayoritas Muslim terbesar didunia…bayangkan saja dana zakt fitrah kalo dikelola dengan baik jumlahnya gak kecil mungkin bisa ratusan M itu dari dri 1 sumber saja

  27. Kalau di Malaysia, semua komen komen ente berani keritik Kerajaan, Seenaknya bicara, seperti diatas akan ditangkap dikenai pasal ISA….

  28. Michael Buriyev (Wakil Ketua Parlemen Rusia) dalam bukunya yang terbaru menyatakan:
    Dunia sedang menuju menjadi 5 negara besar: Rusia, Cina, Khilafah Islam, Konfederasi Dua Amerika, dan India jika India bisa bebas dari cengkraman Islam yang mengurungnya (Pakistan, Bangladesh, Kasmir, Afganistan). (www.hizb-ut-tahrir.info: 18/06/09).

    KOMENTAR: Allahumma ‘ajjil lana nushrataka bi qiyamiha, waj’alna mimman nala busyra Rasulika….

  29. Michael Buriyev (Wakil Ketua Parlemen Rusia) dalam bukunya yang terbaru menyatakan:
    Dunia sedang menuju menjadi 5 negara besar: Rusia, Cina, Khilafah Islam, Konfederasi Dua Amerika, dan India jika India bisa bebas dari cengkraman Islam yang mengurungnya (Pakistan, Bangladesh, Kasmir, Afganistan). (www.hizb-ut-tahrir.info: 18/06/09).

    KOMENTAR: Allahumma ‘ajjil lana nushrataka bi qiyamiha, waj’alna mimman nala busyra Rasulika….
    Amin

  30. Malon lagi belajar nembak pokok sawit…

  31. Gimana kalo bikin gruop hell angel aja !!??..

  32. stuju briics

  33. Gabung ma asu+siroil…? Ini usulan konyol dan paling ga termoncer hari ini…

 Leave a Reply